Ciri-ciri dan Karakteristik Burung Kenari Cendana

By On Thursday, July 13th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri-ciri dan Karakteristik Burung Kenari Cendana – Nama burung kenari memang sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta burung.

Khususnya mereka yang sudah sering memelihara berbagai jenis burung, baik untuk sekedar hobi maupun untuk ditandingkan kemampuan kicau atau terbangnya. Burung kenari sendiri memiliki banyak jenis, salah satunya adalah kenari cendana.

Meskipun namanya masih tergolong asing jika dibandingkan dengan jenis kenari yang lain, kenari cendana ternyata tetap memiliki banyak penggemar dan laku di pasaran.

Baca Juga : Jenis dan Macam Burung Kenari Gloster

Untuk Anda yang belum mengerti seperti apa burung kenari cendana itu sendiri, di bawah ini akan diuraikan lebih detail mengenai ciri-ciri dan karakteristik dari burung kenari cendana.

Ciri-ciri kenari cendana

  1. Warna bulu burung kenari cendana

Burung kenari cendana mempunyai warna yang tidak begitu jauh berbeda dari jenis burung kenari lainnya. Pada bagian kepala, dada, hingga bagian perut burung ini hampir seluruhnya berwarna merah terang.

Warna merah tersebut tidak selalu sama antara satu burung kenari cendana satu dengan lainnya karena dipengaruhi oleh banyak faktor.

Selain bagian tersebut, bulu kenari cendana di bagian ujung sayapnya berwarna putih susu, dan yang paling indah adalah bagian sayap, punggung dan ekornya yang berwarna ungu kebiruan.

Namun, lagi-lagi, tidak semua burung kenari cendana memiliki warna bulu seperti yang telah disebutkan itu.

  1. Mata burung kenari cendana

Ciri-ciri atau karakteristik yang kedua dari burung kenari cendana adalah warna matanya. Burung kenari cendana memiliki warna yang hitam legam.

Sorot matanya pun sangat tajam dengan penglihatan yang kuat. Burung kenari cendana bisa dengan mudah melihat makanannya dari jauh dengan kemampuan matanya tersebut.

Jika dilihat lebih dekat, mata burung kenari cendana akan mirip dengan warna dan ukuran kedelai hitam.

  1. Bentuk paruh burung kenari cendana

Burung kenari cendana merupakan pemakan biji-bijian, oleh sebab itu burung ini memiliki bentuk paruh yang bulat dan pendek.

Jika banyak jenis burung lainnya memiliki warna paruh standar seperti cokelat muda, maka burung kenari cendana cukup unik karena memiliki warna ungu gelap yang sedikit mendekati ke warna hitam. Paruh ini juga akan berbentuk seperti segitiga jika dilihat dari bagian samping

  1. Pipi dan bentuk kepala burung kenari cendana

Ciri fisik terakhir dari burung kenari cendana dapat Anda lihat pada bagian kepalanya, tepatnya bagian wajah dari burung kenari cendana ini.

Pipi burung kenari cendana berwarna putih susu, akan tetapi memiliki garis-garis berwarna hitam yang berbentuk vertikal.

Garis-garis tersebut juga menjadi ciri yang sangat mudah untuk dikenali. Bahkan, oleh pecinta burung kenari cendana yang masih sangat pemula. Untuk bentuk kepalanya sendiri, burung kenari cendana sama seperti jenis burung kenari yang lainnya.

  1. Ukuran burung kenari cendana

Terakhir, ukuran burung kenari cendana sebenarnya sama dengan burung-burung kecil pada umumnya, yaitu sebesar genggaman pergelangan tangan orang dewasa. Burung ini juga memiliki kicauan yang bagus yang juga menjadi salah satu daya tarik utamanya.

Demikian beberapa ciri-ciri burung kenari cendana yang dapat Anda gunakan untuk memastikan jenis burung kenari yang Anda miliki atau yang akan Anda beli adalah burung kenari cendana.

Harga burung ini termasuk lumayan mahal jika dibandingkan dengan harga burung hias pada umumnya. Namun, kecantikan bulu serta kemampuan berkicaunya akan membuat Anda tidak menyesal telah membelinya. Mungkin itu juga yang menjadi alasan kenapa burung ini diberi nama burung kenari cendana.

Baca Juga : Cara Mengetahui Burung Kenari Betina dan Jantan Siap Kawin

Loading...
Loading...
Ciri-ciri dan Karakteristik Burung Kenari Cendana | ilmuhewan | 4.5