Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Ciri-Ciri Burung yang Sedang Sakit

By On Saturday, July 30th, 2016 Categories : Burung

Ciri-Ciri Burung yang Sedang Sakit – Burung tak ayal seperti manusia, dapat merasakan sakit dan menjadi jelek kondisi kesehatannya karena satu dan lain faktor.

Sehingga anda sendiri harus ekstra hati-hati atau sabar dalam merawat burung. Karena jika burung sudah terkena penyakit maka akan sedikit sulit untuk mengobatinya.

Nah, sebelum anda tahu bahwa burung tersebut sakit penting bagi anda pemelihara burung atau pemula yang tidak tahu ciri atau gejala burung ketika sakit.

Untitled

Mungkin anda pikir perilaku burung tersebut wajar namun ternyata burung sedang sakit, atau sebaliknya. Berikut ini beberapa ulasan ciri apa saja yang akan diberikan burung jika sedang sakit.

Baca Juga : Cara Pengendalian Penyakit Burung yang Disebabkan oleh Bakteri, Virus dan Jamur

  1. Warna Kotoran Burung

Hewan apapun akan terdeteksi sakit dari kotoran yang berbeda, termasuk dengan burung. Anda dapat mendeteksi kotoran burung yang tidak normal seperti berubah warna misalnya hitam legam, coklat kekuning-kuningan atau  kuning, kotoran yang terlalu encer, terlalu berair atau terlalu keras.

Hal ini dapat mengindikasi bahwa burung sakit. Terutama burung kadang mengalami sakit langsung di sistem pencernaan, hal ini pasti akan berdampak kepada kotorannya.

  1. Bulu Burung yang Berubah

Kedua adalah deteksi yang berasal dari bulu. Bulu merupakan perlindungan burung dari bahaya udara luar sebelum mengenai kulit, dengan begitu jika burung mengalami sakit maka bulu akan terkena dampaknya terlebih dahulu.

Terasa gatal dan sakit menyebabkan burung merusak bulunya sendiri. Terkadang bulu burung otomatis rontok dan juga rusak atau pecah jika mengalami sakit yang mempengaruhi hormonalnya.

Hal ini tentu akan berkaitan dengan kualitas burung yang tak jarang dipelihara karena keindahan bulunya.

  1. Mata dan jarak pandang

Selanjutnya, burung memang dapat melihat dengan jernih. Walaupun anda tidak bisa mendeteksi secara pasti namun anda dapat melihat dari tingkah atau polah burung tersebut.

burung dengan mata rabun akan merasa terganggu dan membuat tingkahnya menjadi berubah. Misalnya burung sering berputar-putar sendiri, burung berjalan miring, atau burung menggoyang-goyangkan kepalanya karena tidak dapat melihat secara jelas.

  1. Suara Burung atau Kicauan Burung Berubah

Manusia jika sakit maka akan berubah menjadi diam. Begitu juga dengan burung yang sedang sakit, kicauan nya akan berkurang dan lebih banyak diam.

Hal ini mungkin sulit terdeteksi jika burung jarang berkicau, namun akan mudah terlihat bagi burung yang sering berkicau.

Volume suara dan vokalisasi akan berubah juga, suara tidak menjadi lantang dan tidak lama perubahan akan terjadi beberapa hari kedepan.

  1. Sering Mengayunkan Ekor

Jika burung sering mengayunkan ekor dengan waktu yang lama dan berulang-ulang. Hal ini terindikasi mengalami penyakit pernapasan.

Kepakan ekor menandakan bahwa burung merasa sesak. Burung tidak memiliki diafragma yang memisahkan rongga dada dari perut.

Oleh karena itu burung yang kesulitan untuk bernafas akan menggerakan ekor dan juga sayapnya untuk melonggarkan tubuhnya.

  1. Nafsu makan yang berkurang

Terakhir merupakan nafsu makan. Manusia saja sakit akan merasa malas makan dan mendadak tidak nafsu, maka burung pun mengalami hal yang sama.

Sistem metabolisme burung itu sangat tinggi sehingga makanan bernutrisi. Namun jika anda melihat burung memiliki nafsu makan tinggi tetapi berat badan menurun, maka burung anda mengalami cacingan.

Umumnya burung akan mengalami sakit di usus atau di pencernaan jika menyangkut masalah nafsu makan. Segera beli obat atau bersihkan kandang tempat burung tersebut hidup. Hal ini akan membantu burung untuk tidak sakit dan cepat pulih.

Baca Juga : Apa yang Dilakukan Saat Burung Sakit

Loading...
Ciri-Ciri Burung yang Sedang Sakit | ilmuhewan | 4.5