Cara Ternak Hamster yang Baik

By On Friday, November 18th, 2016 Categories : Info Lainnya

Cara Ternak Hamster yang Baik – Hamster termasuk salah satu jenis hewan yang berukuran sangat kecil atau mungil yang tergolong lucu serta banyak disukai oleh sebagian orang.

Meskipun bentuknya yang kecil, hewan ini dibandrol dengan harga yang mahal terutama untuk jenis – jenis tertentu dan hamster yang mudah untuk dijinakkan.

Terlebih lagi yang sangat menyukai hewan lucu ini adalah kalangan pelajar dan juga anak – anak yang masih kecil.

cara-ternak-hamster

Sehingga jika ingin beternak hamster maka akan memberikan keuntungan yang lumayan besar, karena untuk perawatannya pun cukup mudah dan murah.

  1. Jenis Hamster

Pemilihan corak hamster perlu dilakukan karena hamster memiliki jenis yang beragam beserta cirinya yang berbeda pula.

Bagi yang tergolong baru dalam beternak hamster, sangat disarankan untuk memilih hamster jenis campbel. Hamster jenis campbel ini harganya tergolong murah juga untuk perawatannya pun sangat mudah dilakukan.

Selain itu hamster jenis ini terkenal dengan hamster yang galak. Hamster jenis winter white dan juga pearl juga bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan yang selanjutnya.

Jenis hamster yang kedua ini adalah hamster yang jinak dan juga untuk harganya tidaklah terlalu mahal.

Kandang

Jika memiliki biaya atau dana yang sangat minim untuk kandang hamster, maka dapat digantikan dengan kotak bekas es krim atau sejenisnya seperti akuarium yang sudah tidak digunakan lagi.

Akan tetapi jika memiliki budget yang yang cukup, untuk pengadaan kandang hamster ini bisa dibeli di toko – toko yang menyediakan perlengkapan hewan.

Makanan

Jenis makanan juga perlu diperhatikan jika ingin beternak hamster. Hamster termasuk jenis hewan yang memakan biji-bijian. Untuk biji – bijian ini bisa didapatkan di toko – toko yang menyediakan makanan khusus hewan.

Makanan khusus untuk hamster ini juga banyak variasinya, seperti jagung, kuaci, toge ataupun beberapa jenis biji – bijian lainnya.

Hanya saja untuk dosis pemberiannya juga perlu untuk diperhatikan, karena akan memberikan dampak terhadap kesehatan hamster.

Sebagai contoh, toge termasuk jenis makanan yang sangat bagus untuk kesuburan induk hamster. Akan tetapi dengan terlalu banyaknya mengonsumsi toge ini maka akan berdampak terhadap bulu hamster yang menjadi basah sehingga dapat menjadi sarang penyakit.

Perkawinan

Hewan yang gemar berpoligami salah satunya adalah hamster. Peternak hamster dapat mengawinkan satu indukan dengan beberapa induk betina lainnya.

Akan tetapi sebaiknya kandang untuk masing – masing induk yang betina dipisahkan agar tidak terjadi perkelahian.

Jika terdapat salah satu induk betina yang telah hamil, maka induk jantannya dapat dipindahkan kedalam kandang hamster betina yang lain.

Pemeliharaan setelah kehamilan

Hamster yang sedang dalam keadaan hamil, ciri – ciri nya dapat dilihat dari bentuk perutnya yang sedikit tampak membulat dan tingkahnya yang sangat agresif.

Jika sudah terlihat ciri – ciri seperti ini, maka akan lebih baik secepatnya induk jantan dipisahkan dan biarkan induk betina dalam keadaan sendirian.

Hamster betina dapat melahirkan lebih kurang sekitar 8 ekor bayi hamster. Di saat anak hamster lahir, maka selalu sediakan makanan dan minuman yang cukup untuk induk hamster dan juga usahakan posisi kandang berada jauh dari keramaian.

Karena jika makanan untuk induk hamster telah habis, maka induk hamster nantinya tidak akan segan untuk memakan anaknya sendiri.

Yang perlu diingat, jangan pernah memindahkan dan membersihkan kandang bayi hamster selama bayi hamster tersebut berusia kurang lebih satu bulan, hal ini bertujuan  agar induk hamster senantiasa selalu merawat bayi – bayinya.

Cara Ternak Hamster yang Baik | ilmuhewan | 4.5