Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Ciri Bakalan Cucak Rowo Ropel Yang Baik Dan Bagus

By On Saturday, May 20th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri Bakalan Cucak Rowo Ropel Yang Baik Dan Bagus – Pernah mendengar lagu cucak rowok yang masih popular hingga sekarang, bukan? Lagu ini sangat hits di eranya.

Yang paling menonjol dari lirik ini adalah cucak rowo yang dikenal dengan suaranya yang merdu. Seperti yang kamu ketahui bahwa burung cucak rowo (cucak rawa) adalah sejenis burung pengicau dari suku Pycnonotidae (sumber Wikipedia).

Burung ini juga memiliki warna kuning jerami pucat di bagian kepala. Bentuk tubuh pun berukuran sedang dengan panjang 28 cm.

Baca Juga : Cara Mudah Mengetahui Jenis Kelamin Cucak Jenggot

Tidak jauh dari namanya yang disebut cucak rawa, burung ini biasanya berlokasi di paya – paya, rawa dan tep hutan. Burung bernama latin Pycononotidae zeylanicus ini merupakan salah satu burung yang sangat banyak dipelihara oleh orang.

Nah, untuk itu bagi kamu yang ingin memelihara burung jenis ini sebaiknya simak beberapa ciri cucak rowo bersuara merdu.

Suara Yang Bervariasi

Hingga sekarang masih banyak orang salah mengira suara cuitan cucak rawa ini lho. Padahal, ada beberapa klasifikasi suara merdu yang dimilikinya. Diantaranya ada ropel, semi ropel, nglagu atau engkel.

Suara yang dimiliki burung indah ini pun juga diklasifikasikan dengan salah. Misalnya saja kalau suara engkel itu adalah semi ropel, atau semi ropel yang dikatakan sebagai engkel.

Cucak Rawa Ropel

Sebelum mengeluarkan isi dompet coba lah cek dan cek calon peliharaan kamu yang akan dibeli. Cucak rawa ropel yang bagus sebenarnya hampir mirip dengan satu pasangan (dua ekor) cucak rawa sekaligus.

Tapi kamu harus tahu bahwa tidak selalu suara ini menandakan dia terdiri dari jantan dan betina lho. Bisa saja para jantan dan para betina meniru dua suara sekaligus, walaupun tidak sebagus dan seasli jantan dan betina.

Lokasi

Lokasi asal burung bersuara merdu ini juga perlu kamu perhatikan lho. Biasanya cucak rowo ropel terdapat di daerah Lampung, Kalimantan serta Medan.

Kerennya cucak rawa asal Sumatra dan Kalimantan mempunyai suara yang khas, besar dan lantang, serta terkadang ropel lho. Beruntung untuk kamu yang dapat memilikinya.

Poster Tubuh

Tubuh yang hampir sempurna sudah tentu menjadi idaman semua orang. Untuk mencari cucak rawa yang berkriteria bagus pun harus kamu jadikan acuan ya.

Semua bentuk tubuhnya pun haruslah serasi, karena itu pertanda bahwa cikal bakal cucak rawa yang jempolan. Contohnya saja bertubuh besar dan memanjang, berleher panjang, kaki hingga ekor pun harus lah terlihat sama. Begitu pula dengan badannya.

Paruh Cucak Rowo

Untuk pemain lama mungkin kritria ini sudah menjadi faktor utama sebelum menjatuhkan pilihan. Paruh adalah salah satu hal utama yang harus kamu perhatikan.

Jika memiliki paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar serta panjang harus ada di burung bersuara merdu ini.

Namun, kamu juga perlu memperhatikan bagian paruh sebelah bawah yang tidak bengkok, serta jangan lupa memilih cucak rawa yang memiliki lubang hidung yang dekat dengan posisi matanya. Jika semua kriteria ini sudah kamu kantongi, maka ciri – ciri tersebut sudah ada pada burung itu.

Aktif dan Lincah

Kamu tidak ingin kan apabila setelah membeli cucak rawa yang akhirnya harus kecewa? Oleh karena itu, kamu harus melihat tampilan fisiknya. Dapat mencengkram tenggeran dengan kuat, sering berkicau, lincah, akftif dan sering makan. Jangan sampai salah satu kriteria ini lepas dari penglihatanmu ya.

Selain aktif dan lincah cucak rawa juga harus memiliki mata yang bulat, jernih dan tajam. Jika kamu mengikuti pertandingan antar burung maka sudah tentu burung kamu adalah idolanya. Tentu tidak lepas dari ciri – ciri yang sudah dijelaskan di atas lho. Lalu sudah siap memboyongnya ke rumah?

Baca Juga : Macam-Macam Burung Cucak Rowo

Loading...
Ciri Bakalan Cucak Rowo Ropel Yang Baik Dan Bagus | ilmuhewan | 4.5