Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Ciri dan Karakteristik Burung Cici Padi Merah

By On Wednesday, November 8th, 2017 Categories : Burung, Ciri dan Karakteristik

Ciri dan Karakteristik Burung Cici Padi Merah – Ilmuhewan.com – Burung Cici Padi Merah atau disebut juga dengan Burung Cici Merah merupakan burung kicauan yang termasuk keluarga Cisticolidae yang bertubuh mungil, dengan persebaran merata di wilayah Indonesia mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua.

Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai Ciri dan Karakteristik Burung Cici Padi Merah. Berikut ulasannya

Burung Cici padi merah dapat ditemukan di area persawahan, padang rumput dan semak belukar.

Jika dilihat dari bentuk fisiknya, sekilas burung cici padi merah ini mirip dengan burung cici padi. Perbedaannya pun harus dilihat secara teliti yaitu dari warna alis, warna bulu sisi leher, dan warna bulu tengkunya.

Baca Juga : Cara Mengetahui Burung Kenari Betina dan Jantan Siap Kawin

Pada burung cici padi merah ketiga bagian ini memiliki warna kuning yang lebih tua.

Adapun ciri dari burung cici padi merah sebagai berikut :

  • Berukuran kecil dengan panjang tubuh dari ujung paruh hingga ujung ekor berukuran sekitar 11 cm.
  • Mahkota pada burung cici padi merah jantan tidak berbiak, sementara pada burung cici padi merah betina mahkota bergaris hitam banyak.
  • Ekor burung memiliki warna gelap dengan ujungnya yang bewarna kuning tua.
  • Memiliki iris mata bewarna coklat
  • Kaki bewarna coklat muda.
  • Warna alis bewarna kuning tua, serupa dengan warna sisi leher dan tengkuknya.

Burung cici padi merah tergolong burung pemalu yang jarang terlihat kecuali saat musim kawin. Pada musim kawin, burung jantan akan lebih sering keluar untuk memikat burung betina.

Di waktu musim kawin, burung cici padi merah jantan akan memiliki tunggir yang bewarna kecoklatan dengan kepala yang warnanya oranye keemasan. Saat musim kawin, pada burung jantan bulu-bulu diatas kepala akan berdiri atau menjambul saat burung sedang berkicau.

Diluar musim kawin, penampilan antara burung cici padi merah jantan dengan cici padi merah betina memiliki kemiripan. Induk betina, biasanya dapat menghasilkan telur sebanyak 3-4 butir telur.

Burung cici padi merah jantan bersifat polygamous atau dapat kawin dengan beberapa betina dalam satu musim kawin.

Saat bersarang, baik burung jantan maupun betina akan bersama-sama mengumpulkan bahan sarang, yang terdiri dari alang-alang, rerumputan dan bahan lainnya.

Pasangan burung ini akan mencuri jaring laba-laba yang digunakan untuk menyatukan bahan-bahan sarang atau sebagai bahan penjahit agar sarang lebih kuat dan kokoh.

Dibagian atas sarang, sering pula dijahitkan beberapa lembar daun atau rumput untuk menyamarkan keberadaan sarang. Inilah sebabnya burung cici padi merah dikenal sebagai burung penjahit yang pandai.

Secara keseluruhan ada 12 subspecies atau jenis dari burung cici padi merah. Namun di Indonesia hanya terdapat dua jenis yang dapat ditemui yaitu :

  • Cisticola exilis lineocapilla. Jenis cici padi merah ini tersebar di wilayah Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara, Jawa, Bali, hingga wilayah barat laut Australia
  • Cisticola exilis rusticus. Jenis cici padi merah ini tersebar di wilayah Sulawesi, Buru, Pulau Peleng dan wilayah Seram.

Suara kicauan burung cici padi merah antara satu spesies dengan spesies lain memang sulit dibedakan, karena burung ini tergolong jenis burung cisticola.

Pada musim kawin, burung jantan akan mengeluarkan suara kicauan yang mirip dengan suara dengingan serangga dan  diikuti suara lain yang cukup keras.

Sepintas kicauan ini mirip dengan kicauan cici padi merah lainnya, namun yang berbeda adalah tarikan dan juga iramanya.

Selain tersebar merata di wilayah Indonesia, burung mungil dengan penampilan cantik ini juga tersebar di wilayah India, Filiphina, Asia Tenggara (kecuali semenanjung Malaya). Tingkok, Australia hingga Tasmania.

Itulah penjelasan mengenai Ciri dan Karakteristik Burung Cici Padi Merah. Semoga informasi ini dapat membuat anda lebih mengenal burung mungil bernama cici padi merah ini, mulai dari ciri, karakteristik dan bagaimana musim berkembang biaknya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Jenis Jenis Cacing Yang Bisa Digunakan Untuk Pakan Burung

Loading...
Ciri dan Karakteristik Burung Cici Padi Merah | ilmuhewan | 4.5