Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Ternak dan Merawat Burung Sikatan Jawa

By On Friday, November 10th, 2017 Categories : Burung

Cara Ternak dan Merawat Burung Sikatan Jawa – Burung sikatan jawa merupakan salah satu burung yang tersebar di kepulauan jawa pada area dekat sungai, rawa atau perkebunan.

Burung sikatan jawa dikenal juga  dengan nama burung kapasan. Ciri utama dari burung sikatan jawa adalah ekor burungnya yang menyerupai kapas saat sedang berkicau, bulu hitam pada bagian dada dan memiliki alis yang bewarna putih.

Saat ini sudah tak sedikit yang mencoba untuk membudidayakan burung ini, baik untuk digunakan sebagai burung masteran atau sekedar sebagai burung rumahan.

Lalu bagaimana sebenarnya cara merawat dan cara ternak dari burung sikatan jawa ini? Berikut kami berikan uraian lebih jelas bagaimana Cara Ternak dan Merawat Burung Sikatan Jawa.

Baca Juga : Jenis-jenis Burung Tledekan

Sebelum mengetahui cara merawat burung sikatan Jawa ada baiknya kita mengetahui jenis kelaminnya dulu.

Sebagian orang merasa membedakan kelamin dari burung ini cukup sulit, karena perbedaan bulu dari jantan dan betina tidak cukup mencolok. Untuk burung sikatan jawa jantan warna bulunyadi dominasi oleh warna hitam pekat.

Sementara pada sikatan jawa betina bulunya cenderung bewarna hitam kusam dan agak kecoklatan.

Cara perawatan burung Sikatan Jawa bisa dibilang gampang-gampang susah. Perawatannya hampir sama dengan burung lain, hanya saja untuk burung Sikatan Jawa perlu mementingkan waktu jemurnya, untuk lebih jelasnya, berikut Perawatan Burung Sikatan Jawa yang perlu diperhatikan :

  1. Lakukan penjemuran selama dua hari sekali pada jam enam pagi sampai tujuh pagi. Hindari menjemur terlalu lama, karena habitat dari burung Sikatan Jawa adalah daerah sejuk dan teduh sehingga burung ini tidak terlalu tahan panas.
  2. Setelah dijemur, mandikan burung dengan cara semprot menggunakan spray, lalu jemur burung kembali sekitar setengah jam agar bulunya cepat kering.
  3. Saat sore, mandikan burung lagi dengan menyemprotnya dengan spray. Cukup basahi bulunya saja. Lakukan sekitar pukul setengah empat sore.
  4. Anda bisa juga menaruh wadah air yang cukup besar agar burung bisa mandi sendiri didalamnya.
  5. Bersihkan kandang burung setiap hari, termasuk membersihkan kotoran burung, mengganti air dan memastikan tempat makan selalu bersih
  6. Berikan pakan tempat waktu dan tempat minum dalam sangkarnya
  7. Usahakan memberi burung air minum yang telah dimasak atau bisa juga air mineral. Berikan 3-4 tetes vitamin pada air minumnya seminggu sekali, agar burung Sikatan Jawa tetap vit.
  8. Pastikan tempat tinggal burung berada di lingkungan yang sunyi, nyaman dan sejuk mengingat tempat asal burung Sikatan Jawa adalah tempt yang sunyi sejuk seperti area dekat sungai dan perkebunan.

Untuk jenis pakan yang dapat diberikan pada burung Sikatan Jawa adalah ulat kandang dan serangga, bisa juga memberikan pakan tambahan seperti voer.

Jika anda ingin burung Sikatan Jawa lebih gacor, maka pada masa pelatihannya anda bisa memberikan makanan tambahan berupa ulat hongkong, kroto dan jangkrik. Makanan ini dipercaya bisa membuat burung Sikatan Jawa lebih bersuara merdu dan pastinya akan memilki harga jual yang lebih tinggi.

Hal yang perlu diperhatikan adalah faktor usia burung juga memengaruhi intensitas kicauan burung, Semakin dewasa burung, burung akan semakin rajin berkicau atau gacor.

Demikian pembahasan mengenai Cara Ternak dan Merawat Burung Sikatan Jawa. Semoga informasi ini dapat memberikan pandangan bagi anda yang ingin memelihara burung Sikatan Jawa. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Ciri dan Karakteristik Burung Sikatan Emas

Loading...
Cara Ternak dan Merawat Burung Sikatan Jawa | ilmuhewan | 4.5