Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Ciri dan Klasifikasi Cumi-Cumi (Loligo Indica)

By On Tuesday, March 28th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri dan Klasifikasi Cumi-Cumi (Loligo Indica) – Halo Sobat, kita ketemu lagi. Kali ini saya akan mengulas hewan yang bernama Cumi-Cumi. Sobat pasti tahu kan hewan yang satu ini.

Hewan ini tergolong sangat unik katena memiliki tentakel yang cukup banyak yang digunakan untuk menangkap mangsanya. Cumi-cumi termasuk keluarga Chepalopoda.

Baca Juga : Ciri-Ciri Dan Karakteristik Kerbau Surti

Sehingga digolongkan menjadi hewan moluska. Cumi-cumi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Bentuk Fisik

Cumi-cumi memiliki bentuk kepala seperti tabung yang memanjang. Tangan dan kakinya berupa tentakel-tentakel yang panjang yang langsung menempel di kepala, yang selain digunakan untuk berenang, dan menangkap mangsa, dapat berfungsi sebagai alat membantu dalam mengambil oksigen di dalam air.

Mulut cumi-cumi berada pada pangkal tentakel yang digunakan untuk melahap mangsanya. Memiliki sepasang mata yang lebar yang mampu melihat dengan jelas walaupun saat malam hari.

Bagian luar cumi-cumi memiliki selaput yang menyerupai lender sehingga menyebabkan permukaan cumi-cumi menjadi licin.

Pada tentakel cumi-cumi terdapat cairan yang berwarna hitam yang akan disemprotkan oleh cumi-cumi tersebut saat dia merasa terancam. Cumi-cumi bergerak dengan cara berenang dan meluncur dengan menggunakan tentakel-tentakelnya.

Habitat

Cumi-cumi banyak dijumpai di peraian air asin yakni di laut. Cumi-cumi biasa berenang di permukaan laut dan beraktivitas di malam hari.

Namun pada saat cumi-cumi betina bertelur, mereka lebih memilih perairan yang dangkal yang digunakan untuk media bertelunya.

Makanan

Makanan yang disukai cumi-cumi adalah segala organisme laut yang berukuran kecil, lebih kecil dari ukuran tubuhnya, seperti ikan, udang, dan sebagianya.

Cumi-cumi mencari mangsa di malam hari. Cara mencari mangsa cumi-cumi adalah dengan menangkap mangsanya melalui tentakelnya, kemudian langsung memasukkannya ke dalam mulut cumi-cumi yang ada di pangkal tentakel tersebut.

Reproduksi

Cumi-cumi adalah hewan petelur. Dia berkembangbiak dengan cara menaruh telur-telur yang telah dibuahi di dalam karang-karang yang ada di perairan dangkal di laut. Proses dari telur tersebut diletakkan sampai menjadi anakan cumi-cumi adalah selama kurang lebih 20 hari.

Setelah telur tersebut menetas, maka anakan cumi-cumi tersebut mampu hidup dan beradaptasi dengan bernafas dan mencari makan sendiri.

Cumi-cumi diklasifikasikan menjadi 2 jenis, yakni Sotong dan Gurita. Berikut ini adalah ulasan dari masing-masing klasifikasi tersebut:

1). Sotong

Sotong atau nama latinnya adalah Belosaepiidae, merupakan kerabat dekat cumi-cumi karena bentuk tubuhnya yang mirip dengan cumi-cumi. Sotong memiliki ciri-ciri yakni Sotong berbentuk pipih dan memiliki sirip pada kedua tepi tubuhnya, serta tentakelnya lebih pendek jika dibandingkan dengan cumi-cumi.

Selain itu, Sotong juga memiliki cangkang yang berada pada punggungnya. Habitat Sotong berada di laut dan juga pada muara sungai.

2). Gurita

Klasifikasi yang kedua adalah Gurita. Gurita termasuk keluarga jauh dari cumi-cumi. Jika dibandingkan dengan cumi-cumi, Gurita memiliki ukuran yang lebih besar yakni bisa mencapai berat 5Kg dan panjang tubuhnya (termasuk tentakelnya) sepanjang 3 meter.

Sehingga dengan tubuh gurita yang lebih besar tersebut, mampu menyeret mangsanya yang lebih besar dengan menggunakan tentakel-tentakel yang lebih panjang dan kuat.

Gurita juga memiliki kesamaan dengan cumi-cumi yakni tidak memiliki tulang belakang, sehingga mampu dengan mudah untuk menyelinap di sela karang-karang yang sempit.

Baik Sotong, Cumi-Cumi, maupun Gurita, ketiganya memiliki kadar protein serta kalsium yang cukup tinggi untuk dikonsumsi.

Selain itu, cita rasa yang khas dari hewan laut ini, menjadikan hewan ini selalu dicari setiap saat tanpa mengenal musim. Sehingga cumi-cumi sekaligus menjadi komoditas dan sumber penghasilan khususnya para nelayan dalam menghasilkan pendapatan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca. Amin..^^

Terima kasih.

Baca Juga : Ciri-ciri Dan Karakteristik Kambing Benggala

Loading...
Loading...
Ciri dan Klasifikasi Cumi-Cumi (Loligo Indica) | ilmuhewan | 4.5