Ciri-Ciri Kambing Peranakan Etawa (Pe) Mandul

By On Wednesday, February 8th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri-Ciri Kambing Peranakan Etawa (Pe) Mandul – Ilmuhewan.com – Kambing peranakan etawa merupakan salah satu jenis kambing atau domba ternak yang sangat istimewa.

Ternak kambing peranakan etawa memberikan banyak peluang dan kesempatan untuk mengubah kehidupan menjadi sangat layak.

Hal ini karena hasil ternak kambing peranakan etawa yang memberikan pendapatan cemerlang. Berupa susu peranakan etawa, daging dan kulitnya.

Akan tetapi, mengembangkan atau membudi-dayakan kambing peranakan etawa tidak lah semudah membalik telapak tangan.

Mengingat ternak hasil dari persilangan kambing asal australia dengan indonesia ini tidak mudah, maka dibutuhkan ketelatenan serta kejelian agar bisa memberikan hasil ternak yang berlimpah.

Setidaknya, setiap kambing peranakan etawa adalah jenis yang subur atau bukan tipe kambing peranakan etawa yang mandul.

Lantas, bagaimana cara mengetahui ciri ciri kambing peranakan etawa yang mandul? Agar anda lebih mudah membedakan dan membudi dayakan ternak yang satu ini, mari cek dulu panduan berikut:

Ciri ciri kambing peranakan etawa jantan yang mandul

Kambing peranakan etawa jantan yang mandul tentu saja tidak akan memberikan banyak manfaat terutama dari segi pembudidayaan ternak.

Sayangnya, tidak sedikit peternak kambing peranakan etawa yang tidak tahu cara mengetahui ciri ciri kambing peranakan etawa. Berikut ini cara mengetahuinya:

  1. Kambing peranakan etawa jantan akan mulai memasuki masa subur atau usia produktif sekitar umur 6 sampai 8 bulan.
  2. Pada usia 6 – 8 bulan tersebut, maka kambing peranakan etawa yang jantan memiliki kaki depan berwarna coklat kekuningan atau tampak lebih kusam dari biasanya.
  3. Sebaliknya, jika pada usia 6 hingga 8 bulan, akan tetapi kambing peranakan etawa yang jantan memiliki kaki tampak bersih, bisa jadi kemungkinan besar kambing peranakan etawa jantan tersebut mandul atau majer.

Ciri kambing peranakan etawa mandul

Jadi, apabila seorang peternak mendapai kambing peranakan etawa yang jantan dan sehat sudah birahi. Yaitu ketika giginya mulai rampas satu pada usia 1 hingga 1,5 tahun.

Segera periksa bagian kaki depan kambing peranakan etawa jantan. Jika berwarna coklat kekuningan atau tampak kotor, bisa dipastikan jenis kambing yang diternakkan subur atau tidak majer (mandul).

Ciri ciri kambing peranakan etawa betina yang mandul

Kambing peranakan etawa betina yang subur, akan memberikan banyak anakan yang sehat dan suburpula.

Secara umum, kambing peranakan etawa yang betina akan mulai usia produktif atau birahi pada usia 6 bulan. Jika dilihat sepintas memang agak susah untuk mengetahui apakah kambing peranakan etawa betina tersebut subur atau mandul.

Berikut ini adalah ciri ciri kambing peranakan etawa betina yang mandul:

  1. Kambing peranakan etawa betina yang mandul dapat diprediksi jika sudah memasuki usai di atas 1, 5 tahun atau ketika ada dua gigi yang sudah rampas.
  2. Kambing peranakan etawa betina tersebut juga sudah pernah beranak setidaknya 1 kali.
  3. Apabila kambing peranakan etawa betina sudah pernah beranak, maka bentuk dan ukuran ambingnya akan berbeda atau berubah. Biasanya, ukuran ambing kambing peranakan etawa yang sudah beranak lebih besar daripada kambing peranakan etawa yang masih dara atau calon indukan.

Jadi bisa disimpulkan apabila menjumpai kambing peranakan etawa betina yang sudah tua, gigi rampas lebih dari dua, akan tetapi ukuran ambing masih kecil selayaknya calon indukan. Maka, bisa jadi bahwa kambing peranakan etawa betina tersebut mandul.

Cara agar peternak menghindari kambing peranakan etawa yang mandul:

  1. Peternak kambing peranakan etawa sebaiknya membeli jenis indukan yang subur dari para peternak lain yang sudah memiliki reputasi dan kredibilitas baik.
  2. Datanglah langsung dan memeriksa jenis kambing peranakan etawa yang akan dibeli. Termasuk menanyakan langsung pada peternak tentang usia atau riwayat kambing yang akan dibeli.

Semoga dengan beberapa pengetahuan di atas, banyak orang yang mendapat manfaat dan tidak mudah membeli jenis kambing peranakan etawa yang mandul.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Produksi Susu Kambing Peranakan Etawa

Loading...
Ciri-Ciri Kambing Peranakan Etawa (Pe) Mandul | ilmuhewan | 4.5