Ciri-ciri Kelinci yang Sedang Hamil

By On Friday, May 12th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri-ciri Kelinci yang Sedang Hamil – Kelinci memang merupakan salah satu hewan yang tergolong memiliki tingkat produksi yang cukup tinggi.

Oleh karena itu kelinci sangat prospektif jika diternakkan. Kelinci indukan betina yang sehat mampu melahirkan 5 sampai 15 anak kelinci dalam satu kali kelahiran.

Bukan hanya itu saja, dalam 1 tahun bisa saja terjadi 5 kali kelahiran. Kelinci yang hamil harus segera dipisahkan dari indukan kelinci lainnya. Oleh karena itu, para peternak kelinci harus mengetahui ciri-ciri kelinci yang sedang hamil.

Baca Juga : Cara Membedakan Kelinci Jantan dan Betina

Umumnya kemungkinan kelinci hamil mulai terjadi pada hari ke 7 pasca kawin. Setelah itu, tanda-tanda kehamilan kelinci tersebut dapat terdeteksi setelah memasuki hari ke 14. Kelinci yang sedang hamil biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Suka Menggali Tanah

Salah satu tanda jika kelinci sedang hamil yaitu si kelinci suka menggali tanah jika dilepas di luar kandang. Sedangkan jika di dalam kandang, biasanya kelinci sering merusak kandangnya.

Hal tersebut merupakan salah satu bentuk perilaku alamiah kelinci yang sedang mempersiapkan kelahirannya. Kelinci menggali tanah untuk membuat rumah atau bersarang di bawah tanah untuk melahirkan anak-anaknya.

  1. Nafsu Makan Tinggi

Ciri lainnya yaitu pola makan kelinci yang semakin meningkat. Umumnya kelinci memiliki nafsu makan yang lebih tinggi saat hamil.

Oleh karena itu, kelinci harus diberikan porsi makan yang lebih besar dari biasanya agar perkembangan janin kelinci menjadi lebih sehat.

Jika nafsu makan kelinci tidak diimbangi dengan pemberian makanan yang cukup, maka kelinci akan menjadi stres dan bisa berubah menjadi kanibal atau pemakan sesama.

Jika kelinci sudah berubah menjadi kanibal, dia dapat melukai dirinya sendiri bahkan bisa saja memakan anaknya sendiri.

Selain itu, jika asupan nutrisi pada kelinci yang sedanghamiltidak mencukupi, maka produksi air susu pada kelinci menjadi tidak maksimal.

  1. Berubah Menjadi Galak

Kelinci betina yang sedang hamil biasanya juga ditandai dengan sifatnya yang berubah menjadi lebih galak atau lebih sensitif dari biasanya.

Perubahan karakter kelinci betina yang sedang hamil cenderung lebih agresif dibandingkan dengan kelinci jantan. Jika ciri-ciri ini dialami oleh kelinci betina Anda, segeralah pindahkan atau pisahkan kelinci tersebut dari kelinci jantan.

  1. Perut Buncit

Seperti halnya manusia, kelinci yang sedang hamil juga dapat dideteksi dengan perutnya yang semakin membesar. Jika Anda meraba perut kelinci maka akan terasa lebih buncit saat kehamilannya memasuki 17 hari dan hal tersebut menandakan jika kelinci tersebut sedang mengandung janin.

Setelah kehamilan memasuki hari ke 23 sampai 29, kelinci betina yang sedang hamil biasanya terlihat sering gelisah.

  1. Hidung dan Mulut Semakin Memerah

Selain terlihat sering gelisah, kehamilan kelinci betina yang sudah memasuki hari ke 23 sampai dengan ke 29 juga ditandai dengan mulut dan hidung menjadi lebih merah dari biasanya.

Selain itu, meski terlihat jelas adanya tanda-tanda kehamilan yang dialami oleh kelinci betina, namun terkadang ada kelinci yang sedang hamil palsu. Hal tersebut dapat terlihat saat kehamilan kelinci baru memasuki hari ke 16 sampai hari ke 22.

Kelinci yang mengalami kehamilan palsu disebabkan karena kualitas sperma yang kurang baik dari kelinci jantan atau dapat juga terjadi karena kelinci betina yang tidak subur.Berikut ciri-ciri saat kelinci mengalami kehamilan palsu.

  • Bulunya terlihat rontok
  • Kelinci tersebut sibuk membuat sarang seakan mau melahirkan

Baca Juga : Cara Mengangkat dan Memegang Kelinci

Loading...
Loading...
Ciri-ciri Kelinci yang Sedang Hamil | ilmuhewan | 4.5