Ciri dan Tanda Kucing Sedang Hamil

By On Saturday, March 4th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri dan Tanda Kucing Sedang Hamil – Para pecinta kucing pasti merasa senang bila mengetahui hewan peliharaan mereka sedang hamil.

Ini artinya Anda akan mendapat teman baru yang berupa bayi-bayi kucing mungil yang lucu. Akan tetapi mengetahui tanda bahwa kucing kesayangan Anda sedang hamil memang tidaklah mudah.

Anda dituntut jeli dalam melihat perubahan-perubahan baik dari bentuk fisik maupun perilaku yang mungkin sangat berbeda dari kehidupan keseharian kucing.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Hilangnya Suara Kucing

Meski begitu, Anda tak perlu khawatir. Berikut beberapa cara untuk mengenali ciri dan tanda kucing sedang hamil yang bisa Anda contek.

Kucing Muntah

Layaknya manusia, induk kucing yang sedang hamil juga menujukkan gejala muntah-muntah. Namun, bila kucing Anda mengalami muntah yang berlebihan sebaiknya segera bawa hewan kesayangan Anda ini ke klinik atau dokter hewan terdekat.

Hal yang patut Anda ketahui adalah tidak semua kucing yang muntah-muntah berarti hamil karena banyak faktor lain yang bisa menjadi pemicunya, diantaranya kucing sedang sakit atau salah makan.

Peningkatan Nafsu Makan

Induk kucing yang sedang mengandung akan mengalami peningkatan nafsu makan sekitar 20 – 50 % dari porsi biasanya.

Keadaan ini disebabkan karena induk kucing harus berbagi makanan dengan bayi-bayi yang sedang mereka kandung.

Agar makanan yang dikonsumsi cukup, berilah porsi makan yang lebih banyak pada kucing yang sedang hamil. Selain itu, tambahkan makanan yang bernutrisi agar bayi-bayi kucing yang akan lahir kelak sehat.

Bila Anda masih bingung terkait makanan bernutrisi yang tepat untuk kucing hamil maka pilihlah makanan yang banyak mengandung kalsium dan magnesium.

Magnesium berfungsi untuk mengharmonisasikan metabolisme kucing, sedangkan kalsium dibutuhkan kucing yang sedang hamil karena saat mengandung kucing akan kehilangan banyak kalsium dalam tubuhnya sehingga memerlukan banyak asupan zat ini untuk penyeimbang.

Puting Induk Kucing Nampak Membesar dan Kemerahan

Ciri dan tanda kucing sedang hamil juga bisa diamati dari bentuk puting induk kucing yang terlihat lebih besar dari biasanya dan berubah warna menjadi agak kemerahan.

Bila ciri dan tanda ini Anda temukan pada kucing Anda maka bersiaplah untuk menyambut bayi-bayi mungil sekitar 2 atau 3 minggu lagi.

Perut Induk Kucing Membesar

Seperti halnya manusia yang hamil pada umumnya, kucing yang sedang mengandung pun menunjukkan tanda-tanda perubahan fisik berupa perut yang membesar.

Hal ini disebabkan karena kucing juga mempunyai rahim dalam perut seperti manusia. Nah, bila Anda menjumpai perut hewan kesayangan Anda membuncit tak seperti biasanya maka bisa dipastikan terdapat bayi-bayi lucu yang sedang berkembang dalam perut tersebut.

Kerontokan Pada Bulu Kucing

Ciri dan tanda kucing sedang hamil berikutnya adalah bulu-bulu mereka menjadi gampang rontok sehingga nampak menipis.

Kerontokan ini disebabkan karena peningkatan hormon kulit yang mengakibatkan kulit menjadi berminyak hingga berpengaruh pada kerontokan bulu. Kerontokan bulu pada kucing yang sedang hamil berlangsung sekitar 1 hingga dua minggu saja.

Induk Kucing Mengalami Perubahan Tingkah Laku

Mencatat tanggal kucing kesayangan Anda ketika dikawinkan sangatlah penting. Hal ini berguna untuk menentukan waktu kelahiran kucing sehingga Anda dapat mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan bayi-bayi kucing.

Selain itu, Anda juga dapat memastikan bahwa kucing Anda sedang hamil bila menemukan ciri dan tanda perubahan perilaku pada sang induk.

Kucing yang sedang mengandung biasanya menjadi lebih tenang dan memilih lebih banyak beristirahat meski sebelumnya kucing Anda sebenarnya sangat aktif. Kucing hamil juga tak lagi mengeluarkan suara mengeong minta kawin seperti sebelumnya.

Bila kucing Anda terlihat agak gelisah dan berusaha mencari tempat yang aman seperti di dalam lemari atau gudang tandanya ia akan segera melahirkan.

Proses ini berhubungan dengan naluri sebagai induk/ibu yang ingin melahirkan bayi-bayinya dengan aman. Induk kucing yang akan melahirkan juga menunjukkan tanda-tanda berupa nafas yng terengah-engah, nafsu makan yang mulai menghilang dan mengalami kontraksi.

Ulasan tentang Ciri dan Tanda Kucing Sedang Hamil di atas semoga dapat membantu Anda mendeteksi kehamilan pada kucing lebih cepat sehingga Anda dapat mempersiapkan kebutuhan kucing mulai dari mengandung hingga melahirkan dengan lebih baik lagi.

Baca Juga : Daftar Kucing Paling Mahal di Dunia

Ciri dan Tanda Kucing Sedang Hamil | ilmuhewan | 4.5