Ciri Dan Perbedaan Anjing Laut Dan Singa Laut

By On Tuesday, January 10th, 2017 Categories : Info Lainnya

Ciri dan perbedaan anjing laut dan singa laut – Ilmuhewan.com – secara sepintas, mungkin anjing laut dan singa laut memiliki kesan yang sama dan sulit untuk dibedakan. Bahkan, dari namanya saja terdengar mirip.

Akan tetapi, ternyata kedua hewan ini mempunya perbedaan signifikan yang bisa menjadi ciri khas.

Ciri dan perbedaan anjing laut dan singa laut

Anjing laut dan singa laut merupakan hewan laut yang masuk dalam klasifikasi pinni pedia, seperti halnya walrus dan gajah laut.

Baca juga : Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Toxoplasma pada Anjing Peliharaan

Kedua jenis hewan laut ini sama-sama bertubuh besar dan sering hidup berkelompok di sekitar perairan laut lepas.

Ukuran badan yang besar dan panjang, ternyata tidak mempengaruhi kecepatan dalam berenang. Keduanya sama-sama tangguh dan handal untuk berenang dan berburu mangsa di lautan.

Jika dilihat dari kesamaannya, anjing laut maupun singa laut usut diusut juga memiliki persamaan lho. Di antaranya sebagai berikut:

Punya 4 sirip

Anjing laut dan singa laut sama-sama memiliki empat sirip. Baik anjing laut atau singa laut  juga mampu bergerak atau berpindah tempat dengan memanfaatkan keempat siripnya.

Bernapas dengan paru-paru

Meskipun mahir berenang dan menyelam, ternyata anjing laut dan singa laut bernapas memakai paru-paru dan bukan insang. Bahkan, dalam sebuah studi, anjing laut dan singa laut mampu menyelam ke dasar laut alias menahan napas selama 30 menit. Wow…

Kulit berlapis lemak

Dengan jaringan lemak yang tebal di bawah lapisan kultur kulit, maka tidak heran jika keduanya, baik anjing laut maupun singa laut tidak merasa kesulitan berenang di dalam air es yang membeku di perairan ketika musim dingin/musim salju.

Beraktivitas di darat

Sebagai makhluk mamalia, anjing laut dan singa laut melakukan aktivitas di darat dan tidak secara terus – menerus di lautan. Ketika melahirkan anak pun, keduanya juga melakukan aktivitas melahirkan di daratan.

Meksipun memiliki sejumlah kesamaan, jika ditelisik lebih dalam, singa laut dan anjing laut sangatlah berbeda. Bagi orang awam, singa laut dan ajing laut sepintas terlihat tidak beda, untuk menghindari kesalahan untuk membedakan antara anjing laut dan singa laut, yuk kita cek ulasan berikut:

Ciri dan perbedaan anjing laut dan singa laut

  1. Beda klasifikasi famili/keluarga. Anjing laut masuk dalam golongan famili phocidae sementara itu singa laut adalah golongan famili otariidae.
  1. Daun telinga. Satu hal yang pasti, anjing laut ternyata tidak punya daun telinga, sedangkan singa laut memiliki daun telinga yang berarti dari segi pendengaran, singa laut jauh lebih baik ketimbang anjing laut.
  1. Moncong. Dari bentuk fisik moncong atau mulut, anjing laut tampak lebih runcing, sementara itu singa laut tidak runcing tetapi memanjang.
  1. Sirip. Ciri-ciri anjing laut memiliki sirip yang pendek, dengan bulu-bulu tipis dan terdapat kuku cakar yang panjang. Sementara itu, singa laut mempunyai sirip depan yang panjang, tidak terdapat bulu, serta kuku cakar yang pendek.
  1. Menekuk sirip. Dalam satu posisi tertentu, singa laut bisa menekuk sirip belakang ke depan seperti duduk dengan sirip. Sementara itu, si anjing laut tidak bisa.
  1. Teknik berjalan. Untuk berpindah tempat, anjing laut berjalan dengan sirip depan dan perut. Sementara itu, singa laut berjalan dengan keempat siripnya seperti singa atau harimau.
  1. Teknik berenang. Nah ciri terakhir bisa menjadi ciri khas anjing laut dan singa laut untuk orang awam yang sulit membedakan. Perhatikan ketika anjing laut berenang, ia menggerakkan sirip bagian belakang. Sedangkan singa laut menggerakkan sirip depan.

Mudah kan untuk membedakan anjing laut dan singa laut? Ingat baik-baik tipsnya…

Baca Juga : Cara Berkembangbiak Hewan Anjing Laut

Ciri Dan Perbedaan Anjing Laut Dan Singa Laut | ilmuhewan | 4.5