Ciri-ciri Ikan Hias Dengan Nilai Harga Yang Tinggi

By On Wednesday, April 26th, 2017 Categories : Perikanan

Ciri-ciri Ikan Hias Harga Mahal – Ikan hias adalah jenis ikan yang tujuannya untuk dipelihara untuk memperindah ruang maupun taman bukan untuk di konsumsi baik yang berhabitat di air tawar maupun air laut.

Sekarang ini banyak orang yang memilih memelihara ikan hias dan di letakkan di dalam akuarium dan di tempatkan di ruang tamu misalnya, namun ikan hias yang mereka pilih bukan asal ikan hias, melainkan ikan hias yang memiliki nilai harga yang tinggi.

Mereka rela mengeluarkan puluhan juta hingga ratusan bahkan lebih demi mendapatkan seekor ikan hias.

Baca Juga : Aneka Jenis Ikan Hias Air tawar

Berikut ini ada beberapa ikan hias yang memiliki nilai harga yang tinggi :

Ikan Arwana platinum

Ikan ini dikabarkan memiliki harga sekitar 5,3 miliar per ekor dan menempati posisi pertama sebagai ikan hias termahal. Karena mahalnya, membuat dalam tubuh ikan Arwana ini di pasang chip identitas guna membedakan dengan Arwana lainnya.

Pada umumnya ikan Arwana platinum ini memiliki warna perak, merah, kuning dan hijau dengan corak warna platinumhasil dari mutasi genetik yang sangat langka.

Ikan air tawar ini dapat di temukan di Amerika Selatan, Afrika,  Asia Tenggara  dan memiliki ukuran tubuh hingga 35 inci yang masa hidupnya hingga 50 tahun.

Kemungkinan besar, pemilik ikan Arwana platinum ini hanya beberapa orang saja, mengingat hara jualnya yang fantastis.

Ikan pol kadotstingray

Ikan mahal selanjutnya adalah ikan pol kadotstingray yang dapat ditemukan di sungai Xingu, Brazil. Mereka termasuk ikan berhabitat air tawar dan hidup di dalam pasir namun sekali kali mereka muncul di permukaan untuk mencari makan.

Ikan yang memiliki harga sekitar 1,3 miliar per ekor ini tampil eksotis dengan warna dasar hitam dan adanya bulatan –bulatan berwarna putih kekuningan.

Ikan peppermintanglfish

Ikan hias ini pertama kali muncul ke pulik adalah tahun 2012 setelah ditemukan Oen para tim ekspedisi Smithsonian Institute. Mereka tinggal di perairan dalam sehingga untuk memperolehnya harus menggunakan alat penyelam.

Ikan peppermintanglfish memiliki corak warna garis merah dan putih ini bisa diperoleh dengan merogoh kocek sekitar 400,8 juta.

Ikan bladefinbasslet

Ikan bladefinbasslet memang berukuran kecil, tapi harga bisa dikatakan mahal yaitu sekitar 133,6 juta per ekornya. Memiliki ukuran tubuh sekitar 1,5 inchi ini ditemukan di perairan dalam Karibia dan untuk menangkapnya membutuhkan alat khusus.

Ikan Golden basslet

Ikan berharga mahal selanjutnya adalah ikan yang hanya dapat ditemukan di perairan atlantik dan Pasifik. Jarang orang bisa menemukannya karena ikan ini termasuk jenis ikan pemalu, sehingga mereka hanya berkeliaran di sekitar karang.

Untuk menangkapnya anda hanya perlu membuat perangkap khusus dan dengan harga sekitar 106,9 juta anda bisa membelinya.

Dari beberapa contoh ikan hias termahal di atas, maka bisa di tentukan ciri dari ikan hias kenapa di jual dengan nilai yang tinggi.

  1. Langka, adalah salah satu ciri ikan hias tersebut mahal, karena untuk mendapatkannya sulit sedangkan permintaan banyak. Hal ini menjadikan harga ikan hias melejit.
  2. Warna, adalah ciri selanjutnya, yang mana karena warna ikan akan semakin elegan dan semakin eksotis apalagi terdapat corak pada sisik ikan hias.
  3. Izin, ada beberapa ikan hias yang harus menggunakan izin dari pemerintah ketika anda memilih untuk memeliharanya. Misalkan ikan clarionangelfish yang berasal dari Meksiko.

Baca Juga : Cara Budidaya dan Ternak Ikan Hias Botia

Loading...
Loading...
Ciri-ciri Ikan Hias Dengan Nilai Harga Yang Tinggi | ilmuhewan | 4.5