Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Ciri dan Karakteristik Burung Gelatik Batu

By On Friday, August 11th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri dan Karakteristik Burung Gelatik Batu – Burung gelatik menjad prmadona saat ini dan banyak dicari oleh pecinta burung kiau karena sudah banyak orang yang melihat peform burung ini diberbagai acara kontes kicauan.

Terlebih lagi harganya juga yang lumayan terjangkau bagi para pecinta burung kicau.

Selain itu sekarang juga telah dibuka lomba yang khusus untuk burung gelatik, makin semangatlah mereka untuk memiliki burung tersebut, tanpa memikirkan harga yang begitu mahal.

Burung gelatik batu ini meskipun postur tubuhnya yang tidak sebesar burung kacer atau cendet, namun burung yang terkenal dengan dasinya ini jika berkelamin jantan memiliki performa yang tidak kalah dengan performa burung fighter yang lainnya.

Baca Juga : Jenis Pakan Burung Gelatik Paling Baik

Burung ini memiliki suara kicauan yang merdu dengan tampilan yag elegan menjadikan burung yang paling banyak diminati. Berikut ini ciri dan karakteristik burung gelatik batu.

  1. Pastikan memilih jenis burung gelatik batu yang jenis jantan dan betina.Bagaimana cara membedakannya?, berikut tips untuk membedakan jantan dan betina. Burung gelatik batu jantan memiliki garis hitam yang melingkar di leher memanjang hingga ke dada sampai ekor, sedankan pada geatik batu betina garis hitam tersebut hanya sampai dada saja. Nah, sangat mudah bukan untuk membedakan keduanya jantan dan betina, jadi walau kita mendapatkannya di hutan tetap dapat mengetahui jantan dan betinanya.
  2. Perawatan Burung Gelatik Batu, perawatannya tidak begitu merepotkan cukup dimandikan dengan cara menyemprotkan saja kemudian di jemur hingga kering. Melatih mental burung dengan sering digantang dengan burung lainnya seperti ciblek atau burung dengan ukuran yang hampir sama. Agar mendapatkan variasi suara yang cukup bervariasi. Burung ini memang tidak begitu pintar menirukan suara burung lainnya.
  3. Pakan untuk Burung Gelatik Batu, pakan yang dapat diberikan pada burung jenis ini adalah voer halus bisa juga diberikan ulat kandang, ulat hongkong, serta jenis serangga lainnya seperti jangkrik. Apabila sudah sering ngoceh berikan kroto tiap dua hari sekali, agar mendapatkan kicauan yang semakin rajin dan bagus.
  4. Perhatikan postur tubuhnya, burung gelatik batu atau wingko memiliki karakteristik yang dapat dilihat dari postur tubuhnya yang proposional, tidak cacat, dan keadaan paruhnya tidak tipis dan juga tidak tebal. Lihatlah juga warna bulunya kusam atau tidak, pilihlah warna burung yang memiiki warna bulu yang cerah. Kenapa harus memilih warna bulu burung yang cerah dan mengkilat?, sebab burung yang memiliki warna bulu yang cerah dan mengkilat itulah yang menandakan bahwa burung tersebut sehat dan bagus untuk dipelihara.
  5. Karakteristik lainnya adalah, burung jenis ini memiliki sikap yng energik dan lincah, aktif bergerak naik turun di pucuk pohon atau area tanah. Burung jenis ini juga senang berburu makanan bersama seperti berkelompok atau berkoloni, atau bisa juga berpasangan di alam liar. Jenis burung ini pemakan serangga, biasanya burung ini berkembang biak di bulan april sampai juni. Suara burung gelatik batu ini terdengar nyaring dengan kicauan panjang dan memiliki nafas panjang.

Itulah beberapa ciri dan karakteristik burung gelatik batu, yang dapat anda ketahui sebelum memutuskan untuk memelihara atau membelinya.

Semakin banyak anda mengetahui tentang bagaimana ciri dan karakteristiknya maka semakin mntap anda dapat merawatnya ddengan sebaik mungkin.

Memeliharanya atau membudidayakannya merupakan hal yang harusnya di lakukan, agar tetap terus menjaga populasi burung gelatik di bumi.

Baca Juga : Jenis dan Daftar Harga Burung Gelatik Terbaru

Loading...
Ciri dan Karakteristik Burung Gelatik Batu | ilmuhewan | 4.5