Ciri dan Klasifikasi Bakteri Neisseriaceae Gonorrhoeae

By On Monday, July 3rd, 2017 Categories : Bakteri, Ciri dan Karakteristik

Ciri dan Klasifikasi Bakteri Neisseriaceae Gonorrhoeae – Bakteri Neisseriaceae Gonorhoaea adalah kuman gam negative yang berbentuk diplokokus yang merupakan penyebab utama terjadinya infeksi saluran urogenitalis.

Bakteri Neisseriaceae Gonorhoaea merupakan kingdom bacteria, phylum Proteobacteria, class Beta Proteobacteria, ordo Neisseriales, familia Neisseriaceae, genus Neisseria dan Spesies Neisseria Gonorrhoeae.Bakteri Neisseriaceae Gonorhoaea meliputi spesies Neisseria dan Moraxella catarhalis misalnya acinetobacter dan lain sebagainya.

Bakteri Neisseriaceae Gonorhoaea biasa berpasangan dan beberapa spesies Bakteri Neisseriaceae Gonorhoaea berhabitat di saluran pernafasan manusia tapi jarang menimbulkan penyakit jika berada di saluran pernafasan.

Baca Juga : Pengertian dan Jenis Bakteri Gram Negatif

Bakteri Neisseriaceae Gonorhoaea rentan terhadap panas dan kering sehingga tidak dapat bertahan hidup di luar hostnya. Orang yang terinfeksi oleh Bakteri Neisseriaceae Gonorhoaea ini ditandai dengan rasa sakit pada saat kencing dan juga kencing bernanah.

Penyakit karena Bakteri Neisseriaceae Gonorhoaea ini biasanya akan terjadi secara menahun apabila tidak segera diobati. Penyakit oleh Bakteri Neisseriaceae Gonorhoaea biasanya menyerang wanita, dan penderita biasanya tidak sadar jika sedang terjangkit penyakit yang disebabkan bakteri tersebut.

Penyakit oleh Bakteri Neisseriaceae Gonorhoaea dapat menjalar hingga ke Rahim, tabung rahum, indung telur, dubur bahkan bisa juga dikerongkongan.

Jika penyakit ini menyerang wanita hamil maka dapat mengakibatkan bayi lahir dalam keadaan cacat yaitu mengalami kebutaan bila tidak cepat diobati.

Penyakit karena Bakteri Neisseriaceae Gonorhoaea juga bisa menyerang laki-laki yang dapat menyerang kelenjar prostar, dubur dan persendian.

Ada beberapa ciri-ciri Bakteri Neisseriaceae Gonorhoaea yaitu sebagai berikut ini:

  1. Bentuknya bulat dan lonjong dengan sisi saling berhadapan, sekilas menyerupai biji kopi
  2. Bakteri gram negative
  3. Diplokokus non motil
  4. 25% tampak dalam bentuk berpasanga
  5. 75% tampak single coccus, tetras, 8 atau lebih
  6. Tidak berflagel, berkapsul dan berspora
  7. Memiliki diameter 0,8 um
  8. Masing-masing cocci berbentuk ginjal
  9. Koloni transparan
  10. Tidak berpigmen
  11. Tidak bersifat hemolitik

Bakteri Neisseriaceae Gonorhoaea merupakan antigen yang heterogen, bisa berubah struktur permukaannya pada tabung uji. Struktur permukaannya adalah sebagai berikut ini :

  1. Pili

Pili merupakan salah satu struktur permukaan bakteri Neisseriaceae yang bentuknya seperti rambut dan dapat memanjang hingga beberapa micrometer dari permukaan gonococci. Perpanjangan tersebut menempel ada sel inang dan resisten terhadap fagositosis

  1. Por

Por membesar hingga mencapai memberan sel gonococci. Berat molekul por bervariasi dari 34000 hingga 37000.

  1. Opa

Opa merupakan protein yang memiliki fungsi dalam adhesi gonocci dalam koloni dan dalam penempelan gonocci pada sel inang.

  1. Rmp

Rmp merupakan protein secara antigen tersimpan di semua gonococci.

  1. LOS

Berbeda dengan batang enteric gram negative, pada gonococci LPS tidak memiliki rantai antigen o panjang biasanya disebut sebagai lipoologosakarida

  1. Protein Lain

Beberapa jenis protein gonococci yang konstan secara antigen memiliki kinerja yang tidak begitu jelas dalam patogenesisnya.

Bakteri Neisseriaceae Gonorhoaea biasanya tumbuh dalam kondisi aerob, namun ada beberapa spesies yang tumbuh dalam lingkungan anaerob.

Syarat pertumbuhan Bakteri Neisseriaceae Gonorhoaea sangat kompleks. Sebagian besar Bakteri Neisseriaceae Gonorhoaea memfermentasikan karbohidrat, menghasilkan asam tetapi bukan gas dan pola fermentasi karbohidratnya adalah faktor yang membedakan spesies Bakteri Neisseriaceae Gonorhoaea tersebut.

Gonococci biasanya tumbuh pada media yang mengandung substansi organic yang kompleks mislanya adalah darah yang dipanaskan, protein hewan atau udara yang mengandung c02 sebanyak 5 persen.

Pertumbuhan Bakteri Neisseriaceae Gonorhoaea dapat dihambat dengan pemanasan lembab dan desinfektan.

Baca Juga : Teknik Pemanfaatan Bakteri Bacillus

Loading...
Loading...
Ciri dan Klasifikasi Bakteri Neisseriaceae Gonorrhoeae | ilmuhewan | 4.5