Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Ciri dan Karakteristik Burung Sikatan Emas

By On Tuesday, November 7th, 2017 Categories : Burung

Ciri dan Karakteristik Burung Sikatan Emas – Burung Sikatan Emas (Ficedula zanthopygia) merupakan salah satu species burung dari keluarga Muscicapidae dan dari genus Ficedula.

Burung ini berbiak di wilayah Asia Timur Laut dan tersebar di wilayah Cina Selatan, Asia Tenggara dan Sunda Besar.

Lalu seperti apa ciri-ciri dan karakteristik dari burung yang satu ini? Berikut uraiannya

Burung Sikatan Emas tergolong burung pemakan serangga dan memiliki habitat di daerah semak, maupun pepohonan. Di Indonesia, keberadaan burung sikatan emas memang masih terasa asing.

Bahkan para peghobi burung pun sebagian besar kurang mengetahui tentang burung sikatan emas ini. Hal ini didukung dengan sering berpindahnya burung sikatan  emas atau  migrasi.

Baca Juga : Jenis-jenis Burung Tledekan

Burung sikatan emas akan melakukan migrasi saat musim dingin.

Pada dasatnya, burung sikatan emas masih tergolong kerabat dekat dari burung Tledekan Laut dan Tledekan Gunung. Tak salah jika dibeberapa daerah, burung sikatan emas lebih sering dikenal dengan nama Burung Tledekan Kembang.

Mengenai daerah penyebaranya, burung sikatan emas tersebar di wilayah Mongolia bagian timur, Transbaikalia bagian timur dan Rusia bagian Tenggara. Burung ini juga tersebar di wilayah Cina bagian timur dan tengah,  Jepang bagian barat dan Korea.

Pada musim dingin burung sikatan emas akan melakukan migrasi ke wilayah Cina selatan, Asia Tenggara dan juga Sunda Besar.

Burung ini lebih sering bersembunyi dalam tajuk pohon, sehingga di kawasan Asia Timur burung sikatan emas memiliki julukan peri hutan, karena burung ini lebih sering terdengar dibandingkan terlihat.

Dengan kualitas suaranya yang merdu, burung sikatan kini menjadi incaran para penghobi burung kicau. Bahkan para penghobi burung kicau yang sudah mendengar kicauan burung ini tak segan membeli dengan harga selangit.

Untuk lebih mengenal burung sikatan emas ini, marik kita ulas ciri-ciri dan karakteristiknya

Burung sikatan emas memiliki tubuh dengan ukuran kecil atau sekitar 13 cm.  Untuk membedakan antara burung sikatan emas jantan dengan burung sikatan emas betina sebenarnya relatif mudah. Cara membedakan kelamin dari burung ini yaitu memperhatikan warna bulunya.

pada burung sikatan emas jantan, warna bulunya dominan wana kuning, sementara pada burung betina waran bulunya lebih dominan ke warna coklat. Berikut penjelasan antara perbadaan burung sikatan emas jantan dengan burung sikatan emas betina :

  • Burung Jantan : Pada burung sikatan emas jantan, tenggorokan, tugir, dada dan perut atas burung bewarna kuning. Sementara untuk penutup ekor, perut bawah, garis sayap dan alis burung, warnanya putih  Selain bagian-bagian yang disebutkan tadi, warnanya hitam.
  • Burung Betina : Pada burung sikatan emas betina tubuh bagian atas bewarna coklat buram. Bagian bawah dari tubuhnya sendiri bewarna lebih pucat. Untuk warna tunggir pada burung betina warnanya adalah kuning buram. Iris pada burung betina berwarna coklat, serta paruh dan kakinya bewarna hitam.

Untuk suara kicauan burung, pada burung sikatan emas jantan suara kicauan burung terdengar lebih merdu dengan suara yang bervariasi. Sementara untuk burung sikatan emas betina suara kicauan lebih terdengar monoton dan berulang-ulang.

Burung Sikatan Emas memiliki pakan favorit yang sama berasal dari habitat aslinya, yaitu berupa pakan serangga dengan ukuran kecil, seperti ular dan jangkrik.

Demikianlah, penjelasan mengenai ciri dan karakteristik burung sikatan emas. Semoga informasi ini  memberikan anda wawasan seputar aneka ragam burung, khusunya pada burung sikatan emas yang namanya masih terdengar asing. Semoga bermafaat.

Baca Juga : Tips dan Trik Dalam Perawatan Burung Tledekan

Loading...
Ciri dan Karakteristik Burung Sikatan Emas | ilmuhewan | 4.5