Ciri dan karakteristik Ikan hias Coral Beauty

By On Tuesday, August 8th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri dan karakteristik Ikan hias Coral Beauty – Ikan hias coral beauty (Centrophyge bispinosa) merupakan jenis ikan hias yang indah, dengan warna biru corak oranye terang dan kuning.

Seperti apa ciri ikan hias coral beauty?

Berikut deskripsinya.

Nama Latin : Centrophyge bispinosa

Ukuran : mencapai 4 inch (10 cm)

Makanan : Omnivora (udang, ganggang)

Tempat Asal : Pulau Fiji, Indonesia, Vanuatu, Laut Coral Australia, Filipina, Afrika Timur.

Habitat : Terumbu karang (bisa di akuarium dengan kondisi tertentu)

Nama Lain  : Twospinned Angelfish, Dusky Angelfish

Lalu bagaimana dengan karakteristik ikan hias coral beauty? Berikut karakteristik ikan hias coral beauty.

  1. Termasuk ikan agresif (meskipun ukurannya kecil). Sebenarnya termasuk ikan yang tenang, tapi jika ditempatkan di tempat yang lebih kecil bisa jadi agresif (karena harus mempertahankan teritorial/wilayah kekuasannya)
  2. Warnanya mencolok, dengan oranye terang dan biru yang menyala, membuat mata yang melihat pun senang. Warna aslinya sebenarnya biru sepenuhnya, tetapi lebih sering ditemukan dengan corak oranye.
  3. Ikan hias coral beauty cukup mudah dipelihara, namun sulit untuk ditangkap karena lincah, dan jarang terpancing oleh umpan biasa.
  4. Ikan hias coral beauty memiliki insang dan tujuh pasang sirip.
  5. Permukaan tubuhnya berlendir dan licin seperti ikan pada umumnya. Lendir ini membantu ikan coral beauty untuk menhindari serangan jamur dan bisa bergerak lebih cepat.
  6. Jangan memelihara lebih dari satu ikan hias coral beauty, karena sering terjadi pertengkaran.
  7. Untuk memelihara ikan coral angelfish dibutuhkan sekitar 200 liter air, batu-batuan air, dan ganggang/alga, pada suhu 21-28 derajat celcius.
  8. Umurnya bisa mencapai 10 tahun. Ikan hias coral beauty mencapai umur remaja dalam waktu 2-5 tahun.
  9. Makanan ikan hias coral beauty bermacam-macam, mulai dari udang, alga, bisa juga memakan pellet dan cacing. Ikan coral beauty harus dimakan kurang lebih 3 kali sehari (mirip manusia?)
  10. Untuk dipelihara di akuarium, ikan hias coral beauty membutuhkan banyak bebatuan, jamur laut, anemon, bisa juga dipelihara dengan jenis ikan lain seperti kepiting, bintang laut, dan koral.
  11. Jangan pelihara ikan hias coral beauty dengan jenis kerang-kerangan, karena bisa menyebabkan kematian.
  12. Ikan hias coral beauty jantan lebih besar daripada ikan hias coral beauty betina. Tahu tidak, sebenarnya semua ikan coral beauty dilahirkan menjadi betina, tetapi ikan coral beauty yang lebih dominant akan berubah menjadi jantan. Ikan coral beauty jantan juga memiliki sirip yang lebih panjang.
  13. Ikan hias coral beauty rentan terhadap beberapa penyakit, seperti parasit dan protozoa serta bakteri. Kondisi air yang buruk dan organisme lain yang dipelihara di dalam akuarium juga bisa menyebabkan ikan coral beauty tidak mau makan dan keluar dari akuarium.
  14. Kebiasaannya sering menggigit-gigit batu karang. Terlihat lucu ketika melihat dari luar akuarium.
  15. Untuk mengembangbiakan ikan hias coral beauty dibutuhkan kesabaran, karena biasanya lebih banyak bibit yang diperoleh dari hasil penangkapan ketimbang dari pengembangbiakan.
  16. Ikan hias ini cocok sekali dipelihara di dalam akuarium, dan tidak terlalu sulit untuk dipelihara. Asalkan setiap kondisi yang dibutuhkan untuk memelihara terpenuhi.
  17. Bibitnya bisa dijual dengan harga hingga$ 54,99. Lumayan mahal ya untuk ukuran ikan hias, meskipun banyak juga yang bisa mencapai ribuan dollar. Di Indonesia sendiri bibitnya dijual dengan harga kurang lebih Rp 100.000,-/ Berminat buat melihara?

Baca Juga : Jenis dan Daftar Harga Ikan hias Flame Angel

Loading...
Ciri dan karakteristik Ikan hias Coral Beauty | ilmuhewan | 4.5