Ciri-Ciri Penipuan Jual Beli Burung Online

By On Sunday, July 9th, 2017 Categories : Info Lainnya

Ciri-Ciri Penipuan Jual Beli Burung Online – Kemudahan dalam bertransaksi jual beli melalui metode online ini telah dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Akan tetapi, sangat disayangkan kadang kemudahan itu justru disalahgunakan sebagai cara untuk menipu pengguna internet dalam hal jual beli serta transaksi menggunakan metode online. Sekarang ini, banyaknya kasus penipuan transaksi jual beli online terutama transaksi jual beli burung di media sosial.

Pengguna internet yang tidak tahu akan ditipu awalnya hanya berasumsi bahwa mereka percaya saja akan penjualan tersebut. Mereka juga menganggap jual beli burung melalui online hampir sama dengan jual beli secara konvensional pada umumnya.

Akan tetapi nyatanya jual beli burung online lebih rentan terkena penipuan jika dibandingkan dengan jual beli pada umumnya.

Hal tersebut dikarenakan penjual dan pembeli yang melakukan transaksi tidak bertemu secara langsung. Jadi, sangat besar kemungkinannya penipuan tersebut terjadi karena tidak adanya pertemuan secara langsung.

Akan tettapi, kepercayaan saja tidak cukup untuk melakukan transaksi jual beli burung secara online. Penjual dan pembeli pastinya perlu membutuhkan orang ketiga sebagai penghubung transaksi mereka.

Sebut saja, RekBer atau rekening bersama. Adanya RekBer ini akan membuat penjual atau pembeli tidak perlu khawatir lagi akan tertipu.

Hal tersebut dikarenakan dana yang ditransfer oleh pembeli akan ditahan dulu sementara oleh pihak daripada RekBer.

Jika penjual tersebut telah mengirim burung yang dipesan dan telah diterima oleh pembeli sesuai dengan pesanan mereka, maka pihak dari RekBer akan mengirimkan dana yang ditahan tersebut langsung kepada pihak penjual.

Jika tidak adanya pihak ketiga seperti ini, patut dicurigakan hal tersebut merupakan salah satu ciri-ciri penipuan jual beli secara online.

Dengan cara yang seperti itu maka tidak akan ada yang dirugikan baik dari penjual maupun pembeli. Yang menjadi masalah adalah pembeli burung tersebut tidak akan merasa puas jika mereka tidak memantau langsung burung yang akan mereka beli.

Terkadang juga, para penjual pandai bersilat lidah serta mengatakan bahwa burung yang mereka jual tersebut dalam keadaan sehat.

Akan tetapi setelah burung tersebut diterima, ternyata burung yang dipesan tidak sesuai dengan keterangan yang disebutkan oleh penjual burung tersebut.

Hal tersebutlah yang membuat pembeli pastinya merasa kecewa dan tidak akan pernah percaya lagi dengan penjual burung online tersebut.

Pembeli pastinya merasa tertipu dikarenakan keterangan dari penjual burung yang tidak sesuai dengan burung aslinya. Nah, untuk menghindari penipuan jual beli burung online, berikut adala beberapa ciri-ciri dan tips untuk menghindari penipuan jual burung online yang pastinya sangat berguna untuk para pencinta burung di seluruh Indonesia.

  1. Perhatikan Iklan dan Pantau Harga Pasaran, Jangan Terburu-buru Mengajukan Penawaran

Jika kalian melihat iklan burung yang dijual dengan yang harga jauh dari pasaran, sebaiknya kalian jangan terburu-buru mengajukan penawaran.

Biasanya, hal itu menjadi salah satu ciri-ciri penipuan jual burung online. Ketika kalian terburu-buru mengajukan penawaran, si penipu penjual online tersebut biasanya akan terus mengejar-ngejar kalian terutama melalui SMS dan juga telepon.

Ada baiknya kalian simpan terlebih dahulu informasi tersebut dan kemudian periksa profil penjualnya. Jikalau kalian pernah merasa melihat gambar atau video burung yang mau dijual, kalian harus meningkatkan kewaspadaan pada kalian.

  1. Penggunaan Foto Daur Ulang Dari Internet

Banyak juga para penjual burung online yang menggunakan foto daur ulang yang sudah ada di intenet dengan alasan burung yang mereka jual belum sempat difoto.

Seperti apapun bentuk alasannya, kalian harus mengecek hal yang penting seperti kondisi burung yang sesuai dengan foto atau keterangan yang disebutkan. Jika kalian menemukan gambar burungnya di internet, hal tersebut berarti pelaku penipuan tersebut hanya mengambil foto dari internet bukan yang bukan merupakan foto asli dari burung peliharaannya.

Loading...
Loading...
Ciri-Ciri Penipuan Jual Beli Burung Online | ilmuhewan | 4.5