Ciri-ciri Hewan Kurban Yang Baik dan Sehat

By On Friday, November 25th, 2016 Categories : Info Lainnya

Ciri-ciri Hewan Kurban Yang Baik dan Sehat – Hewan kurban ternyata memiliki kriteria khusus untuk dikurbankan. Apa saja? Yuk lihat :

  1. Hewan yang diperbolehkan untuk dikurbankan adalah hewan ternak seperti, unta, sapi, kambing, dan domba.
  2. Sudah berumur yang telah ditetapkan oleh syari’at berupa jaza’ah yaitu berusia 6 bulan apabila kurbannya diambil dari domba dan 12 bulan penuh bila kurbannya berupa hewan selain hewan domba. Contohnya hewan unta yang telah berusia 5 tahun penuh, sapi yang teah berusia 2 tahun penuh, dan kambing yang telah berusia 1 tahun penuh.
  3. Tidak cacat untuk mencegah keabsahannya. Jadi, hewan kurban tidak boleh buta sebelah atau pun keduanya, sakit, pincang, dan sangat kurus tapi, kurus yang dimaksud di sini adalah yang tidak mempunyai sumsum tulang belakang.
  4. Hewan yang akan dikurbankan adalah hewan yang pemiliknya sudah ikhlas hewan ternaknya dijadikan kurban. Hewan hasil rampok dan curian tidak diperkenankan untuk dijadikan hewan kurban.
  5. Hewan yang akan dikurbankan adalah hewan yang bebas gadai dan bukan merupakan hewan warisan.
  6. Waktu penyembelihannya harus sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh syariat. Apabila hewan kurban disembelih sebelum atau sesudah waktu yang telah ditentukan oleh syariat dianggap tidak sah kurban sembelihannya.
  7. Hewan kurban harus kuat dan sehat
  8. Hewan kurban harus hewan yang berkualitas
  9. Hewan kurban harus memiliki bulu yang halus, mengkilap,tidak rontok, tidak botak, tidak ada perubahan warna, dan tidak dihinggapi parasit.

Menurut jenisnya, hewan kurban yang dikurbankan adalah unta, sapi, domba, kambing.

Menurut kondisi fisiknya, hewan kurban yang memenuhi syarat untuk dijadikan kurban adalah hewan yang gemuk, banyak daging, bentuk fisik sempurna, bentuknya bagus,, dan harganya mahal.

Sedangkan yang tidak diperbolehkan adalah hewan kurban yang telinga dan ekornya putus atau teliganya sobek, memanjang, atau lebar; pantat dan ambing susunya putus atau sebagian dari keduanya seperti, puting susu putus; gila; ompong; tidak bertanduk; dan tanduknya patah.

Ciri-ciri Hewan Kurban Yang Baik dan Sehat | ilmuhewan | 4.5