Ciri-ciri ayam Bangkok Aduan Yang Baik

By On Wednesday, February 1st, 2017 Categories : Info Lainnya

Ciri-ciri ayam Bangkok Aduan Yang Baik – Banyak para penggemar ayam aduan mencari ayam bangkok aduan yang baik, apalagi nantinya mereka berniat menggunakan ayam bangkok tersebut sebagai ayam aduan, jadi mau tidak mau mereka harus mencari ayam bangkok aduan yang baik. Berikut ini beberapa ciri ayam bangkok aduan yang baik :

  • Kepala

Memilih bentuk kepala dari ayam bangkok sangatlah perlu, apalagi kepala menentukan kecerdasan si ayam nantinya.

Baca Juga : Cara Ternak dan Memperbayak Ayam kalkun

Maka pilihlah ayam berkepala dengan bentuk seperti buah pinang yang mana bentuknya lebih kecil, hal ini menunjukkan bahwa ayam ini adalah ayam yang cerdik jika dibandingkan dengan ayam berkepala besar.

  • Kulit muka

Memilih mencari ayam yang tahan terhadap pukulan bukan sekali pukul atau beberapa kali pukulan langsung ambruk bukan?

Maka pilihlah ayam bangkok yang memiliki muka dengan kulit  muka yang tebal dan berkerut – kerut walaupun ayam bangkok ini memiliki awalan yang kalem.

Janganlah memilih ayam bangkok yang gesit namun memiliki kulit muka yang tipis, karena dikhawatirkan akan ambruk setelah beberapa kali kena pukulan.

  • Leher

Perlu diperhatikan bentuk dari leher sang ayam bangkok. Pilihlah bentuk tulang leher yang lebih kecil, yang mana nantinya ayam akan lebih mudah pergerakannya apalagi di kombinasi dengan kepalanya yang luwes.

Jangan memilih ayam bertulang leher besar, karena nantinya mereka akan bermain secara monoton.

  • Jengger

Perhatikan juga jenggernya, jika jengger memiliki ukuran yang besar itu berarti ayam tersebut akan bergaya kalem saat bertarung, sedangkan ayam yang berjengger kecil menandakan kalau bertarung akan bergaya gesit.

  • Badan

Bentuk badan dari seekor ayam juga menentukan apakah ayam tersebut adalah ayam aduan yang baik atau tidak. Karena jika si ayam memiliki bentuk badan yang kurang dari 45 derajat berati ayam tersebut lebih menyukai main bawah saat bertarung.

Namun, ketika ayam tersebut badannya tegap lebih dari 45 derajat, itu menandakan bahwa ayam lebih suka main atas saat bermain.

  • Tulang dada

Ayam bangkok memiliki 2 tipe tulang dada, yaitu tulang dada panjang dan pendek. Ayam akan memiliki pukulan yang keras, tahan juga terhadap pukulan tapi kurang lihai memukul adalah tanda dari ayam bangkok bertulang dada panjang.

Sedangkan ayam bangkok bertulang dada pendek sangat tidak tahan terhadap pukulan, tapi pukulannya bisa dikatakan baik, kuat dan akurat.

  • Paha

Perhatikan paha ayam pada jarak antara kedua paha dan bentuk paha ayam itu sendiri. Pukulan yang keras ditandai dengan jarak kedua paha sama dengan lebar telapak tangan, jika memiliki jarak yang terlalu sempit maka pukulan tak akan ampuh memukul lawan sedangkan ayam tidak akan memainkan jalu tapi pukulannya cepat adalah ayam yang memiliki jarak Anta paha lebih lebar.

Bentuk kaki yang seperti ayam goreng itu bertanda bahwa pukulannya tirus atau semakin lama akan semakin melemah, beda dengan bentuk kaki seperti belalang yang menandakan bahwa ayam bangkok tersebut memiliki konsentrasi dan kekuatan sehingga pukulannya baik.

  • Ekor

Ciri ayam berkualitas juga dilihat dari panjang pendek ekor si ayam. Ayam akan memiliki gaya bertarung kalem jika memiliki ekor yang panjang, sedangkan ayam yang memiliki ekor pendek menandakan bahwa ayam tersebut pukulannya cepat dan gesit.

Anda bisa menggunakan ciri – ciri di atas untuk menentukan ayam yang mana untuk ayam aduan anda. Namun, saya sarankan untuk mengajak orang yang lebih berpengalaman dalam memilih ayam bangkok aduan ketika membeli apalagi anda pemula, karena bisa jadi anda masih kurang paham dengan bentuk ayam secara spesifik.

Baca Juga : Cara Pembersihan dan Desinfeksi Pada kandang Ayam

Ciri-ciri ayam Bangkok Aduan Yang Baik | ilmuhewan | 4.5