Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Ternak Hewan Angsa Untuk Pemula

By On Tuesday, November 15th, 2016 Categories : Ternak Hewan

Cara Ternak Hewan Angsa – Pada saat ini, konsumsi atas daging semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal tersebut tentunya bisa terjadi bukannya tanpa alasan.

Alasan terbesarnya adalah meningkatnya daya beli orang Indonesia. Tapi bersamaan dengan itu, daging yang seringkali berputar di pasaran hanyalah daging dengan jenis itu-itu saja.

Sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mulai mencari alternatif daging lain untuk dikonsumsi. Diantara alternatif tersebut, munculah daging Angsa yang seakan menjadi primadona.

ternak-angsa

Hal tersebutlah yang membuat banyak orang melirik Hewan Angsa untuk diternakan. Namun nyatanya masih banyak orang yang meragu untuk berternak Angsa karena kesulitannya apalagi bagi pemula.

Namun apabila diketahui trik-triknya dengan benar, memilihara Angsa bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Berikut ini akan dijelaskan cara ternak hewan Angsa untuk pemula:

  1. Pemilihan Bibit Angsa Yang Baik

Seperti sedang berternak hewan-hewan jenis lainnya maka yang pertama kali harus diperhatikan adalah bibit dari hewan tersebut.

Seperti yang diketahui, bibit akan sangat menentukan sekali terhadap kualitas dari hewan ketika tumbuh dewasa nantinya.

Sehingga bijaksanalah ketika memilih bibit. Dimana bibit yang digunakan untuk sekedar hobi dan bibit yang digunakan untuk kepentingan ekonomi tentu memiliki perbedaan mendasar.

Dimana bibit yang digunakan untuk sekedar hobi saja maka akan banyak opsi bibit yang bisa dipilih. Namun lain cerita ketika memilih bibit untuk diternakan.

Pilihlah bibit Angsa yang memang khusus untuk ternakan. Dimana kedepannya Angsa ini akan dicari telur dan dagingnya.

  1. Pembuatan Kandang Yang Baik

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah pembuatan kandang. Dimana pembuatan kandang ini harus diperhatikan demi kenyamanan Angsa nantinya.

Yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kandang Angsa adalah bahwa Angsa tidak terlalu nyaman apabila terus dimasukan dalam kandang.

Yang artinya adalah Angsa masuk ke kandang hanya seperlunya saja. Misal ketika malam hari maupun ketika hujan dan panas.

Selebihnya biarkan Angsa untuk berjalan bebas di sekitar halaman belakang. Hal tersebut dilakukan untuk membuat Angsa agar tidak menjadi stress.

Selain itu biasakan juga memasukan makanan ke dalam kandang Angsa. Hal tersebut untuk melatih Angsa agar tidak mencari ke tempat lain dan bisa memakan benda-benda berbahaya.

  1. Pemberian Makanan

Ketika Angsa telah masuk ke dalam fase pembiakan maka langkah selanjutnya yang harus diperhatikan adalah pemberian makanan.

Fase ini juga harus mendapatkan perhatian demi memenuhi nutrisi dari Angsa yang diternakan. Dimana makanan yang dibutuhkan Angsa juga tidak terlalu rumit.

Mulai dari dedak, sayuran maupun makanan sisa yang baik juga masih disukai Angsa. Yang perlu diperhatikan adalah pemberian makanan yang tidak boleh terlewatkan.

Khusus untuk Angsa yang akan disembelih akan lebih baik untuk memberikan makanan yang lebih intensif. Hal tersebut berguna untuk menambah berat badan dari Angsa tersebut secara signifikan.

  1. Pembiakkan

Biasanya Angsa Jantan akan memilih sendiri Angsa betina yang akan dijadikan pasangannya. Dimana Angsa Jantan mampu mengawini tiga hingga empat ekor Angsa betina. Dengan kenyataan bahwa Angsa betina mampu memproduksi telur hingga 8 sampai 10 tahun kedepan.

  1. Pemeliharaan Telur Hingga Menetas

Apabila ingin terus mengembangbiakan Angsa dengan berkesinambungan maka perhatikannlah cara memelihara telur hingga menetas.

Yang pertama perlu diperhatikan adalah suhu ketika akan mengentaskan telur. Dimana suhu yang paling ideal adalah diantara 7 hingga 13% C dengan kelembapan yang tidak boleh melebihi 70%.

Loading...
Cara Ternak Hewan Angsa Untuk Pemula | ilmuhewan | 4.5