Ciri – ciri benih ikan yang unggul dan berkualitas

By On Friday, July 22nd, 2016 Categories : Perikanan

Ciri – ciri benih ikan yang unggul dan berkualitas – Ikan merupakan salah satu peliharaan yang dipilih masyarakat Indonesia. Untuk itu mungkin anda salah satu yang tertarik untuk memelihara ikan.

Terutama karena ikan sekarang merupakan ladang bisnis yang menjanjikan dan dapat dilakukan dimana saja. Nah, bagi anda yang memilih ikan untuk budidaya maka banyak yang harus dilakukan dan dipersiapkan.

Budidaya ikan tidak bisa dibilang mudah atau juga sulit, semua tergantung persiapan dan perhitungan. Bisa saja justru merugi jika bisnis tidak dimulai dengan baik.

Untitled

Selain persiapan ada yang paling utama yang bisa anda perhatikan, yaitu ciri-ciri benih ikan yang akan menjadi sumber peranakan dan perbanyakan selanjutnya.

Baca Juga : Pengertian Sistem Budidaya Intensif pada Akuakultur Air Tawar

Dengan begitu berikut tips yang mungkin bisa anda dapatkan ketika anda mencari benih ikan yang berkualitas.

Tujuan dipilih benih ikan berkualitas

Apa sebenarnya tujuan benih berkualitas ? benih yang berkualitas sangat penting demi keberlangsungan usaha dan budidaya yang anda lakukan.

Benih berkualitas akan menghasilkan ikan-ikan baru yang berkualitas. Seperti ikan yang kemungkinan dapat dijual, atau dikonsumsi dengan enak. Benih ikan berkualitas bertujuan untuk mendapatkan unggul selanjutnya dan mengurangi kemungkinan hasil ikan selanjutnya tidak sehat atau mendapatkan ikan-ikan dengan kualitas buruk.

  1. Bibit Seragam

Pertumbuhan bibit yang seragam baik ukuran, warna maupun bentuk merupakan ciri atau ciri khas yang bisa dilihat oleh ikan yang unggul atau ikan yang cocok untuk benih berkualitas.

Dengan begitu anda sudah memilih bibit dengan salah satu cirinya. Bibit seragam mungkin akan sulit dilihat ketika anda membeli bibit dalam jumlah besar. Namun, jangan khawatir ukuran, warna merupakan dua jenis yang bisa dilihat dengan mata telanjang.

  1. Performa ikan

Selanjutnya ciri yang bisa anda lihat jika benih tersebut unggul jika ikan memiliki performa yang bagus, seperti aktif dan tidak pasif.

Benih ikan terlihat agresif dan sehat, serta mengisi kolam dengan baik. tidak hanya diam saja. Nah, hal ini bisa menjadi tolak ukur untuk benih ikan untuk budidaya anda selanjutnya. Performa yang baik menandakan benih ikan anda sehat dan tidak terserang penyakit.

  1. Uji Arus Air

Sudah habitatnya ikan tinggal di kolam bukan. Nah, anda dapat menguji benih tersebut baik atau tidak selain dua ciri diatas yaitu dengan arus air.

Ikan yang bagus kualitasnya akan senang berada di arus air dan gesit dalam bergerak. Ada beberapa ikan yang lemas dan justru tidak memiliki tenaga untuk melawan arus air.

Benih ikan akan terbawa begitu saja dengan keadaan yang kurang baik. nah, uji arus air ini setidaknya dapat membantu anda dalam menguji mana benih ikan yang baik.

  1. Tubuh ikan tidak luka atau lecet

Tidak hanya membeli kendaraan benih ikan juga dapat dilihat dari keadaan fisik benih ikan. Ikan yang luka-luka dan lecet sebaiknya jangan dibeli.

Dengan keadaan begitu maka tingkat kematian benih akan terjadi. Hal ini sangat berbahaya dan menyebabkan anda mengalami kerugian jika dibeli.

Tentu saja benih ikan seperti ini tidak akan disebut berkualitas. Untuk itu, ada baiknya cari ikan dengan tubuh yang mulus dan juga warna yang mulurs.

  1. Kelengkapan tubuh

Terakhir merupakan pilihan yang tidak cacat. Nah, tidak cacat disini keadaan semua tubuh ikan lengkap, seperti muka, mata, sirip sempurna, ekor dan lainnya.

Termasuk kelamin baik dari benih ikan laki-laki atau perempuan. Walaupun tidak bisa anda lihat satu persatu, namun umumnya benih berkualitas digolongkan berdasarkan tingkat kecacatan atau sempurnanya ikan. Pilih saja yang berkualitas untuk mengurangi kemungkinan ikan mati.

Baca Juga : Biologi Ikan Gabus

Ciri – ciri benih ikan yang unggul dan berkualitas | ilmuhewan | 4.5