Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Ciri dan Karakteristik Ikan Gabus

By On Tuesday, October 17th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri dan Karakteristik Ikan Gabus – Ikan gabus adalah salah satu ikan air tawar yang banyak sekali penggemarnya, apalagi ikan ini mampu menyembuhkan penyakit seperti luka karena efek dari albumin.

Ikan ini juga ditakuti oleh pembudidaya ikan karena mereka termasuk jenis ikan yang sangat rakus, ikan yang sangat buas karena mereka akan memakan ikan – ikan kecil di sekitarnya bahkan di alam bebas mereka dapat memakan serangga dan juga kodok.

ciri – ciri ikan gabus

Guna memudahkan pengenalan ikan gabus seperti apa, alangkah baiknya jika anda mengerti ciri – ciri dari ikan gabus, berikut ini adalah beberapa ciri dari ikan gabus :

  1. Memiliki bentuk tubuh bulat memanjang yang panjangnya dapat mencapai ½ – 1 meter bahkan lebih.
  2. Memiliki bentuk tubuh panjang dan pada bagian belakangnya berbentuk pipih atau biasa di sebut dengan compressed.
  3. Bentuk tubuh ikan gabus yang depan berbentuk cembung.
  4. Perut pada ikan gabus bentuknya rata.
  5. Memiliki bentuk kepala pipih dengan yang bentuknya seperti bentuk kepala ular atau head Snake.
  6. Memiliki warna hijau kehitaman kehijauan pada bagian punggung dan berwarna putih atau Cream pada bagian perut ikan gabus.
  7. Berat badan rata – ratanya sekitar 2 – 5 kg, namun bisa jadi lebih.
  8. Ikan gabus memiliki sisik yang berukuran besar dan kasar hampir di seluruh bagian tubuhnya, yaitu pada bagian kepala, perut, punggung dan ekor.
  9. Sirip ekor dap sirip punggung yang memanjang bentuknya bulat pada ujungnya.
  10. Terdapat garis seperti coretan tebar atau strata yang warnanya tergantung dengan habitatnya.
  11. Memiliki mulut dengan gigi – gigi berukuran besar dan tajam yang digunakan untuk mencabik – cabik atau mengunyah makannya.
  12. Memiliki bau yang amis, hal ini dikarenakan pembentukan otot ikan terdiri dari berbagai macam protein sedangkan bau amis ini berasal dari proses penguraian atau dekomposisi, zat amino yang berasal dari senyawa belerang dan berasal dari bahan kimia amina hasil progres penguraian asam amino.
  13. Memiliki organ pernafasan untuk langsung bernafas dengan udara yang menggunakan labirin.

Karakter ikan gabus

Berikut ini akan di bahas beberapa karakter dari ikan gabus, di antaranya :

  1. Ikan gabus termasuk jenis ikan air tawar yang biasa tinggal di sungai, rawa, dan juga danau. Namun jika tempat tinggal yang mereka tinggali kering, mereka akan berusaha pindah ke tempat lain yang terdapat airnya, namun jika terpaksa mereka akan tetap tinggal dengan cara mengubur diri di dalam tanah hingga tempat tersebut kembali berair, sehingga kenapa terkadang di temui ikan gabus yang berjalan di daratan. Fenomena ini terjadi karena ikan gabus dapat bernafas secara langsung dari udara menggunakan organ semacam labirin seperti ikan lele namun lebih primitif.
  2. Ketika memasuki musim kawin, ikan gabus betina dan ikan gabus jantang akan bekerja sama untuk membuat sarang di antara tanaman – tanaman dekat air. Anak mereka memiliki warna Jingga bergaris hitam.
  3. Ikan gabus di kenal jenis hewan karnivora yang suka sekali memakan ikan – ikan yang memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan ukurannya. Mereka biasa berkelompok untuk mencari makanan dan biasanya sang induk akan menjaga dari belakang kelompok bahkan terkadang berada di kerumunan anak ikan gabus.

Di Indonesia ikan abis dapat di temui di perairan Jawa, Kalimantan, Sumatra, Bali, Lombok, Flores hingga Ambon.

Baca Juga : Kandungan dan manfaat ikan gabus untuk kesehatan

Loading...
Ciri dan Karakteristik Ikan Gabus | ilmuhewan | 4.5