Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Ciri dan Karakteristik Burung Perkutut Majapahit

By On Sunday, June 25th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri dan Karakteristik Burung Perkutut Majapahit – Indonesia memang kaya akan mitos dan legenda yang seringkali dikaitkan dengan ilmu-ilmu gaib.

Meskipun seringkali tidak masuk akal dan seolah tidak mungkin, beberapa orang masih mempercayai mitos tersebut karena sudah menjadi kepercayaan turun temurun dari nenek moyang mereka.

Salah satu mitos atau kepercayaan yang ada di Indonesia adalah tentang kekuatan burung perkutut majapahit.

Baca Juga : Cara Membedakan Burung Perkutut Jantan dan Betina

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa memelihara burung perkutut majapahit akan mendapatkan banyak keuntungan antara lain memperbanyak rejeki, cepat jodoh, kebahagiaan yang semakin sering, naik pangkat, wibawa, dan lain sebagainya.

Adapun ciri-ciri dan karakteristik dari burung perkutut majapahit itu sendiri, yaitu seperti di bawah ini.

  1. Kicau yang unik dan berbeda dari burung lain

Jika Anda ingin mengetahui burung perkutut tersebut merupakan burung perkutut majapahit atau bukan, Anda bisa dengan mudah mengetahuinya dari suara kicauan yang dihasilkan dari burung tersebut.

Burung perkutut majapahit mempunyai suara kicau yang unik dan berbeda dari jenis burung perkutut yang lainnya.

  1. Garis-garis di leher tidak terputus

Ciri fisik utama yang bisa langsung dilihat dari burung perkutut majapahit adalah garis-garis di lehernya yang melingkar dan tidak terputus.

Garis hitam di bagian leher itu sendiri memang menjadi ciri atau karakteristik dari jenis burung perkutut. Namun, garis hitam di leher yang tidak terputus hanya dimiliki oleh jenis burung perkutut majapahit.

  1. Terdapat corak loreng ular

Beberapa burung perkutut majapahit akan mempunyai corak loreng-loreng yang mirip dengan sisik ular pada bulu di bagian sayap kanan kirinya. Tak hanya bagian sayapnya saja, tidak jarang juga burung perkutut majapahit pun memiliki corak loreng tersebut di bagian bulu dadanya yang putih.

  1. Memiliki jambul atau rambut di kepalanya

Keunikan lain yang menjadi ciri khas dan karakteristik dari burung perkutut majapahit adalah adanya bulu yang mirip dengan jambul di bagian atas kepalanya.

Jambul tersebut memiliki bentuk yang mirip dengan potongan rambut gaya mohawk yang sangat identik dengan rambut anak-anak punk.

Warna bulu di atas kepala tersebut biasanya menyesuaikan dengan warna burung perkutut majapahit itu sendiri.

  1. Beberapa ada yang berwarna putih polos

Seperti yang disebutkan di atas, burung perkutut majapahit memiliki corak yang berbeda-beda, ada yang memiliki garis leher tidak putus, loreng urang, dan sebagainya.

Namun, ada juga jenis burung perkutut majapahit yang memiliki warna buru putih polos.

Burung perkutut majapahit yang ini biasanya akan tampak sangat mirip dengan burung merpati karena warnanya yang sama-sama putih polos.

Berbeda dengan jenis burung perkutut lainnya yang biasanya digunakan untuk ritual tertentu, burung perkutut majapahit yang berwarna putih polos tidak digunakan untuk hal tersebut, tetapi tetap menjadi burung yang dipercaya membawa keberuntungan pada pemiliknya.

Itulah beberapa ciri khas dan karakteristik dari burung perkutut majapahit. Untuk di pasaran Indonesia sendiri, burung perkutut majapahit ini dijual dengan harga yang beragam tergantung ukuran dan jenis coraknya.

Namun, semua burung perkutut majapahit tersebut tetapi memiliki harga yang tinggi yaitu sekitar Rp500.000,00 hingga Rp15.000.000,00 per ekornya.

Salah satu jenis burung pekutut majapahit yang dijual dengan harga yang sangat tinggi yaitu mencapai Rp15.000.000,00.

Fungsi dari burung tersebut sendiri biasanya digunakan untuk syarat pesugihan atau mendapat kuntungan seperti johoh, rejeki, dan lain-lain. Namun, tetap saja kalau itu tergantung dengan kepercayaan masing-masing orang yang memeliharanya.

Baca Juga : Ciri-ciri Burung Perkutut yang Membawa Keberuntungan

Loading...
Ciri dan Karakteristik Burung Perkutut Majapahit | ilmuhewan | 4.5