Ciri dan Cara Mengidentifikasi Hewan Landak mini Yang Sedang hamil

By On Wednesday, June 7th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri dan Karakteristik Landak mini Yang hamil – Memelihara seekor hewan peliharaan memang harus serba tahu dan mengenali semua hal yang berkaitan dengan hewan pelihara tersebut secara detail, hal ini akan memudahkan kita ketika memeliharanya.

Salah satu hewan peliharaan tersebut adalah landak mini.

Ketika anda tahu bahwa landak mini yang anda pelihara tersebut telah melakukan perkawinan, maka anda pasti berpikir apakah landak mini tersebut hamil atau tidak.

Guna mengerti kondisi landak mini anda maka anda perlu tahu kondisinya bukan?

Untuk itu simak beberapa penjelasan tentang ciri dan cara mengidentifikasi landak mini yang sedang hamil agar anda tidak kecewa.

Ciri – ciri dari landak mini yang sedang hamil :

  1. Pada umumnya, landak mini akan memiliki berat tubuh yang semakin bertambah dan badannya mulainya mengembang adalah salah satu ciri pertamanya. Namun yang semakin besar adalah perutnya ya, bukan bagian pantat dari si landak.
  2. Ciri selanjutnya adalah bau dari kencing si landak. Ketika landak mini hamil, maka air seni yang dikeluarkan akan memiliki bau yang sangat menyengat atau tajam dibandingkan dengan bau kencing yang biasanya.
  3. Ketika hamil, pada umumnya landak mini ini akan memakan banyak makanan yang mana nafsu makannya makin meningkat, sehingga ketika PUP atau buang air besar ukurannya akan lebih besar dari biasanya. Namun ketika mereka hamil muda sekitar 2 hari – 1 minggu nafsu makan mereka akan menurun, untuk itu perlu anda amati kondisinya.
  4. Aktivitasnya akan semakin menurun. Misalnya mereka yang biasa aktif akan lebih sering tidur atau bermalas – malasan dan akan bangun ketika mereka merasa lapar.
  5. Mereka akan lebih bersikap agresif, galak bahkan mendesis dan meong-klik.
  6. Mereka juga sudah tidak mau di kimpoi lagi oleh landak mini jantan.
  7. Puting susu dari si landak akan membesar seperti akan menyusui di sertai dengan bulu – bulu di sekitar puting yang mulai rontok.
  8. Ketika tidur mereka akan miring atau tengkurap seperti Superman yang mana kakinya keluar dari badan. Namun kabarnya, ciri ini bukanlah tanda bahwa landak mini anda sedang hamil.
  9. Mereka akan mulai menggigit serbuk kayu yang berada di kandang untuk dipindahkan ke ujung atau sudut kandang.

Mengidentifikasi hewan landak mini yang sedang hamil tidak harus menggunakan alat canggih, bisa dengan cara merabanya menggunakan tangan dan membutuhkan kepekaan serta kecermatan dari anda.

Peganglah perut landak mini anda secara perlahan, jika terasa empuk maka memang si landak anda sedang tidak hamil, namun jika terasa keras maka landak tersebut sedang hamil.

Baca Artikel Terkait :

Penyakit ini Sering Menyerang landak mini dan Cara Mengatasinya

Jenis-jenis Makanan Untuk Hewan landak Mini

Cara menjinakkan landak mini yang galak

Cara mengatasi landak mini yang tidak mau makan

Cara Membuat Kandang Landak Mini

Ketika landak mini anda benar hamil, maka anda dapat merawatnya dengan cara :

  1. Buat catatan kapan landak mini anda pisah kawin dan hitung waktu kelahiran selama 40 hari setelah dipisahkan dari indukan jantan. Dengan cara ini maka anda akan tahu kapan persisnya landak akan melahirkan.
  2. Tempatkan landak mini yang hamil pada tempat yang tenang.
  3. Sangat tidak disarankan ketika mereka hamil dimandikan dan dikawinkan secara berulang – ulang bahkan diberikan mainan.
  4. Jangan sering mengganti serbuk karena dapat menjadikan landak mini anda stres, bahkan bisa jadi ketika melahirkan induk tidak akan menyusui anaknya bahkan memakan anaknya.
  5. Berikan porsi lebih tapi memiliki nutrisi yang cukup ya dan mengandung tinggi protein.
  6. Setelah lahir, jangan sering juga mengganti serbuk, cukup membuang bagian yang basah ataupun kotor. Karena dikhawatirkan landak tidak mau lagi menyusui anaknya.
Ciri dan Cara Mengidentifikasi Hewan Landak mini Yang Sedang hamil | ilmuhewan | 4.5