Ciri dan Karakteristik Serangga Batang

By On Saturday, July 1st, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri dan Karakteristik Serangga Batang – Insekta merupakan salah satu jenis fauna yang berasal dari anggota dari filum Arthropoda.

Dihampir setiap harinya, kalian akan menemukan berbagai macam jenis-jenis serangga, dimulai dari jenis lalat, kupu-kupu, kutu, capung, belalang, dan lain sebagainya.

Nah, tahukah kalian bahwa ternyata hewan yang paling banyak jenis spesiesnya di muka bumi ini adalah golongan serangga. Pada umumnya, serangga tersebut mempunyai tiga jenis bagian utama yaitu kepala, dada dan terakhir adalah perut.

Keberadaan golongan insekta di dalam kehidupan sehari-hari ternyata dapat berperan penting (contohnya, jenis-jenis serangga yang ternyata menguntungkan bagi manusia) dan dapat juga digunakan sebagai hama atau penyakit bagi tanaman yang dimiliki petani.

Nah, dibawah ini merupakan ciri-ciri umum daripada serangga :

  1. Tubuh serangga ternyata terbagi menjadi tiga bagian diantaranya : kaput (kepala), toraks (dada), dan yang terakhir adalah abodemen (perut).
  2. Serangga mempunyai sepasang kaki pada setiap segmen toraks, maka dari itu jumlah kakinya terdapat tiga pasang serta memiliki fungsi untuk berjalan .
  3. Hampir seluruh insekta mempunyai sayap pada segmen kedua serta segmen ketiga di daerah dada, dan pada jenis lain sayap insekta tersebut akan tereduksi bahkan ada juga yang tidak mempunyai sayap.
  4. Makanan daripada serangga ternyata dapat berupa sisa organisme lain, dan ada juga yang hidup sebagai parasit di dalam tubuh (hewan, tumbuhan dan bahkan manusia) serta mampu bersimbiosis dengan organisme lainnya.
  5. Alat pernapasan daripada serangga yaitu berupa trakea.
  6. Alat ekresi serangga yaitu berupa tubulus Malpighi, yang letaknya melekat dibagian posterior saluran pencernaannya.
  7. Sistem sirkulasi yang dimilikinya bersifat terbuka.
  8. Organ kelamin daripada serangga bersifat berumah dua, yang artinya serangga jantan dan serangga betina terpisah, alat kelaminnya terletak pada segmen terakhir daripada abodemen
  9. Fertilasi insekta ini terjadi secara internal
  10. Insekta sendiri ternyata mengalami ekdisis pada tahapan tertentu pada saat selama perkembangan hidupnya

Pernahkah kalian mendengar jenis serangga yang bernama “Serangga Batang”?

Di Asia Tenggara, serangga batang yang berwujud belalang batang mempunyai panjang yang dapat mencapai 15-30 cm serta banyak ditemukan di negara Vietnam dan beberapa kawasan yang ada di negara Indonesia, salah satunya seperti di hutan Kalimantan dan juga Pulau Komodo.

Ciri-ciri daripada Serangga Batang :

  1. Serangga batang merupakan salah satu serangga yang terbilang masih misterius kehidupannya. Serangga ini ternyata hidup di pedalaman Pulau Mindoro, Filipina.
  2. Serangga batang memiliki nama ilmiah Conlephasma enigma
  3. Dinamai Conlephasma enigma dikarenakan posisinya dalam garis keturunan serangga batang dan daun masih terbilang misterius
  4. Serangga batang yang memiliki warna spektakuler, diikuti dengan kepalanya yang berwarna hijau-biru serta badannya yang berwarna oranye tersebut ternyata hidup di tanah, bukan di pohon-pohon.
  5. Serangga batang mampu melepaskan semacam semprotan ampuh yang keluar dari kelenjar yang ada di kepala belakangnya. Kelenjar tersebut mereka gunakan untuk mempertahankan diri mereka dari serangan predator.
  6. Serangga batang yang berada di kanopi (daerah pucuk pohon) yang ada di hutan, pada dasarnya bertubuh dan juga berkaki langsing agar dapat menyamarkan diri dengan batang dan daun supaya bisa berkamuflase.
  7. Serangga batang ini ternyata cukup aktif di waktu malam hari, dan serangga ini ditangkap dengan cara yang terbilang cukup mudah. Kalian hanya perlu memotong batang pohon yang dihinggapi si serangga batang agar serangga tersebut juga ikut terjatuh bersamaan dengan jatuhnya batang pohon yang dipotong tersebut.
Loading...
Loading...
Ciri dan Karakteristik Serangga Batang | ilmuhewan | 4.5