Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Ciri dan Karakteristik Ayam Kapas

By On Friday, November 24th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri dan Karakteristik Ayam kapas – Ayam merupakan salah satu hewan yang banyak sekali ditemui dalam kehidupan sehari-hari, bahkan ayam juga salah satu hewan yang banyak dipelihara, serta ayam juga sering dikonsumsi oleh orang banyak karena memiliki daging yang nikmat.

Namun, didiunia ini ada banyak sekali ditemui jenis-jenis ayam yang berbeda-beda salah satunya seperti ayam kapas.

Ayam kapas merupakan jenis ayam yang sangat unik karena mempunyai jenis bulu yang halus dan juga putih seperti kapas.

Ayam kapas banyak dijadikan sebagai ayam hias, dikalangan para penggemar jenis ayam kapas sudah diketahui meski ada beberapa orang yang belum mengetaui apa itu ayam kapas.

Selain warna putih pada ayam kapas, terdapat pula ayam kapas yang berwarna cokelat dan hitam  meskipun jarang sekali ditemukan.

Keistimewaan dari ayam kapas ialah bahwa ayam tersebut dapat dikawin silangkan sehingga akan mengahasilkan jenis ayam kapas dengan warna baru.

Ayam kapas pada awalnya berasal dari daratan cina kemudian disebarluaskan oleh seseorang yang bernama marcopolo  hingga ke berbagai Negara di Eropa.

Ayam kapas mempunya jenis folikel bulu yang tidak melekat satu sama lain oleh sebab itulah ayam tersebut Nampak seperti kapas yang halus selembut sutra.

Dibalik keunikannya ayam kapas juga mempunyai beberapa kelebihan yang dapat dilihat dari tampilannya, selain bulunya tidak memiliki folikel, ayam kapas juga mempunyai jari cakar yang berjumlah 5 buah yang berbeda dari jenis ayam lainnya yang biasanya hanya memiliki 4 buah saja.

Selain itu, ada beberapa jenis ayam kapas yang ditemukan memiliki kaki berbulu meskipun ada pula jari kaki yang tidak memiliki bulu.

Selain itu, ada beberapa anggapan orang yang mengatakan bahwa daging ayam kapas mempunyai warna hitam yang dipercaya mampu menghindari penyakit persendian dan lain-lain dan juga daging ayam kapas biasanya banyak dijadikan sebagai sup gingseng yang berkhasiat hanya saja daging ayam ini memiliki harga yang sangat mahal.

Ayam kapas termasuk ayam petelus yang produkstif, dalam setahun biasanya ayam kapas betina akan menghasilkan telur yang lumayan banyak sekiatr 200 butir telur karena itulah ayam kapas sangat cocok dijadikan sebagai ayam kampong petelur karena produksi telur yang lumayar besar selain itu jenis daging dan telurnya pun mirip dengan ayam kampong.

Ada beberapa ciri-ciri dan karakteristik ayam kapas yang perlu diketahui,seperti:

  1. Karena memiliki bentuk yang unik serta warna bulu yang putih, halus dan lembut. Ayam kapas masih snagat cocok dijadikan sebagai ayam hias. Bulu-bulu yang lembut tersebut tumbuh dari ujung kepala dengan jambulnya yang khas sampai keujung pangkal kaki. Selain itu bulu ayam kapas tidak melekat satu sama lain karena tidak mempunyai folikel.
  2. Cari-ciri khusus lainnya dari ayam kapas ini adalah jari-jarinya yang berjumlah 5, bahkan ada pula ayam kapas pada jarinya yang tidak memiliki bulu dan juga bernulu.
  3. Ayam kapas mampu memproduksi telur dalam jumlah besar. Selain itu ayam ini juga tahan terhadap penyakit serta mudah beradaptasi dilingkungan yang baru. Ayam kapas juga memiliki tempramen yang agresif, tidak pemilih dalam hal kawin alami, lincah dan gesit.
  4. Dalam pemberian pakan ayam kapas hanya mengkonsumsi sekitar 80 gram perhari.
  5. Warna ayam kapas ialahputih bersih, namun ada pula ayam kapas dengan warna cokelat dan hitam. Ayam kapas yang berwarna hitam memiliki tulang dan daging berwarna hitam dan biasanya warna lain pada ayam kapas karena hasil dari persilangan.
  6. Ayam kapas memiliki bentuk jengger yang mirip seperti bunga mawar. Bentuk jengger ayam kapas besar dan terdiri atas beberapa baris pial yang bergerigi namun ada pula ayam kapas yang berjambul dibelakang pial.warna jengger ayam kapas ialah berwarna merah aatu biru.

Baca Juga : Cara Ternak Dan Perawatan Ayam Kapas

Loading...
Ciri dan Karakteristik Ayam Kapas | ilmuhewan | 4.5