Ciri dan Karakteristik Ayam Birma

By On Wednesday, April 12th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri dan Karakteristik Ayam Birma  – Pecinta unggas atau peternak ayam, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis Ayam Birma yang menawan ini.

Ayam Birma atau ayam Burma biasana menjadi salah satu jenis ayam yang menjadi jagoan atau diadu dalam perlombaan kekuatan ayam jago.

Banyak orang yang senang memelihara dan membudidayakan Ayam Birma karena keuntungan yang sangat tinggi.

Baca Juga : Beberapa Jenis dan Macam Ayam Birma

Ketika seekor Ayam Birma berhasil memenangkan lomba, maka harganya akan melejit seharga satu unit mobil. Tak heran jika lantas Ayam Birma adalah ayam primadona untuk ukuran ayam petarung atau ayam hias.

Ciri-ciri Ayam Birma

Dilihat dari penampakan secara fisik. Ayam Birma memang terlihat gagah, gesit dan kuat dibanding ayam lokal Indonesia. Untuk mengetahui dan mengenali ciri ciri ayam birma, berikut ini adalah beberapa tanda fisiknya:

Badan kecil

Meski bertubuh kecil, tapi Ayam Birma adalah kecil – kecil cabe rawit alias jagoan. Dengan bobot tubuh antara 2 hingga 2,5 kilo gram saja, mampu mengalahkan ayam lokal jantan dewasa di arena pertarungan.

Agar memperoleh tubuh yang lebih kekar dan besar, para pecinta ternak ayam, biasanya menyilangkan Ayam Birma yang bertubuh kecil dan pendek dengan ayam Bangkok atau ayam lokal. Hasilnya, ayam birma keturunan ini memiliki tubuh kekar, besar dan kuat. Superr…

Bentuk wajah lurus dan garang

Memiliki insting petarung yang kuat. Ayam Birma sangat garang terlihat dari sepintas. Bagian telinga besar dan paruh berukuran kecil tidak sebesar ayam Bangkok. Ada jenggot pada bawah paruh.

Mata tajam, cembung dan melotot

Mata Ayam Birma lebih cembung ke depan, sehingga tampak melotot untuk menakuti musuhnya. Maka dari itu, Ayam Birma terlihat lebih garang dan galak. Bahkan, lebih galak ketimbang ayam aduan lain seperti ayam Thailand atau ayam Saigon.

Tulang kaki berukuran kecil

Seolah tak sebanding dengan kegarangannya, Ayam Birma malah memiliki bentuk kaki yang berukuran kecil dan tipis.

Akan tetapi, tulang kaki yang kecil dan tipis, membuat Ayam Birma terlihat lebih gesit ketika berjalan di sekitar kandang. Untuk menjadikannya ayam aduan, para peternak harus menunggu beberapa waktu agar usia Ayam Birma bertambah hingga 15 bulan dan tulang – tulangnya mengeras.

Bulu berwarna campuran merah, abu abu dan wido

Permukaan tubuh Ayam Birma ditutupi bulu yang tebal dan menjuntai. Bulu Ayam Birma pun lebih banyak dan lebat ketimbang ayam Bangkok.

Jika dilihat lebih teliti, warna Ayam Birma bervariasi. Seperti merah, abu abu dan wido. Sementara, ayam Thailand atau ayam Bangkok berwarna kuning kemerahan, merah kehitaman atau abu-abu campuran merah.

Jengger tebal dan tegak

Jengger Ayam Birma yang asli memiliki bentuk seperti bantam ular atau tanduk ular. Posisinya berdiri tegak di atas kepala. Jika Ayam Birma memiliki ukuran jengger yang kecil, ini menandakan bahwa Ayam Birma tersebut memiliki jiwa petarung yang kuat, gesit dan energik.

Telinga terdapat bercak putih

Satu lagi ciri khas Ayam Birma yang mungkin perlu diketahui. Yaitu, ada tanda putih di sekitar telinga. Ini berarti Ayam Birma masih liar dan belum banyak dibudidayakan.

Jika Anda menjumpai warna putih di sekitar telinga Ayam Birma, maka bisa dikatakan Ayam Birma tersebut tergolong asli dan langka. Harganya pasti bisa fantastis alias selangit karena belum dikawin silang dengan jenis unggas lain.

Demikian info tentang Ayam Birma dan ciri cirinya. Semoga memberikan manfaat ya.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Produksi Ayam Petelur

Loading...
Loading...
Ciri dan Karakteristik Ayam Birma | ilmuhewan | 4.5