Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Ternak Dan Perawatan Ayam Kapas

By On Thursday, November 23rd, 2017 Categories : Ternak Hewan

Cara Ternak Dan Perawatan Ayam Kapas – Ayam kapas merupakan salah satu ayam unik yang memiliki bulu yang halus seperti kapaselain tampilahnnya yang sangat cocok dijadikan ayam hias, namun ayam kapas juga salah satu ayam petelur dan memiliki daging yang empuk dan juga enak.

Ayam kapas mampu menghasilkan telur dalam jumlah banyak. Oleh sebab itu ayam ini sangat cocok dibudidayakan.

Untuk menghasilkan ayam kapas kualitas unggul, maka para peternak wajib mengetahui atat cara dalam menernak ayam kapas, terutama bagi peternak pemula yang ingin menbudidayakan ayam kapas dalam kurun waktu yang lama.

Baca Juga : Ciri dan Karakteristik Ayam Yellow Pheasant

Dalam hal perawatan sebenarnya ayam kapas, hampir sama dengan jenis ayam lainnya bias dengan diumbar atau didalam kandang. Hanya saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan karena ayam kapas sangat terkenal dengan bulunya yang halus.

Berikut adalah beberapa tips ternak ayam kapas untuk pemula:

  1. Kandang

Sebelum memutuskan untuk menernak ayam kapas, sebaiknya membuat kandang sebagai tempat tinggal ayam. Kandang bisa dibuat dengan menggunakan material bamboo ataupun kayu.

Membuat kandanga yang luas juga sangat dianjurkan agar ayam kapas dapat bergerak dengan bebas.

Pastikan kandang menghadap kearah terbitnya matahrai agar sinarnya langsung mengenai kandang dan kandang juga harus cukup mendapatkan sinar matahari

  1. Kebersihan kandang

Yang harus diperhatikan jika ingin ayam kapas selalu sehat ialah kebersihan dari kandangnya. Bersihkan kandanga ayam secara berkala agar tidak ada hama yang biasa menyerang ayam dan ayam pun dapat terhindar dari penyakit.

  1. Pemberian pakan

Tidak ada yang istimewa dalam hal pemberian pakan ayam kapas, makanan pun hamper sama dengan jenis ayam negeri lainnya. Seperti nasi, jagung, gabah, kedelai dan dedak. Untuk ayam kapas yang masih anakan cukup berikan voer yang akan membantu pertumbuhan ayam.

  1. Pakan anak ayam kapas

Untuk merawat ayam kapas yang masih kecil perlu sekali diberikan lampu pijar didalam kandang ayam, agar anak ayam tersebut  mendapatkan kehangatan, karena pada usia kecil anakan ayam sangat mudah sekali terkena penyakit.

Catatan penting untuk pelaku ayam kapas ialah harus memperhatiakan kebersihan kandanga, karena ayam kapas sangat terkenal dengan bulunya yang halus maka kebersihan kandanga harus benar-benar diperhatikan selain itu kandanga yang bersih akan membuat ayam kapas tumbuh dan berkembang dengan baik.

Jika salah satu ayam kapas mulai terkena penyakit, segeralah periksa kemudian sterilkan kandang supaya penyakit tersebut tidak menyebar keayam lainnya, kemudian pisahkan ayam-ayam yang terkena penyakit dari ayam yang sehat.

Untuk para pemula dalam memelihara ayam kapas, sebaiknya jangan dilakukan dengan jumlah ayam yang banyak, cobalah dengan menernak ayam kapas dalam jumlah kecil. Supaya ketika terjadi hal yang tidak diinginkandapat menekan biaya kerugian.

Hal lain yang harus diperhatikan dalam memelihara ayam kapas ialah :

  • Memilih bibit

Pilihkan bibit ayam kapas kualitas unggulan, perhatikan juga kesehatannya. Karena ayam yang sehat akan menghasilkan telur yang bagus kemudian menetas menjadi ayam yang sehat.

  • Memilih pakan

Meskipun makanan ayam kapas sama dengan ayam lainnya, namun perlu diperhatikan makanannya. Jangan berikan pakan ayam dengan kondisi yang buruk karena akan mempengaruhi kesehatan ayam.

  • Vitamin

Sah-sah saja jika ingin diberikan vitamin, namun harus vitamin ayam yang cocok diberikan. Jika ayam mengalami gejala yang aneh ketika diberikan vitamin hentikan pemakain sementara.

Baca Juga : Ciri dan Syarat Ayam menjadi Petarung Hebat

Loading...
Loading...
Cara Ternak Dan Perawatan Ayam Kapas | ilmuhewan | 4.5