Ciri Anakan Ikan Louhan yang Berkualitas Bagus

By On Saturday, May 6th, 2017 Categories : Perikanan

Ciri Anakan Ikan Louhan yang Berkualitas Bagus – Ikan louhan memang menjadi salah satu jenis ikan yang paling banyak disukai para pecinta ikan hias.

Tak hanya karena motif di bagian tubuhnya yang menarik, adanya benjolan di kepalanya, yang biasa disebut dengan jenong, juga semakin membuat banyak orang ingin memiliki ikan ini untuk dijadikan pengisi akuarium rumah mereka.

Anda yang berminat memelihara ikan louhan juga tak perlu khawatir kesulitan menemukan toko yang menjual ikan hias ini karena ketenarannya membuat hampir semua toko ikan menjual ikan yang terkenal karena jenongnya tersebut.

Baca Juga : Aneka Jenis Ikan Hias Air tawar

Akan tetapi, Anda juga harus waspada karena harganya yang lumayan membuat banyak pedagang yang licik menjual ikan louhan dengan kualitas yang tidak bagus.

Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa ciri-ciri anakan ikan louhan berkualitas yang harus Anda ketahui sebelum membeli ikan tersebut.

Hampir sama seperti memilih jenis binatang yang lain, Anda juga harus memilih ikan louhan yang memiliki fisik sempurna, atau dengan kata lain tidak ada cacat dalam tubuhnya.

Selain itu, ikan louhan juga harus sehat, dan sehat atau tidaknya ikan louhan ditandai dengan tidak adanya jamur atau bercak-bercak putih di sisiknya.

Ada baiknya Anda juga membeli ikan louhan yang bagian tubuhnya terdapat lebih banyak motif mutiara, karena itu merupakan salah satu bagian yang membuat ikan louhan terlihat lebih indah.

Untuk ukuran motif mutiara itu sendiri tidak mempengaruhi kualitas ikan louhan, terlebih pada anakan ikan louhan, motif tersebut bisa saja ikut menjadi besar seiring pertumbuhannya.

Ciri-ciri lainnya dari anakan ikan louhan yang berkualitas yaitu adanya garis marking yang terbentang dari kepala sampai ke pangkal sirip di ekornya.

Anakan ikan louhan yang bagus garis markingnya mempunyai warna yang hitam pekat, dan semakin unik garis marking tersebut maka kualitas ikan louhan juga akan semakin bagus.

Selain garis marking, ciri khas ikan louhan yang lainnya yaitu adanya jenong di kepalanya. Oleh sebab itu, bagi Anda yang tertarik untuk memiliki ikan ini, usahakan untuk membeli anakan ikan louhan yang memiliki jenong besar.

Percuma saja jika Anda membeli ikan louhan yang tidak mempunyai jenong karena justru di situlah letak keunikan dan daya tarik dari ikan tersebut.

Dari segi bentuk tubuhnya sendiri, anakan ikan louhan yang berkualitas biasanya berbentuk bulat, tidak ramping, tetapi tetap panjang, sedangkan di bagian mata, usahakan Anda membeli anakan ikan louhan yang memiliki lingkaran mata berwarna merah karena itu juga menjadi pertanda bahwa ikan louhan tersebut dalam keadaan sehat.

Untuk warna tubuh, semua pecinta ikan hias pasti sudah sangat hafal dengan warna merah pada ikan louhan. Semakin merah warna tubuh ikan louhan, maka semakin banyak pula peminatnya.

Ciri lain yang menandakan ikan louhan berkualitas bagus yaitu dari bentuk siripnya yang tidak menguncup, berdiri tegak, dan mengembang dengan sempurna.

Terakhir, anakan ikan louhan yang bagus dan banyak disukai yaitu ikan louhan yang agresif. Keagresifan itu sendiri ditandai dengan kebiasaannya yang selalu mengikuti pergerakan jari yang disentuhkan ke kaca akuarium.

Jadi, ketika membeli ikan tersebut, Anda bisa mengetesnya dengan menyentuh kaca akuarium dan menggerak-gerakkan jari Anda, jika ikan louhan tersebut mengikuti gerakan jari Anda, tandanya keputusan yang sebaiknya Anda ambil adalah membeli ikan louhan tersebut.

Itulah beberapa ciri-ciri anakan ikan luohan yang berkualitas yang mungkin bisa membantu Anda dalam memilih ikan louhan yang sebaiknya Anda beli.

Baca Juga : Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina

Ciri Anakan Ikan Louhan yang Berkualitas Bagus | ilmuhewan | 4.5