Ciri dan karakteristik hewan hamster

By On Tuesday, June 27th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri dan karakteristik hewan hamster – Bagi sebagian orang, hamster merupakan hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan.

Hamster adalah hewan yang termasuk ke dalam ordo Rodentia yaitu termasuk ke kelompok binatang pengerat seperti kelinci, tikus, marmot dan lain sebagainya.

Terkadang di Indonesia orang menyamakan Hamster dengan Tikus padahal satu sama lain berbeda. Hamster.

Dahulu, hamster sering digunakan untuk menjadi hewan percobaan laboraturium, namun kelamaan hamster lebih sering dijadikan hewan peliharaan karena kelucuannya yang membuat orang terpikat.

Baca Juga : Jenis-jenis hamster termahal di dunia

Hamster bukan merupakan hewan yang berasal dari Indonesia. Hamster berasal dari daerah utara yaitu Eropa tengah hingga Siberia, Mongoloa serta Tiongkok Utara sampai Korea dan juga beberapa jenis hamster berasal dari daerah selatan yaitu Suriah  dan Pakistan.

Hamster biasanya berkembangbiak di perbatasan padang pasir, bukit pasir dan di kaki gunung dataran rendah yang bersemak-semak dan juga berbatu, di lembah yang bersungai, padang rumput yang luas, dan ada beberapa juga yang berkembang biak di lading tanam.

Ada beberapa jenis hamster yang umum di pelihara di Indonesia yaitu Hamster Siria, Hamster Campbell, Hamster Winter White dan Hamster Roborovskii.

Ada beberapa jenis Hamster lainnya namun tidak umum dipelihara di Indonesia yaitu Hamster Eropa, Hamster Gansu, Hamster Kaukasus, Hamster Kazakhstan, Hamster kam, Hamster Armenia, Hamster Siberia, Hamster Korea, Hamster Tibet, Hamster Mongolia, Hamster Rumania, Hamster Sokolov, Hamster Tiongkok dan Hamster Turki.

TIdak semua jenis hamster mudah untuk dipelihara. Pada umumnya untuk memelihara hamster anda hanya perlu menyediakan kandang khusus hamster yang dilengkapi dengan serbuk kayu sebagai tempat tidur hamster dan untuk menyerap kotoran hamster, botol minuman, makanan dan mainan untuk melatih kelincahan hamster.

Namun untuk hamster jenis tertentu seperti hamster champbell.

Hamster jenis Chambell mengenali lingkungan sekitarnya dengan cara menggigit orang namun gigitannya tidak berbahaya tapi dapat mengakibatkan pendarahan.

Ada beberapa ciri dan karakteristik hewan hamster pada umumnya yaitu badannya gemuk, berekor pendek, biasanya bagian bawah hamster berwarna putih, abu-abu hingga hitam, berbulu tebal dengan warna bulu yang berbeda –beda tergantung jenisnya, ada yang bulunya warna hitam polos, putih polos, abu-abu, cokelat, kuning, moka da nada juga yang kombinasi hitam putih, putih cokelat dan sebagainya.

Pada umumnya hamster memiliki kantung pipi yang fungsinya adalah membawa makanan ke sarang mereka untuk disimpan atau ditimbun.

Ukuran hamster beranekaragam ada yang berukuran 5 cm hingga 10 cm untuk yang kecil dan 10 cm hingga 18 cm untuk hamster ukuran besar. Untuk ciri-ciri hamster yang lebih spesifik berdasarkan jenisnya yaitu sebagai berikut ini:

  1. Hamster Campbell

Hamster Campbell memiliki ciri khusus yaitu gerakannya tidak terlalu cepat. Bentuk kepala Hamster Campbell adalah segitiga sama sisi karena bentuk tulang pipi Hamster Campbell melebar ke samping.

Telinga terlihat besar dan tinggi serta warna dan corak bulunya lebih banyak ketimbang hamster winter white. Warna bulu Hamster Campbell cenderung lebih indah ketimbang jenis hamster lainnya.

  1. Hamster Winter White

Bentuk kepala hamster winter white adalah segitiga sama sisi dan terlihat memanjang ke belakang. Ujung hidungnya terlihat membula dan memiliki mata yang besar, mengilap dan posisinya lebih dekat ke telinga dari pada ke hidung. Tulang punggung winter white cenderung agak melengkung ke atas.

  1. Hamster Roborovski

Hamster roborovski gemar bersembunyi dan memiliki gerakan yang lincah, cepat sehingga sulit ditangkap apabila dilepas keluar kandang.

Tubuh Roborovski cederung lebih pendek, kepalanya besar, kumisnya sangat banyak bulunya berwarna cokelat, kream keemasan.

Baca Juga : Cara membedakan hamster dan marmut

Loading...
Loading...
Ciri dan karakteristik hewan hamster | ilmuhewan | 4.5