Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Ciri dan Karakteristik Ikan Cupang

By On Sunday, June 4th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri dan Karakteristik Ikan Cupang – Sering kali kita menemui ikan cupang yang ada di pasaran di jual sebagai ikan hias dan juga ikan petarung.

Namun sudahkah anda tahu, bagaimana ciri dan karakter dari ikan cantik ini?

Berikut akan sedikit saya bahas tentang ciri dan karakternya.

Ciri ikan cupang :

  1. Memiliki bentuk yang bervariasi, ada yang berbentuk pipih dan silinder.
  2. Tubuh yang dimilikinya langsing atau ramping dengan panjang sekitar 6 – 7 cm.
  3. Warna dasar mereka adalah kuning hingga sawo matang.
  4. Memiliki ekor yang lebar, sehingga menjadikan tubuh terlihat tampak kokoh dan juga kuat.
  5. Letak mata dan bibir dari sebagain ikan cupang horizontal, namun ada beberapa ikan cupang yang memiliki mata lebih rendah daripada bibir mereka.
  6. Memiliki sirip punggung yang lebar, terbentang hingga ke belakang.
  7. Memiliki jumlah sirip yang lengkap, yaitu sirip insan atau sirip vektoral, sirip perut atau sirip ventral, sirip punggung atau Dorsal, sirip anal atau sirip dubur dan sirip ekor atau sirip cauda.
  8. Memiliki bentuk membulat atau rounded pada sirip ekornya dan memiliki warna dasar yang sama dengan tubuh.
  9. Mereka memiliki mulut yang terdapat rahang seperti hiu putih dan juga rahang bawah dengan gigi tajam yang dapat merobek – robek tubuh dari makanannya, seperti cacing ataupun organisme laut lainnya. Berdasarkan sebuah Study, menunjukkan bahwa adanya tempat kecil guna menjaga telur cupang yang sudah masak di balik gigi tajamnya.
  10. Memiliki mata yang menonjol dengan iris mata berwarna hitam dan sisanya berwarna merah, hijau atau warna lainnya. Mata ini memiliki penglihatan yang tajam, tidak dapat berkedip dan mereka akan menggerakkan mata sesuai dengan pergerakan target.
  11. Memiliki insang yang digunakan untuk bernafas.
  12. Memiliki organ pernapasan bernama labirin yang memiliki fungsi sebagai penghirup oksigen di permukaan air. Labirin ini terletak di ruang insang dan di atas piring insang. Ketika terjadi kontak dengan udara, maka cupang akan menghirup oksigen dengan cara pertukaran gas, baru kemudian dilewatkan ke darah vena pada labirin lalu sisa udara tersebut di hembuskan keluar.
  13. Mereka akan dapat hidup lebih lama ketika berada di tempat tanpa air jika di bandingkan oleh ikan lainnya, hal ini karena cupang memiliki labirin untuk bernafas.
  14. Jantung, perut, hati, limpa dan hati menjadi organ terpenting di dalam tubuh ikan cupang yang dapat di temukan pada perut cupang sebelum awal sirip anal. Terdapat anus yang berada di dekat awal sirip anal. Ikan cupang betina memiliki pembukaan yang terlihat seperti titik putih dan akan terlihat ketika masa pemijahan dengan fungsi melekaskan telur – telurnya.
  15. Memiliki sisik yang halus dan mengkilap yang berbentuk persegi berukuran 0,2 – 0,3 mm, namun ukuran ini bisa saja lebih kecil karena tergantung dari varietas dan ukuran tubuh ikan cupang.

Baca Artikel terkait :

Jenis Ikan Cupang Paling Mahal

Apa Saja Perbedaan Ikan Cupang Adu dengan Ikan Cupang Hias

Jenis-jenis Ikan Cupang yang Harus Diketahui

Bagaimana Cara Budidaya Ikan Cupang?

Karakter ikan cupang :

  1. Habitat

Mereka adalah ikan yang hidup di perairan, namun mereka juga dapat hidup atau bertahan di tempat yang tidak as airnya, namun hanya untuk beberapa waktu saja.

Hal ini dikarenakan mereka memiliki labirin yang digunakan sebagai pengambil oksigen untuk bernafas selain insan.

  1. Makanan

Mereka memakan makanan yang mengandung protein tinggi dan membutuhkan minimal 45 % per makanan. Mereka termasuk jenis ikan karnivora.

Contoh makanan ikan cupang adalah kutu air, jentik nyamuk hingga belatung.

Loading...
Ciri dan Karakteristik Ikan Cupang | ilmuhewan | 4.5