Ciri-ciri dan Fakta Unik Tentang Binatang Bintang Laut

By On Wednesday, January 11th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik, Fakta Unik

Ciri-ciri dan Fakta Unik Tentang Binatang Bintang Laut – Bintang laut mungkin hanya dijumpai di sekitar kawasan pesisir atau pantai.

Akan tetapi, beberapa tahun terakhir, maskot bintang laut semakin terkenal dengan masuknya sebuah tayangan animasi kartun anak-anak yang bercerita tentang hewan laut sponge dan bintang laut.

Dalam kenyataannya, bintang laut memang berbentuk seperti bintang, bahkan dalam bahasa Inggris, bintang laut juga dikenal dengan sebutan Star fish.

Padahal, bintang laut sebenarnya bukan kategori ikan, karena tidak bersisik, bersirip ataupun berinsang.

Baca Juga : Pengertian, Ciri, Klasifikasi dan Peranan Echinodermata (hewan berkulit duri)

Bintang laut malah masuk dalam golongan hewan invertebrate dalam filum Echinodermata serta kelas Asteroida. Bentuk bintang pada tubuhnya sebenarnya merupakan lengan yang berjumlah 5. Lima lengan yang menjulur dan keras ini jika dilihat sepintas mirip dengan ikon bintang.

Berikut ini Ciri-ciri dan Fakta Unik Tentang Binatang Bintang Laut

  • Jika diklasifikasi dalam spesies, bintang laut memiliki 2000 spesies berbeda yang berada di perairan laut dalam. Ada yang berada di kawasan tropis, tetapi ada pula yang ada di perairan dingin.
  • Beberapa bintang laut berciri lima lengan, tetapi ada pula yang lengannya berjumlah lebih dari 5. Tercatat ada bintang laut yang punya 40 lengan, bintang matahari.
  • Berat bintang lima adalah 5 kg dengan panjang 12-24 cm
  • Jika lengan bintang laut ada yang putus, bisa tumbuh lagi seperti semula dalam kurun waktu satu tahun
  • Tekstur bintang laut di bagian atas yang keras terbuat dari bahan kalsium karbonat yang terdapat beberapa duri sebagai sistem pertahanan tubuh.
  • Dalam tubuh bintang laut tidak terdapat darah ataupun otak. Tetapi, menggunakan sistem saringan piring untuk memompa air laut dan menyerap nutrisi yang bisa diedarkan ke seluruh lengan.
  • Sebagai tangan dan kaki, bintang laut menggunakan tabung kaki.
  • Kecepatan bergerak bintang laut bisa mencapai 2 meter per menitnya.
  • Habitat asli bintang laut berada di pasir atau terumbu karang
  • Untuk berkembang biak dan menjaga keberlangsungan hidupnya, bintang laut makan dengan perutnya. Mulut bintang laut berada pada bagian tubuh di tengah (seperti perut), yang bisa membuka dan menutup. Jika bintang laut menemukan mangsa, ia akan memegang mangsa dengan tabung kaki, lalu memasukkan mangsa tersebut ke dalam perutnya.
  • Makanan utama bintang laut adalah kerang atau tiram, selain itu, bintang laut juga memakan satwa laut yang berukuran kecil seperti keong, remis, bulu babi, atau ikan-ikan kecil.
  • Banyak orang yang beranggapan jika bintang laut tidak memiliki mata. Padahal, bintang laut sebenarnya juga memiliki 5 mata yang berada di setiap ujung lengannya. Tergantung berapa banyak jumlah lengan, maka sebanyak itulah jumlah mata yang dimiliki. Bintang laut tidak bisa melihat seperti manusia, ia hanya dapat mengenali antara cahaya terang dan gelap.
  • Bintang laut termasuk dalam golongan hewan yang berumur panjang, bisa hidup sampai 35 tahun. Umur yang panjang ini bisa dimanfaatkan para pecinta seni hiasan akuarium karena bisa menjadikan bintang laut sebagai binatang hias yang bertahan hingga puluhan tahun.

Satu hal yang perlu diingat, lambat laun, bintang laut keberadaan populasinya makin berkurang dan terancam punah.

Jika manusia mengambil dan tidak ada usaha untuk melestarikan, bukan tidak mungkin jika bintang laut kelak hanya ada di dalam gambar. Mari kita jaga kelestarian lingkungan dan bintang laut di alam bebas…

Loading...
Loading...
Ciri-ciri dan Fakta Unik Tentang Binatang Bintang Laut | ilmuhewan | 4.5