Ciri dan Karakteristik Arthropoda

By On Friday, April 7th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri dan Karakteristik Arthropoda – Arthropoda adalah salah satu hewan yang memiliki asal kata dari bahasa Yunani yang berarti sendi (arthros) dan ruas (podos).

Arthropoda adalah salah satu jenis hewan yang spesiesnya paling besar. Mereka menginvasi bumi lebih dari 570 juta tahun lalu dan jumlah mereka sekitar 75 % dari jumlah hewan di dunia.

Arthropoda merupakan spesies terkecil dalam kerajaan hewan dengan ukuran sekitar 1 cm, namun ada juga yang memiliki ukuran sekitar 3.2m.

Ada beberapa hewan arthropoda yang terkenal, di antaranya semut, kepiting, kalajengking, lebah , serangga dan kupu – kupu.

Ciri – ciri arthropoda

Berikut ini beberapa ciri – ciri dari arthropoda :

  1. Memiliki bentuk tubuh yang simetris bilateral dan ukurannya beragam.
  2. Termasuk hewan bertulang belakang atau vertebrata.
  3. Memiliki 3 bagian tubuh utama di antaranya bersegmen atau ruas, eksoskeleton atau rangka luar keras dan ekor.
  4. Tubuhnya terdiri dari kepala atau caput, dada atau toraks dan perut yang bersegmen – segmen atau abdomen.
  5. Tubuh arthropoda sebagian terbungkus oleh kutikula yang berfungsi sebagai kerangka luar arthropoda dan terbuat dari zat kitin dan zat protein.
  6. Mereka memiliki alat pernafasan berupa trakea, inang dan paru – paru atau berbuku yang melalui seluruh permukaan tubuhnya.
  7. Memiliki alat pencernaan Yat sempurna mulai dari dari mulut, kerongkongan, usus dan anus. Pada mulut arthropoda dilengkapi dengan alat mulut sedangkan anusnya ada segmen posterior.
  8. Memiliki sistem ekskresi berupa kelenjar hijau melalui pembuluh malpigih pada usus belakang.
  9. Memiliki sistem saraf berupa alat peraba yang sebagai antena dan tangga tali. Ganglia pada arthropoda memiliki fungsi sebagai pusat pengendalian seluruh kegiatan arthropoda dan refleks.
  10. Memiliki sistem peredaran darah terbuka dan darah tidak mengandung hemoglobin melainkan hemosianin sehingga warna darahnya berwarna biru.

Karakter arthropoda

Berikut ini beberapa karakter dari arthropoda :

  1. Mereka hidup bebas di perairan air tawar, air laut, daratan dan udara. Mereka hidup secara parasit.
  2. Mereka bereproduksi secara seksual dan aseksual. Sistem reproduksinya secara terpisah yang berarti terdapat hewan jantan dan betina.
  3. Arthropodaadalahsalah satu hewan berdarah dingin yang suhu tubuhnya dapat berubah – ubah sesuai dengan lingkungannya.

Klasifikasi arthropoda :

  1. Udang – udnagan (Crustacea). Contohnya lobster (panulirushumarus), udang windu ( panaeus monoton) dan kepiting bakau (scyllacerata).
  2. Hewan berkaki banyak (myriapoda) yang dibagi menjadi 2 sub kelas yaitu :
  • Diplopoda yang sering dikenal dengan sebutan si kaki seribu (milipedes) karena jumlah kaki yang banyak. Contohnya lusin (spiroblussp), polyxenussp. dan sigmoriasp. .
  • Chilopoda yang sering dikenal dengan si kaki seratus (centipedes). Contohnya lipan atau kelabang (scoiopendrasp.) , lithobiusforficatu.
  1. Arachnoideayang terbagi menjadi 3 sub kelas yaitu :
  • Scorpionida merupakan hewan arthropoda darat yang paling tua, contohnya : scorpiosp.
  • Araneida merupakan hewan arthropoda yang mampu membuat jaring atau sarang yang berasal dari benang sutera pada spinneret atau organ ada pada anus yang dimilikinya. Contohnya adalah argyopesp.
  • Acarina merupakan hewan arthropoda yang tidak memiliki segmen dan memiliki ukuran tubuh yang kecil sedangkan cephalothoraks dan abdomennya bersatu. Contohnya caplak (dermacentorsp).
  1. Insecta (serangga)terbagi menjadi 2 sub kelas, di antaranya :
  • Apterygota merupakan kelompok serangga yang tidak memiliki sayap, contohnya kutu buku (lepismasp).
  • Pterygota merupakan kelompok serangga yang memiliki sayap, contohnya belalang (valangasp).

Baca Juga : Pengertian Replecement Stock Pada Ternak

Loading...
Loading...
Ciri dan Karakteristik Arthropoda | ilmuhewan | 4.5