Ciri dan Karakteristik Hewan Sugar Glider

By On Friday, June 2nd, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Beberapa ciri – ciri dari Sugar glider :

  1. Memiliki bentuk tubuh yang menyerupai tupai.
  2. Memiliki mata besar untuk melihat kegelapan di malam hari.
  3. Memiliki telinga yang dampar berputar untuk menemukan mangsa ketika malam hari.
  4. Memiliki dada berwarna putih dan terdapat lembaran kulit di antara tangan dan kakinya dengan fungsi sebagai pembantu penstabil ketika melayang di udara saat melompat dari tempat tinggi.
  5. Memiliki badan yang berukuran sekitar 12,7 cm dan panjang ekor sekitar 15 cm.
  6. Berat yang dimiliki Sugar glider jantan dan betina berbeda, yaitu 140 kg untuk jantan dan 120 kg untuk betina. Untuk berat badan bayi Sugar glider yang baru lahir adalah sekitar 0,2 gram.
  7. Pada umumnya mereka memiliki umur sekitar 2 tahun untuk jantan dan 7 – 15 bulan untuk betina ketika mereka dewasa.
  8. Pada umumnya mereka memiliki usia sekitar 9 tahun saat hidup di alam bebas, umur 12 tahun ketika mereka dijadikan hewan peliharaan dan usia sekitar 17,8 tahun ketika mereka hidup di kebun binatang.
  9. Pada umumnya mereka memiliki bulu berwarna biru abu – abu, sawo matang dan kuning, terdapat pula garis hitam mulai dari tengah punggung hingga hidung yang memanjang. Pada bagian dada, perut dan kerongkongan biasanya memiliki warna Cream. Bulu yang mereka miliki tebal dan lembut.
  10. Memiliki jari – jari kaki berjumlah 5 jari dan terdapat cakar kecuali pada jempol dan kaki belakang. Pada jari tengah atau jari pertama dan ketiga menyatu seolah membentuk sisir.
  11. Memiliki senjata utama yang terbentang dari jari kelima kaki depan hingga jari pertama kaki belakang yaitu membran patagium. Membran tersebut akan membantu Sugar glider terbang dengan jarak tertentu ketika mereka meregangkan kaki dan kemudian meluncur.
  12. Mereka dapat meluncur dari 1 pohon satu ke pohon lainnya atau tempat lain dengan jarak 50 meter bahkan lebih.
  13. Memiliki 4 kelenjar eksokrin pada bagian kepala depan, dada dan kloaka berjumlah 2. Pada Sugar glider jantan akan terlihat seperti titik botak di bagian kepalanya.
  14. Mereka memiliki pouch kecil untuk betina sebagai tempat anaknya yang baru saja di lahirkan.

Beberapa karakter dari Sugar glider :

  1. Sugar glidertermasuk hewan omnivora yang akan memakan serangga ketika musim panas tiba dan akan memakan embun madu dan getah pohon ketika musim dingin tiba, hal ini karena di musim dingin serangga sulit untuk di temukan. Mereka juga menyukai makanan yang manis. Biasanya mereka akan mengonsumsi biji bijian, buah – buahan dan telur burung.
  2. Mereka memiliki masa sistem reproduksi yang berbeda – beda. Sugar glider jantan akan memerlukan usia sekitar 4 – 12 bulan dan betina usia 8 -12 bulan. Ketika mereka tinggal di alam liar akan melakukan kawin 1 – 2 kali per tahun, di sisi lain karena faktor iklim yang terjadi di lingkungan mereka. Sedangkan mereka yang tinggal aloi penangkaran, bisa jadi akan mengalami kawin berkali  – kali karena lingkungan yang mereka tinggali iklimnya stabil atau konsisten.  Mereka dapat  melahirkan 1 – 2 ekor bayi dengan peluang sekitar 81 % , namun ada juga yang dapat melahirkan 3 – 4 ekor dengan masa hamil sekitar 14 – 16 hari.
  3. Mereka tinggal di pepohonan hutan – hutan yang memiliki persediaan makanan banyak dan mencukupi. Mereka cenderung aktif di malam hari, atau bisa dikatakan sebagai hewan noktural, sehingga ketika siang hari mereka cenderung istirahat.

Baca Juga : Cara membedakan sugarglider jantan dan betina

Loading...
Loading...
Ciri dan Karakteristik Hewan Sugar Glider | ilmuhewan | 4.5