Ciri-Ciri Dan Karakteristik Kerbau Surti

By On Saturday, March 25th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri-Ciri Dan Karakteristik Kerbau Surti – Kerbau Surti atau Surati merupakan salah satu kerbau perah  setelah kerbau Jaffarabadi yang sangat dikenal di daerah Gujarat, negara bagian Bombay di antara sungai Mahi dan Sabarmati.

Kerbau Surti dikenal sebagai penghasil susu yang sangat baik. Hasil susu berkisar dari 900 sampai 1.300 kg.

Usia di calving pertama adalah 3,5 sampai 4,25 tahun  dengan masa intercalving dari 13  sampai 16 bulan. Sifat Heritabilitas berkisar antara 0,2- 0,3. Keunikan dari jenis ini adalah jumlah lemak yang sangat tinggi dalam susu yaitu antara 8 % samapai 12 %.

Baca Juga : Pengertian dan Definisi Inseminasi Buatan (IB) Pada Hewan

Kerbau surti berukuran sedang dan mempunyai temperamen yang baik. Terdapat warna putih seperti kerah pada lehernya, warna kerah putih pada leher, sebenarnya merupakan ciri-ciri kerbau pada umumnya yang biasa kita temukan.

Bulu kipas ekor berwarna putih. Kerbau Surti dengan warna putih pada dahi, kaki dan bulu kipas ekor paling disukai. Muka dan moncongnya bersih dengan bentuk lubang hidung yang agak besar, telinga berukuran sedang dengan warna agak kemerah-merahan dibagian sebelah dalamnya.

Ukuran leher cukup panjang dan pipih pada yang betina, tetapi tampak agak tebal pada yang jantan. Tubuh pada ternak betina bagian depan sempit, dan membesar ke arah belakang, mempunyai  bentuk punggung yang lurus dan lebar segaris dengan garis punggungnya.

Ambing berkembang baik dengan Warna kemerah-merahan dan puting berukuran sedang dengan jarak yang cukup lebar, dan bagian vena susu kelihatan menonjol.

panjang badan, tinggi badan dan berat badan yang jantan yaitu 131 cm; 155 cm dan 0,67 ton, sedangkan pada kerbau betina 125 cm, 139 cm; dan 0,55 ton.

Adapun ciri-cirinya yaitu :

  1. Bentuk tubuhnya sedang
  2. Tanduk tidak terlalu panjang agak melengkung kebagian kepala.
  3. Kaki pendek
  4. Ekornya panjang sampai menyentuh tanah karena kakinya pendek. Ukuran ekor tidak jauh berbeda dengan jenis kerbau lain
  5. Mempunyai warna kulit hitam dan agak kecok-coklatan di bagian ekornya serta mempunyai bulu berwarna putih
  6. Mempunyai berat badan rata-rata yaitu ; betina dewasa 400 kg dan jantan dewasa 500 kg
  7. Dan biasanya memproduksi susu sekitar 1.700 liter/laktasi

Baca Juga : Syarat Yang Harus diperhatikan dalam Menyusun Formula Pakan ternak

Ciri-Ciri Dan Karakteristik Kerbau Surti | ilmuhewan | 4.5