Cara Ternak dan Merawat Tupai

By On Wednesday, November 22nd, 2017 Categories : Ternak Hewan

Cara Ternak dan Merawat Tupai – Tupai atau bajing ialah hewat pengerat yang mudah sekali ditemui, tupai banyak menghabiskan waktunya diatas pohon dan jarang sekali turun ke tanah.

Di indonesia sendiri banyak sekali jenis-jenis tupai seperti tupai kelapa dan tupai terbang yang masing-masing memiliki perbedaan.

Tupai terbang ialah salah satu jenis tupai yang aktif pada siang hari sedangkan tupai terbang ialah tupaii yang biasanya atif pada malam hari.

Tupai sendiri ialah alah atu hewan yang manis dan menggemaskan, serta dalam pemeliharaannya perlu perhatian khusus.

Baca Juga : Ciri dan Karakteristik Hewan Sugar Glider

Bagian yang ingin memeliara tupai sebaikanya lakukan beberapa tips berikut, agar tupai menjadi sehat, aktif dan tidak mudah sakit seperti :

  • Memilih jenis tupai

Jika ingin memelihara tupai sebaiknya perhatikan jenis tupai yang akan dirawat. Tupai yang bagus untuk dipelihara ialah tupai kelapa yang biasa aktif pada siang hari, sehingga tupai tersebut dapat beradaptasi dilingkungan sekitar.

Selain itu untuk membeli tupai jenis inipilihlah tupai yang masih muda jika nanti sudah dewasa sudah jinas dan dapat menuruti perintah majikannya.

  • Memilih kandang

Jika telah mendapatkan tupai yang akan dipelihara sebaiknya perhatikan pula tempat tinggal tupai tersebut.  Seperti kandang, pilihlah kandang dengan ukuiran yang luas agar tupai dapat bergerak dengan bebas.

Pilihlah kandang yang terbuat dari besi karena tupai meriupakan jenis hewan pengerat. Pemilihan kandang besi agar tidak mudah dirusak oleh tupai tersebut.

  • Aksesoris tupai

Tidak hanya manusia saja yang bisa memakai aksesoris, namun hal itu berlaku untuk tupai. Namun bukan aksesoris seperti kalung, topi atau semacamnya.

Aksesoris yang dimaksud ialah ranting pohon atau kayu yang diletakan diadalam kandang tupai sebagai media untuk bermain tupai dalam melatih motoriknya, serta dapat juga meletakan kardus atrau kayu yang dibentuk sebegai tempat tidur tupai.

  • Makanan

Perhatikan pula makanan tupai, karena tupai salah satu hewan yang mudah dirawat maa dalam hal pemberian makanan pun tidak terlalu susah. Berikan tupai makanan seperti buah-buahan yang diletakan dikandangnya karena tupai tidak perlu disuapi.

  • Air untuk tupai

Tidak hanya makanan saja, namun juga perhatikan minuman tupai. Berilah minuman dengan air bersih yang diganti secara berkala, agar tupai tersebut selalu sehat dan segar.

  • Kebersihan kandang

Kandang tupai juga perlu diperhatikan, jika sekirtanya sudah kotor maka bersihkan kandang tersebut dari kotaran agar tupai tidak mudah terserang penyakit.

  • Mengajak tupai bermain

Hal lain yang sangat penting ialah mengajak tupai bermain, agar tupai tupai dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitar da dapat mengenal orang.

Hal tersebut dimaksudkan supaya tupai tidak menjadi garesif jika bertemu dengan orang yang tidak dikenal. Untuk tupai yang sudah jinak biasanya akan mau diajak bermain oleh orang lain selain majikannya.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan dalam hal perawatan tupai, ceklah kondisi tupai jika terserang penyakit,, selain itu jangan biarkan tupai terlalu lama dikandang.

Mengajanya bermain dapat membuat tupai menjadi sehat keran langsung terkena paparan sinar matahari yang baik untuk kesehatan tupai itu sendiri.

Jika tupai mengalami sakit maka segeralah periksakan kerumah sakit hewan, berikan vaksin agar tidak mudah terserang penyakit menular.

Selain itu jangan pernah menyiksa tupai jika tidak ingin makan atau tidak lincah. Karena hewan juga perlu perhatian supaya hidupnya tidakterlalu depresi.

Baca Juga : Hewan Paling Malas di Dunia

Loading...
Loading...
Cara Ternak dan Merawat Tupai | ilmuhewan | 4.5