Ciri-Ciri Jenis Kelamin Burung Gelatik Jantan dan Betina

By On Sunday, November 6th, 2016 Categories : Burung

Ciri-Ciri Jenis Kelamin Burung Gelatik Jantan dan Betina – Burung gelatik merupakan salah satu burung yang terkenal karena keindahan bulunya dan suara kicauannya yang nyaring seperti jenis burung cucak hijau.

Suara yang dihasilkan oleh burung gelatik yang sangat bervariasi, membuat burung tersebut bagus bila dijadikan masteran burung jenis lainnya.

Habitat asal burung gelatik berbeda-beda, sehingga berpengaruh terhadap makanan yang dikonsumsinya.

jantans

Baca Juga : Mengenal Jenis Jenis Burung Kolibri dan Makananya

Burung Gelatik Wingko habitat aslinya berasal dari area hutan terbuka burung, sehingga mencari makan di hutan yang berupa hewan serangga kecil.

Sedangkan burung gelatik Jawa hidupnya di area pertanian, sehingga makanannya berupa biji bijian.

Pada umumya burung gelatik yang mempunyai suara yang bagus dan nyaring  adalah jenis burung jantan. Sedangkan burung gelatik betina suara kicauannya tidak begitu nyaring.

Baik burung jantan maupun burung betina, keduanya tidak memiliki penis atau tanda-tanda kelamin yang dipunyai, sehingga secara sekilas susah untuk membedakannya.

Para penggemar burung kicauan seharusnya bisa mengetahui perbedaan antara burung gelatik jantan dan betina melalui ciri-ciri yang dipunyainya agar tidak keliru dan bisa mengembangkan biakkannya. Untuk membedakan jenis kelamin dari burung gelatik sebenarnya sangat mudah.

Ciri-ciri jenis kelamin burung gelatik jantan dan betina adalah sebagai berikut :

  1. Lingkar mata

Lingkar mata dari burung gelatik jantan lebih tebal daripada lingkar mata burung gelatik betina.

  1. Warna paruh

Warna paruh antara burung gelatik jantan dan betina juga berbeda. Paruh dari burung gelatik jantan warnanya lebih kearah merah tua.

Sedangkan paruh burung gelatik betina warnanya merah terang. Perbedaan warna paruh ini akan semakin terlihat saat burung gelatik mengalami mutasi warna.

  1. Suaranya

Perbedaan antara burung gelatik Jantan dan betina akan terlihat jelas saat mendengar suara yang dilagukannya.

Burung Gelatik jantan memiliki kicauan yang lebih bervariasi dibandingkan dengan burung gelarik betina yang suaranya monoton.

  1. Warna bulu

Burung gelatik jantan warna bulunya hitam mengkilap. Warna tersebut ada pada bagian tubuh, perut dan pangkal ekor.

Sedangkan burung gelatik betina, warna hitam hanya ada pada bagian bawah paruh tapi tidak begitu mengkilap,  dan bercak hitam pada bagian dada saja tidak sampai ke pangkal ekor.

Baca Juga : 7 Tips Memilih Kenari Ombyokan yang Bisa Jadi Panduan Pecinta Kenari

Ciri-Ciri Jenis Kelamin Burung Gelatik Jantan dan Betina | ilmuhewan | 4.5