Ciri dan Karakteristik Kura-kura Air Tawar

By On Sunday, May 21st, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri dan Karakteristik Kura-kura Air Tawar – Kura-kura merupakan salah satu jenis reptil yang berbeda dari jenis reptil yang lainnya.

Perbedaan ini dapat dengan mudah dilihat yaitu dari bentuk fisiknya yang bukan hanya memiliki tubuh yang lunak, tetapi juga mempunyai tempurung yang berfungsi sebagai alat perlindungan diri.

Jika terjadi serangan atau hal-hal yang membahayakan bagi dirinya, kura-kura akan segera masuk ke dalam tempurungnya dan akan keluar kembali setelah keadaan diluarnya sudah aman.

Baca Juga : Daftar Harga Kura-kura Air Tawar untuk Hewan Peliharaan

Kura-kura terbagi menjadi dua jenis besar, yaitu jenis kura-kura darat atau yang kura-kurang yang lebih banyak menghabiskan waktunya di daratan, dan kura-kura air tawar atau dalam artian lain lebih banyak menghabiskan waktunya di dalam air tawar.

Untuk kura-kura air tawar sendiri memiliki beberapa ciri dan karakteristik yang membedakannya dengan jenis kura-kura lain, yaitu yang akan diulas lebih lanjut pada uraian di bawah ini.

Berhabitat di perairan tawar

Seperti namanya, ciri yang pertama dari kura-kura air tawar adalah berhabitat di perairan tawar seperti sungai, rawa, dan danau.

Untuk kedalaman perairan yang menjadi habitat dari jenis kura-kura ini sendiri tidak ada batasan karena kura-kura air tawar dapat hidup di kedalaman air berapa pun.

Namun, meskipun begitu, sebagain besar jenis kura-kura air tawar lebih suka menghabiskan waktunya di perairan yang dangkal untuk memudahkannya dalam berjemur.

Tidak memiliki air liur

Pembeda yang signifikan dari kura-kura air tawar dengan kura-kura darat adalah pada kura-kura air tawar hampir semua jenisnya tidak memiliki air liur.

Itu mengapa jenis kura-kura air tawar membutuhkan air untuk dapat menelan makanannya, dan berbeda dengan kura-kura darat yang pada umumnya memproduksi air liur sendiri sehingga bisa makan tanpa perlu air tawar sebagai pelarutnya.

Dapat hidup di darat berhari-hari

Keunggulan sekaligus hal yang menjadi karakteristik dari kura-kura air tawar lainnya yaitu kemampuannya yang dapat hidup di darat selama berhari-hari.

Meskipun binatang ini dinamakan sebagai kura-kura air tawar, bukan berarti kura-kura ini hanya bisa hidup di dalam air sepertihalnya ikan.

Justru, kemampuan hidup di daratan kura-kura air tawar tidak kalah hebat dibandingkan dengan kura-kura darat itu sendiri.

Ukuran tubuh kura-kura air tawar

Ciri-ciri fisik dari kura-kura air tawar sendiri dapat dilihat dari ukuran tubuhnya. Pada kura-kura air tawar anakan yang baru saja menetas, ukuran tubuhnya biasanya hanya berkisar kurang lebih 2,5 cm.

Ukuran tubuh tersebut akan semakin bertambah besar seiring pertambahan umurnya, dan saat berusia satu tahun biasanya ukurannya akan menjadi 5 hingga 10 cm.

Kura-kura air tawar jantan dewasa sendiri dapat memiliki ukuran tubuh hingga 23 cm, sedangkan untuk betinanya akan lebih besar yaitu sekitar 30 cm.

Tingkat kedewasaan

Tak jauh berbeda dengan hewan pada umumnya, kura-kura air tawar juga memiliki waktu di mana tingkat seksualitasnya telah matang sehingga kura-kura tersebut siap untuk kawin dan berkembangbiak.

Biasanya, pada kura-kura air tawar, tingkat kedewasaannya dapat dilihat dari ukuran tubuhnya, yaitu pada jantan ukuran tubuh kura-kura air tawar jantan yang telah matang sekitar 10 cm, sedangkan betinanya sendiri 13 cm.

Itulah beberapa ciri dan karakteristik dari kura-kura air tawar. Anda sendiri perlu mengetahui hal tersebut sebagai tambahan informasi, terlebih jika Anda memiliki niat untuk mulai membeli kura-kura air tawar dan menjadikannya sebagai hewan peliharaan.

Meskipun pada umumnya ciri dan karakteristik kura-kura air tawar sama, setiap jenis kura-kura air tawar tetap memiliki ciri tersendiri yang membedakan antara jenis kura-kura air tawar satu dengan yang lainnya.

Baca Juga : Ciri-ciri Kura-kura Sedang Sakit

Loading...
Loading...
Ciri dan Karakteristik Kura-kura Air Tawar | ilmuhewan | 4.5