Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Ciri dan Syarat Ayam menjadi Petarung Hebat

By On Thursday, November 9th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri dan Syarat Ayam menjadi Petarung Hebat – Bagi anda yang tengah memelihara ayam dan gemar sabung ayam, tentu anda perlu mengetahui bagaimana syarat ayam untuk menjadi petarung yang hebat.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas secara tuntas mengenai ciri dan syarat ayam petarung

Ciri-ciri ayam Petarung Kuat :

  1. Memiliki jengger yang berbentuk blankon. Jengger jenis ini sangat teruji kemampuannya. Menandakan bahwa nyali dan mental ayam sangalah baik, secara historis bentuk jengger seperti blankon ini seperti ksatria.
  2. Memiliki ekor yang panjang dan kuat serta menjuntai turun ke bawah. Semakin panjang ekor ayam semakin bagus karena ekor ayam juga berfungsi sebagai pelindung saat pertarungan. Ekor ayam petarung umumnya berbentuk kuncup karena ekor jenis ini membuat ayam lebih lincah.
  3. Kaki ayam merupakan bagian terpenting pada ayam petarung, namun kunci utama dari kaki ayam petarung sebenarnya terletak pada taji. Taji disebut sebagai pencabut nyawa yang dikendalikan kaki. Taji yang baik terleak di bawah dan dekat dengan pangkal tumit pada kaki ayam.

Syarat ayam menjadi petarung hebat adalah ayam tersebut harus memiliki performa yang baik dan senjata andalan. Contoh dari senjata andalan ayam petarung adalah memilki pukulan keras.

Pukulan keras merupakan salah satu kunci agar ayam petarung dapat memenangkan laga. Berikut kami ulas mengenai bagaimana cara melatih ayam agar memiliki pukulan keras dan dapat menjadi petarung hebat

  1. Beri ruang bebas untuk ayam

Cara ini cukup efektif untuk membuat tubuh dan stamina ayam lebih kuat.

  1. Melatih lompatan ayam

Cara ini digunakan untuk melatih kekuatan pada kaki ayam. Semakin kuat kaki ayam, maka pukulannya pun menjadi lebih kuat. Selain itu, lompatan ayam pun akan membuat tubuh ayam mennjadi lebih bugar.

  1. Latihan barbel pada ayam

Latihan ini berfungsi untuk meningkatkan kekuatan pada kekuatan otot kaki pada ayam.

  1. Latihan berenang pada ayam

Latihan berenang akan membuat gerakan ayam lebih lincah dan gesit.

Dan berikut bentuk latihan yang bisa anda gunakan pada ayam petarung anda

  • Latihan pertama.
  1. Pegang dada ayam dengan tangan kiri, dan pegang pangkal ekor ayam dengan tangan kanan.
  2. Lempar ayam pada ketinggian yang sama dengan tinggi kepala, lakukan berulang-ulang.
  3. Untuk tempat lemparnya, lakukan pada tanah yang basah dan empuk agar ayam dapat latihan mencengkram tanpa mengakibatkan cedera pada kaki ayam

Pada ayam pemula, biasanya setelah lemparan ke 20, ayam sudah tidak mampu berdiri karena adanya proses pembentukan pada otot-otot paha yang mengencang. Untuk itu istirahatkan ayam selama dua hari, baru dilatih kembali.  Ciri-ciri keberhasilan dari latihan ini adalah saat ayam sudah mampu dilempar sebanyak 90 kali.

  • Latihan kedua

Latihan ini dilakukan saat meenjelang malam. Adapun, langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Sediakan kurungan tanpa tutp atas, dengan tinggi 1,2 meter dan lebar lingkaran 1,1 meter
  2. Lingkaran atas pada kurungan di balut karet ddan di pasang bohlam 5 watt atau 10 watt.
  3. Masukkan ayam dalam kurungan, dan biasanya ayam akan mulai melompat naik untuk tidur.
  4. Ulangi sampai ayam tidak sanggup naik ke atas lagi.

Ciri-ciri dari keberhasilan latihan ini adalah ayam mampu melakukan 150 kali lompatan. Latihan ini sangat bagus untuk otot dan keseimbangan ayam.

  • Latihan Ketiga

Latihan ketiga yaitu berupa latihan mental pada ayam. Latihan mental ayam ini bisa dilakukan dengan menjajal tarung dengan ayam sejenis ataupun ayam yang berbeda jenis.

Latihan ketiga ini perlu dilakukan pada ayam, karena berfungsi untuk melatih mental serta kekuatan ayam saat berlaga. Lakukan latihan jajal tarung ini sesering mungkin, semakin sering dilakukan semakin bagus dalam latihan mental ayam tarung.

Cara melatih mental ayam petarung sebaiknya dilakukan pada waktu sore dengan durasi latihan kurang lebih selama 10 menit.

Itulah penjelasan mengenai Ciri dan Syarat Ayam untuk menjadi Petarung Hebat. Semoga informasi ini membantu anda yang tengah menyiapkan ayam sabung anda dalam pertarungan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Ciri dan Jenis-jenis Ayam Bangkok Blorok Madu

Loading...
Ciri dan Syarat Ayam menjadi Petarung Hebat | ilmuhewan | 4.5