Ciri-ciri Ayam Cemani Asli dan palsu

By On Friday, June 2nd, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri-ciri Ayam Cemani Asli dan palsu – Ayam cemani memang memiliki keunikan tersendiri bagi masyarakat Indonesia.

Bahkan mereka sering menghubung – hubungkan ayam yang serba hitam ini dengan hal – hal mistis. Sehingga banyak orang yang memburunya baik untuk di koleksi atau di jadikan sebagai salah satu syarat ritual.

Mengingat permintaan yang semakin banyak sekarang ini namun pemelihara atau penjual ayam cemani tak begitu banyak menjadikan sebagian masyarakat melakukan kecurangan seperti menjual ayam biasa dengan nama ayam cemani asli.

Bagi anda yang sudah biasa mengenal ayam cemani asli ini memang mudah membedakan mana cemani asli dan palsu.

Baca Artikel Terkait :

Ciri dan Karakteristik Ayam Cemani

Cara Mudah Menghitung FCR Ayam Boiler

Mengenal Jenis Ayam Kedu Beserta Ciri-Cirinya

Jenis-jenis Warna Yang Terdapat Pada Ayam Bangkok

Namun bagi yang baru akan membeli si ayam penuh mitos ini maka anda harus mengetahui ciri ciri dari si ayam cemani asli itu apa saja agar anda tidak tertipu oleh para penjual yang tak bertanggung jawab.

Berikut ini sekilas di bahas tentang penjelasan ciri – ciri dari ayam cemani asli :

  1. Paruh

Ayam cemani memang memiliki warna hitam, termasuk paruhnya. Peru – paruh tersebut memang sudah nampak berwarna hitam sejak mereka masih kecil, namun sayangnya ujung paruh mereka semakin hari akan semakin memudar warnanya karena ujung paruh mereka makin aus akibat sering mematuk makanan secara terus menerus dalam waktu yang lama.

  1. Bulu

Bulu yang di miliki si ayam cemani asli pasti berwarna hitam. Maksud asli di sini adalah mereka kawin antara ayam jantan dan betina asli, bukan persilangan.

Karena ketika si ayam cemani ini dikawinkan secara silang dengan ayam lain maka akan menghasilkan bulu berwarna hitam dengan presentasi warna 95 % saja. Hal ini harusnya bisa terlihat secara jelas oleh anda.

  1. Kulit dan ketiak

Mengingat si ayam cemani ini memiliki warna hitam 100%, maka kulit dan ketiak mereka pastinya juga berwarna hitam. Jadi perhatikan secara seksama apakah warnanya hitam juga.

Namun, jika warna yang dimilikinya tak hitam, maka kemungkinan ayam cemani tersebut adalah ayam cemani palsu.

  1. Dubur

Bukan ayam cemani asli jika dubur yang dimilikinya tidak berwarna hitam legam. Jadi ketika anda memutuskan untuk membeli pastikan juga hingga dubur – duburnya.

Karena bisa jadi ketika anda melihat fisik si ayam tersebut dari luar memiliki warna hitam legam, namun ketika anda cek dubur tak berwarna hitam itu berarti si ayam cemani ini adalah palsu.

  1. Kaki

Memang benar ada sebagian ayam yang memiliki kaki berwarna hitam, namun pada umumnya mereka memiliki warna putih atau kuning misalnya pada ayam kampung.

Namun jangan tertipu dengan warna hitam itu ya. Biasanya kaki si cemani asli ini berwarna hitam tap tidak legam mengingat mereka memiliki sisik sehingga bisa jadi sisik tersebut mengering dan berwarna lebih cerah bahkan putih.

  1. Tenggorokan

Jangan sampai lupa untuk mengecek tenggorokan dari ayam cemani yang akan anda beli, walaupun lidah mereka berwarna abu – abu atau putih, mereka tetap memiliki tenggorokan yang berwarna hitam.

  1. Jengger

Perhatikan jengger ayam cemani ini, mereka juga memiliki warna hitamkan? Tapi sayangnya ketika mereka beranjak dewasa jengger itu mulai terlihat berwarna merah pada bagian bawah.

Berdasarkan ciri – ciri di atas, anda harusnya bisa menentukan mana cemani yang benar – benar asli dan mana cemani yang palsu, dan jangan tertipu hanya karena warna fisik luar si ayam berwarna hitam, maka si ayam tersebut adalah si cemani asli, anda harus melakukan pengecekan secara mendetail agar tidak salah membeli.

Loading...
Loading...
Ciri-ciri Ayam Cemani Asli dan palsu | ilmuhewan | 4.5