Ciri dan Karakteristik Burung Kacer Mbagong

By On Monday, July 31st, 2017 Categories : Burung

Ciri dan Karakteristik Burung Kacer Mbagong – Bagi para penggemar burung terutama burung kacer pasti sudah tidak asing lagi dengan perilaku burung yang mbagong.

Kacer merupakan salah satu burung yang banyak digemari karena kicauannya. Selain karena memiiki suara yang unik, burung ini juga memiliki ciri khusus yang sering disebut ngobra.

Yakni, bertarung dengn gaya khas yang dimiliki burung tersebut. Namun ada saatnya juga burung ini memiliki perilaku yang tidak biasa dan mulai menunjukan tanda-tanda mbagong.

Hal ini dapat dilihat dari tingkah laku burung kacer baik sebelum atau ketika hal itu terjadi. Berikut ini penjelasan dari ciri-ciri kacer mbagong.

Baca Juga :

Cara Ternak dan Merawat Burung Kacer Mbagong

Ciri Dan Karakteristik Burung Kacer

Cara Membedakan Burung Kacer Betina dengan Jantan

Cara Ternak dan Perawatan Burung Kacer

Daftar Harga Burung Kacer  Terbaru

Ciri-ciri kacer yang mulai mbagong adalah seperti mendongakan kepala seperti layaknya kuda laut, memamerkan bulu disekitar dada, menekukkan ekornya ke bawah, dengan mengeluarkan suara lantang yang beragam.

Perilku mbagong merupakan sifat yang alami karena burung ini memiliki kandungan mineral di dalam tubuh yang sedikit.

Karena kandungan mineralnya kurang atau tidak tercukupi kadang bisa menyebabkan kacer berulah kembali. Burung yang tidak memiliki kondisi badan yang stabil akan terus menerus membuat kondisinya semakin tidak terarah.

Burung yang sedang meiliki kondisi yang tidak fit akan mengeluarkan kotoran yang encer atau mencret.

Selain itu burung yang mengalami hal seperti itu sebaiknya cepat-cepat ditangani. Karena, menangani kacer mbagong tidak semudah teorinya. Karakteristik pada kacer mbagong sangatlah mudah ditemui seperti :

  1. Burung yang tiba-tiba berubah mood
  2. Burung yang menunjukan perilaku tak seperti biasa
  3. Kiacauannya tak semerdu biasa.

Oleh sebab itu, sebelum kita memutuskan untuk memelihara satwa unggas kacer ini sebaiknya ditelusuri terlebih dahulu ciri-ciri burung tersebut, cara perawatannya hingga pakan dan nutrisinya.

Karena jika salah dalam perawatan dan penanganya maka kesehatan burunglah yang menjadi ancamannya.

Dalam pemberian nutrisi ini juga sebaiknya diperhtungkan atau ditakar semaksimal mungkin agar tak terjadi gangguan pencernaan pada burung.

Ini tak hanya untuk jenis kacer saja melainkan untuk semua jenis burung kicau. Jika perawatan dan pakannya tidak sesuai maka kicauannya juga tidak semaksimal seperti biasa.

Butuh kesabaran memang dalam merawat burung kicau ini, selain harus rutin memandikan serta memberikan asupan nutrisi yang cukup.

Pemilik juga harus melakukan treatment yang tepat agar metabolosme burung ini tetap terjaga dengan baik dan sehat selalu.

Berdasarkan karakter dari burung yang kandungan mineralnya dalam tubuh sedikt. Maka kacer membutuhkan stabilitas kondisi untuk suhu tubuhnya.

Nah, untuk memenuhi kebutahn mineral tersebut burung kacer harus rutin juga dimandikan agar kebutuhan mineral di tubuhnya dapat terpenuhi, tak hanya dengan nutrisi atau minuman saja.

Memandikannya juga tak bisa sembarangan dibutuhkan pemahaman mengenai karakteristik burung tersebut.

Dengan cara harus piawai mengetahui kapan burung anda minta dimandikan atau bisa dimandikan.

Sehingga burung tidak mengalami mbagong. Para spesialis satwa kacer ini biasanya meiliki trik untuk memandikannya, sebaiknya dimandikan pada malam hari.

Waktu ini sangat cocok untuk anda yang memiliki kesibukan dari pagi hingga sore atau malam hari. Rutin waktu memandikan yaitu antara pukul 21.00 hingga selesai.

Bahkan ada juga lho kacer yang minta dimandikan pukul 24.00. Untuk mengetahui kapan jagoan anda ingin dimandikan sebaiknya pelajari secara seksama.

Dimulai dengan tahapan awal yaitu mengain-anginkan burung sebelum dimandikan. Itulah beberapa karakteristik dan ciri-ciri burung kacer mbagong, semoga dapat bermanfaat.

Loading...
Loading...
Ciri dan Karakteristik Burung Kacer Mbagong | ilmuhewan | 4.5