BISNIS ONLINE GRATIS HASIL MELIMPAH KLIK DISINI

Ciri dan karakteristik Ikan Kakap Mata Kucing

By On Sunday, July 16th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri dan karakteristik Ikan Kakap Mata Kucing – Kakap mata kucing atau yang memiliki nama ilmiah Psemmoperca waigiensis merupakan salah satu jenis ikan kakap yang banyak ditemukan di Indonesia.

Ikan ini memiliki ciri-ciri yang hampir mirip dengan jenis kakap putih, karena kedua jenis ikan tersebut memiliki bentuk tubuh memanjang.

Namun ada pula perbedaan di antaranya, perbedaan tersebut terletak dari bentuk mata ikan kakap mata kucing yang relative lebih besar dari jenis ikan kakap putih.

Meski terbilang belum begitu populer di kalangan masyarakat, jenis kakap mata kucing ini memiliki peluang yang cukup besar untuk dibudidayakan.

Baca Juga :

Cara Mudah Pemijahan Ikan Kakap Putih

Ciri dan Karakteristik Ikan Kakap Putih

Jenis-Jenis Ikan Kakap yang Bisa Dibudidayakan

Cara Budidaya Ikan kakap Mata Kucing Untuk Pemula

Namun sebelum memutuskan untuk membudidayakan jenis kakap yang satu ini, ada baiknya untuk mengetahui ciri dan karakteristik dari ikan kakap mata kucing. Lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

Mengenal Ciri dan Karakteristik Ikan Kakap Mata Kucing

Jenis kakap mata kucing memang sering dikatakan memiliki kemiripan dengan jenis kakap putih. Untuk dapat membedakannya, simak ulasan lengkap mengenai ciri dan karakteristik ikan kakap mata kucing di bawah ini.

  • Bentuk dan Tinggi Badan

Salah satu ciri dari ikan kakap mata kucing yaitu memiliki bentuk badan yang memanjang agak pipih, dan meninggi ke arah belakang, sementara ke arah kepala atau ke arah depan menajam. Ikan kakap mata kucing juga memiliki tinggi badan yang hampir sama dengan ukuran panjang tubuhnya.

  • Habitat

Habitat atau tempat tinggal ikan kakap mata kucing yaitu di daerah estuaria. Selain itu, ikan kakap mata kucing juga dapat hidup di perairan pantai. Namun ikan ini tidak dapat hidup di air tawar.

  • Mata

Ikan kakap mata kucing juga memiliki mata yang terlihat besar. Hal inilah yang membuat jenis ikan kakap yang satu ini dijuluki mata kucing atau mutrto tusa. Selain itu, rahang yang dimiliki kakap mata kucing hanya sampai ke garis tengah mata.

  • Warna Badan

Badan ikan kakap mata kucing berwarna cokelat kemerahan dengan bagian kepala dan perut berwarna perak. Sedangkan, sirip dada, sirip perut, sirip dubur dan sirip punggung berwarna kekuningan dengan sirip ekor yang berwarna kehitaman dan meruncing.

  • Panjang dan Berat Badan Kakap Mata Kucing

Jenis kakap mata kucing termasuk jenis ikan yang berukuran kecil. Ikan kakap yang satu ini memiliki panjang tubuh maksimal sekitar 47 cm.

Namun ukuran tubuh ikan kakap mata kucing umumnya hanya sekitar 20 hingga 30 cm. Sementara itu, untuk bobot tubuhnya, jenis kakap mata kucing betina bisa mencapai 150 gram bahkan lebih.

Dan bobot tubuh kakap mata kucing jantan bisa mencapai 75 gram dengan bobot maksimum sekitar 1 kg.

  • Makanan

Selain itu, kakap mata kucing merupakan salah satu jenis ikan karnivora, yaitu pemakan daging. Sehingga makanan kakap mata kucing berupa ikan-ikan kecil, cumi-cumi, udang dan berbagai hewan lainnya. Jenis kakap yang satu ini aktif mencari makan pada malam hari.

  • Pengelolaan Induk

Induk kakap mata kucing bisa diperoleh melalui penangkaran maupun hasil tangkapan. Pemeliharaannya dapat dilakukan di bak pemeliharaan maupun di keramba jaring apung.

Ikan kakap mata kucing yang siap pijah umumnya berukuran lebih dari 150 gram bagi induk betina dan berukuran 75 hingga 200 gram bagi induk kakap mata kucing jantan.

Itulah beberapa ciri dan karakteristik dari jenis kakap mata kucing. Selain itu, kakap mata kucing yang sehat juga dapat dilihat dengan ciri-ciri tidak ada cacat pada tubuhnya, gerakan aktif, berwarna cokelat kehitaman dan mata berwarna jernih.

Loading...
Ciri dan karakteristik Ikan Kakap Mata Kucing | ilmuhewan | 4.5