Ciri dan Karakteristik Mollusca (Hewan Bertubuh Lunak)

By On Friday, April 14th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri dan Karakteristik Mollusca (Hewan Bertubuh Lunak) – Mollusca adalah salah satu kelompok hewan yang memiliki asal kata dari bahasa Yunani yang berarti lunak.

Mereka adalah jenis filum terbesar kedua setelah arthropoda yang diperkirakan memiliki sekitar 75 ribu spesies dan sekitar 35 ribu jenis mollusca berbentuk fosil.

Ciri mollusca

Berikut ini ciri – ciri dari mollusca :

  1. Bentuk tubuh mollusca ukurannya bervariasi.
  2. Memiliki tubuh yang lunak dan beruas – ruas.
  3. Anggota hewan tripoblastikselomata .
  4. Anggota hewan tidak bertulang belakang atau avertebrata.
  5. Pada umumnya mereka memiliki cangkang yang susunannya berasal dari kitin atau kalsium karbonat.
  6. Mereka memiliki sistem syaraf berupa cincin syaraf yang mengelilingi serabut saraf dan esofagus untuk mempersyarafi berbagai organ pada mollusca.
  7. Memiliki organ ekskresi berupa nefridia yang memiliki peran seperti dengan ginjal dan memiliki fungsi untuk mengeluarkan hasil sisa metabolisme berupa cairan.
  8. Memiliki sistem pencernaan yang terdiri dari mulut, esofagus, lambung, usus dan anus. Pada sebagian mollusca ada juga yang memiliki rahang danradula atau lidah bergigi bergerak ke depan dan belakang.
  9. Struktur tubuh pada mollusca adalah simetri bilateral.
  10. Terdapat kaki muskular yang kepalanya berkembang biak berdasarkan kelas dari mollusca. Kaki tersebut akan beradaptasi guna Bertha di substrat, menggali dan membor substrat dan melakukan pergerakan atau berang.
  11. Tubuh mollusca terdiri dari kaki, massa visera dan mantel. kaki pada mollusca memiliki fungsi sebagai alat kutuk bergerak, merayap dan menggali yang terdiri dari otot – otot. Kaki pada sebagian jenis mollusca digantikan oleh tentakel yang memiliki fungsi sebagai alat penangkap mangsa. Massa visera merupakan bagian tubuh pada mollusca yang lunak sebagi tempat organ tubuh. Massa tersebut diselubungi oleh jaringan tebal atau disebut dengan mantel. Mantel pada mollusca akan menyelubungi dan melindungi massa visera yang terdapat rongga cairan sebagai tempat lubang insang, anus dan cairan hasil ekskresi. Mantel tersebut juga dapat melakukan sekresi komponen – komponen pembentuk cangkang.
  12. Mollusca memiliki sistem respirasi yang berbeda – beda. Insang digunakan pada mollusca yang hidup di perian sedangkan mollusca yang hidup di darat mereka menggunakan paru – paru atau menggunakan mantel sebagai alat pertukaran udara yang bekerja seperti bar – paru.
  13. Mollusca memiliki sistem peredaran darah terbuka kecuali pada kelas cephalopoda. Sistem peredaran darah tersebut mengalir dari rongga terbuka pada tubuh tetapi tidak terdapat arteri maupun vena utama guna meningkatkan tekanan darah sehingga menyebabkan tekanan darah pada mollusca lambat dan organ tergenang oleh darah. Memiliki sistem peredaran darah berupa jantung dan pembuluh darah, jantung terdiri dari satu ventrikel dan satu atau dua atrium.

Karakteristik mollusca

Berikut ini karakter dari mollusca :

  1. Mereka hidup pada daerah perairan dangkal dan daratan. Ada juga yang hidup sebagai parasit.
  2. Mereka akan berkembang biak secara seksual dan merupakan hewan hemafrodit yang memiliki 2 jenis kelamin berupa jantan maupun betina pada 1 tubuh.
  3. Anggota hewan heterotrof. Mereka juga termasuk hewan herbivora maupun karnivora dengan memakan tumbuh – tumbuhan, ganggang, ikan, udang, kepiting, sisa – sisa organismehingga mollusca lainnya.

Klasifikasi mollusca :

  1. Monoplacophora
  2. Polyplacophora
  3. Aplacophora
  4. Gastropoda
  5. Scaphapoda
  6. Bivalvia
  7. Cephalopoda

Mollusca memiliki peran penting pada kehidupan manusia, di antaranya : sebagai sumber protein, cangkang pada mollusca adat dimanfaatkan manusia untuk bahan Industry dan mutiara yang dihasilkan dapat dijual. Sedangkan mollusca tersebut dapat menimbulkan kerugian sepertidapat merusak kapal pada mollusca jenis teredonavalis.

Baca Juga : Sistem Pencernaan Mollusca

Loading...
Loading...
Ciri dan Karakteristik Mollusca (Hewan Bertubuh Lunak) | ilmuhewan | 4.5