Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Ciri dan Klasifikasi Ubur-ubur

By On Sunday, November 5th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri dan Klasifikasi Ubur-uburIlmuhewan.com – Ubur-ubur termasuk biota laut tidak bertulang belakang. Hewan lucu dan lembut ini selalu menarik perhatian. Ubur-ubur dari kelas schypozoa disebut ubur-ubur sejati.

Karena ada beberapa hewan laut lain yang juga disebut ubur-ubur. Diantaranya ubur-ubur sisir (ctenophora) dan ubur-ubur kotak (cubozoa).

Bentuk dasar dari ubur-ubur kelas schypozoa dari filum cnidaria yaitu polip dan medusa. Polip adalah bagian seperti tentakel dan menempel kedasar laut, sedangkan medusa adalah bagian atas ubur-ubur yang berbentuk mangkuk terbalik dan digunakan untuk berenang bebas.

Baca Juga : Waspadai 5 hal ini saat memelihara ikan laut

Umumnya mahluk tidak bertulang belakang ini diklasifikasikan menjadi 3 jenis, berdasarkan kelas taksonomi, berikut ini klasifikasinya:

  1. Coronatae

Jenis ini dikenal sebagai crown jellyfish, dan terdapat tujuh famili. Ubur-ubur jenis ini memiliki alur sepanjang penutup/payung atau mangkuknya, dan sering disebut mahkota. Biasanya mereka hidup di laut dalam.

Ubur-ubur ini, bisa menghasilkan dan memproduksi cahaya. Mereka akan mengeluarkan cahaya saat disentuh dan kembali transparan jika tidak disentuh.

Cahaya ini dinamakan bioluminescence. Ubur-ubur menggunakan cahaya untuk menarik mangsa dan menangkapnya. Beberapa contohnya spesies periphylla periphylla, nausithoe aurea, dan dan atolla wyvillei.

  1. Rhizostomae

Ciri utama dari ubur-ubur ini ialah tidak ada tentakel dan struktur lainnya.  Jenis ini memiliki keunikan yaitu delapan lengannya yang bercabang. Berbeda dengan ubur-ubur sejenis yang hanya mempunyai empat lengan.  Sehingga jenis ini tidak memiliki sengatan.

Biota laut jenis ini biasanya dikonsumsi sebagai makanan, dalam bentuk olahan maupun sebagi obat tradisional. Ubur-ubur ini terbagi lagi menjadi 10 kelas famili dan dua sub ordo.

Salah satu contohnya yaitu  Spotted jelly atau Golden Medusa Mastigias papua, Canonball jellyfish Stomolophus meleagris, dan masih banyak lagi.

Rhizostoma pulmo biasanya terdapat di perairan Inggris. Diameternya dapat mencapai 40 hinga 90 cm , dan dimanfaatkan sebagai bahan makanan olahan.

Sementara itu,  Golden Medusa M. papua dapat ditemukan di Indo-Pasifik. Umumnya jenis ini mempunyai mulut tunggal dan sejumlah mulut berukuran kecil dilengannya untuk memakan zooplangton.

Sementara itu,  Spesies Cassiopea Andromeda selalu hidup di pasir atau lumpur pasang surut, sekitar terumbu karang, dan sekitar tanaman bakau.  Jenis ini disebut juga anemone laut yang memakan biota laut yang lebih kecil.

  1. Semaeostomeae

Semaeostomeae merupakan jenis terbesar dari ordonya. Jika diartikan secara harfia, Semaeostomeae memiliki arti mulut bendera. Ubur-ubur jenis ini sangat familiar dimasyarakat.

Yang menjadi ciri khas dari dia adalah empat tentakel yang menempel dimulutnya. Sedangkan bentuk atas dari ubur-ubur ini menyerupai kubah dengan batang bergerigi.

Kelompok jenis ini terdapat lima ordo,yakni:  Cyaneidae, Drymonematidae, Pelagiidae, Phacellophoridae, dan Ulmaridae. Ulmaridae, Cyaneidae dan Pelagiidae dapat dibedakan dari rongga gastrovascularnya.  Untuk jenis  Pelagiidae, kantung tentakelnya sederhana serta tidak bercabang.

Sedangkan jenis  Cyaneidae, merupakan kebalikannya. Yaitu kantung tentakelnya bercabang. Dan untuk Ulmaridae  sistem gastrovaskularnya bercabang dan tidak bercabang.

Nah untuk  ordo Ulmaridae disebut juga Aurelia aurita atau nama lainnya ubur-ubur bulan. Biasanya hidup berkoloni dan berukuran 2-40 cm. Namun mereka tidak bisa bergerak bebas. Biasanya hanya mengikuti arus.

Spesies Cyaneidae dikenal juga dengan nama  Cyanea capillata atau  Lion’s mane jellyfish. Dia merupakan jenis ubur-ubur terbesar. Ukutannya bisa mencapai 2 meter. Biasanya hidup diperairan dingin dan memangsa ikan-ikan kecil atau ubur-ubur yang lebih kecil.

Ordo Pelagiidae memiliki nama lain yaitu  black jellyfish. Mereka dapat ditemui diperairan Samudera Pasifik, perairan Mexiko hingga Kolumbia, dan teluk Monteray.

Baca Juga : Pengertian, Ciri dan Contoh Hewan Buas

Loading...
Ciri dan Klasifikasi Ubur-ubur | ilmuhewan | 4.5