Cara Ternak Kambing Jawa

By On Tuesday, November 15th, 2016 Categories : Ternak Hewan

Cara Budidaya Kambing Jawa – Kambing menjadi hewan yang cukup familir untuk diternakan. Hal tersebut tentunya disebabkan karena tingginya permintaan akan daging Kambing dari berbagai pihak.

Dimana hal tersebut juga disebabkan karena makin banyaknya olahan makanan yang menggunakan daging Kambing sebagai bahan utamanya.

Sehingga budidaya maupun ternak Kambing terutama Kambing Jawa bisa menjadi pilihan bisnis yang bukan hanya menarik namun juga menguntungkan.

ternak-kmbing-jawa

Baca Juga : Hal yang Harus diperhatikan sebelum ternak kambing jawa

Berikut ini akan dijelaskan cara budidaya/ternak Kambing Jawa:

  1. Pilih Jenis Kambing Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memilih jenis Kambing mana yang akan diternakan. Karena ternyata tiap Kambing Jawa memiliki karakteristiknya sendiri tergantung daerahnya.

Sehingga dengan mengetahui tiap karakteristik tersebut anda akan mengetahui Kambing mana yang lebih cocok diternakan di tempat tinggal anda. Dimana Kambing Jawa dibedakan menjadi dua kategori seperti berikut ini:

  • Kambing Kacang

Kambing Kacang adalah jenis Kambing yang asli berasal dari Indonesia. Dimana Kambing jenis ini memiliki ukuran yang kecil, telinga yang lebar dengan leher yang pendek.

Selain itu berat antara Kambing Jantan dan Kambing Betina yaitu antara 20 hingga 25 kg.

  • Kambing Etawa

Untuk Kambing Etawa adalah Kambing hasil pencampuran antara Kambing Kacang yang merupakan kambing asli Indonesia dengan Kambing asli India.

Hal ini membuat Kambing Etawa merupakan Kambing unggulan untuk diternakan. Karena bukan hanya bobot yang lebih besar namun juga dagingnya yang lebih bermutu.

  1. Pilih Bibit Kambing Terbaik

Setelah itu pilihlah bibit Kambing terbaik untuk diternakan. Baik untuk Kambing Jantang maupun Kambing betina. Untuk Kambing Jantang pilihlah kambing dengan bulu yang bersih, tidak cacat dan juga kaki yang lurus.

Sedangkan untuk Kambing Betina pilihlah kambing yang berbulu mengkilap, badan berisi dan memiliki buah susu yang bagus.

  1. Masa Kawin Kambing

Masa kawin Kambing tentunya harus mendapatkan perhatian khusus. Hal tersebut disebabkan karena pada masa inilah perkembang biakan Kambing akan sangat ditentukan.

Dimana ternyata baik Kambing Jantang maupun Kambing Betina akan memperlihatkan masa ketika mereka sudah siap untuk kawin.

Biasanya masa tersebut akan datang ketika Kambing Jantan telah memasuki usia satu tahun sedangkan untuk Kambing Betina antara usia sepuluh hingga dua belas bulan.

Ciri yang paling terlihat untuk Kambing yang siap kawin adalah mereka mulai gelisah dan menurunnya nafsu makan.

Bila ciri-ciri tersebut sudah terlihat ada baiknya untuk memulai perkawinan antara Kambing Jantan dan juga Kambing Betina.

  1. Anak Kambing Perlu Susu Yang Cukup

Setelah perkawinan antara Kambing Jantan dan Kambing Betina tersebut berhasil dan menghasilkan anak Kambing, maka hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah merawatnya.

Hal pertama yang harus mendapatkan fokus adalah Anak Kambing tersebut harus mendapatkan susu yang cukup dari induknya. Hal ini berguna untuk pertumbuhan Anak Kambing nantinya.

  1. Pemberian Makan Untuk Kambing

Dimana makanan untuk Kambing terbagi menjadi dua kategori. Kategori yang pertama adalah makanan hijau. Yaitu makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan ataupun lebih sering disebut alami. Nyatanya makanan hijau terbukti sebagai sumber makanan terbaik untuk Kambing.

Sedangkan kategori yang kedua adalah makanan konsentrat. Yaitu makanan yang diracik sendiri berupa dedak atau bekatul.

  1. Perawatan Terhadap Kandang Kambing

Kandang Kambing juga menjadi hal penting untuk membuat Kambing tidak mengalami stress. Buatlah kandang Kambing yang menghadap ke timur.

Selain itu sediakan atap yang anti panas dan ventilasi yang cukup. Kedua hal tersebut untuk membuat Kambing memiliki nafsu makan yang baik.

Sehingga pertumbuhan Kambing semakin sempurna dan menghasilkan Kambing-Kambing yang berkualitas nantinya.

Baca Juga : Penyakit Berikut Ini Yang Sering Menyerang Kambing Jawa

Cara Ternak Kambing Jawa | ilmuhewan | 4.5