Cara Ternak dan Merawat Burung Kolibri Untuk Pemula

By On Friday, June 9th, 2017 Categories : Ternak Hewan

Cara Ternak dan Merawat Burung Kolibri – Bagi kamu yang hidup di tahun 1990 an pasti kenal dengan kartun yang suka mematuk – matuk pohon.

Ya, woody woodpecker. Itu kartun yang hingga sekarang masih bagus ditonton bersama keluarga. Kebiasaan nakalnya yang kadang membuat teman sekitarnya harus berkelahi hanya karena dia.

Kamu yang seorang pecinta burung pasti akan langsung jatuh cinta ketika melihat si kecil berparuh panjang ini. Tapi ingat jangan asal – asal mengadopsinya ya.

Kamu juga harus mengetahui cara merawatnya. Apalagi bagi kamu yang ingin membuka usaha ternak burung jenis ini. Tanpa pikir panjang lagi yuk ikuti langkah – langkah berikut ini.

Bibit Terpecaya

Jenis burung indah ini ada beberapa macam di Indonesia lho. Diantaranya kolibri ninja, kolibri gunung, kolibri jawa, kolibri sepah raja, kolibri hitam, kolibri tasik, kolibri kelapa dan kolibri wulung.

Untuk memilihnya pun kamu harus mengetahui bibit terpecaya agar setelah memboyongnya ke rumah penyesalan tidak akan mengikuti kamu.

Oleh karena itu kamu harus memilih atau mencari burung kolibri yang bebas dari cacat dan bentuk tubuh yang bagus.

Cari lah burung kolibri baik jantan maupun betina yang memang berbulu cerah dan halus. Bermata cerah dan sangat gesit. Ini menandakan bahwa kolibri tersebut adalah bibit yang bagus untuk dijadikan induk.

Tidak  hanya itu tampilan tubuh juga berisi dan tidak terlalu kecil.

Untuk burung jantan coba lah cari yang memiliki ekor yang rapat ke tengah, bukan malah berpencar – pencar lho.

Tapi jika kamu ingin memelihara burung kolibri dengan jenis kelamin betina, maka jenis kolibri ninja adalah yang terbaik karena jika dibandingkan dengan jenis kolibri lainnya, kolibri ninja lebih mempesona dan lebih menggoda lho.

Ini akan mempermudah kamu untuk mengembangbiakkannya di kemudian hari karena si jantan langsung tertarik ketika melihatnya.

Umur

Usahakan untuk mencari burung kolibri yang sudah berumur matang ya. Untuk jantan carilah yang berumur 2 tahun karena pada saat itu lah si jantan sudah siap untuk berkembangbiak.

Jangan samakan usia si betina dan si jantan ketika melakukan proses perkawinan, karena si betina harus lebih muda jika dibandingkan dengan jantan. Usia yang matang untuk si betina adalah 1,5 tahun.

Sarang Burung Kolibri

Mengawinkan kedua jenis burung kolibri ini sebaiknya berada di dalam sarang. Jika kamu mengembangbiakkannya di luar sarang maka besar kemungkinan usaha tersebut tidak berhasil, karena ketenangan serta ‘perusuh’ tidak akan ditemukan.

Buatlah kandang ternak dengan menggunakan kawat ram berukuran 1 m x 2 m. Usahakan menempatkannya di dalam ruangan yang mempunyai sirkulasi udara yang bagus dan sinar pencahayaan dari matahari yang optimal. Contohnya saja gudang atau tempat yang jarang dilalui oleh orang – orang.

Buatlah sarang burung dari serabut kulit kelapa dan kapas secukupnya. Tapi jika kamu agak kesulitan menemukan serabut kelapa, maka rambut jagung yang sudah kering juga bisa jadi alternatif lainnya. Bahkan serat nanas juga bisa lho. Kamu bisa menemukannya di toko – toko burung.

Kemudian sediakan daun mangga agar sarang burung bisa lebih nyaman dan kuat ketika ditopang. Kamu juga bisa menggantungkan daun mangga yang ujungnya sudah kering ke ranting pohon yang berada di dalam kandang menggunakan serabut sumbu kompor. Ingat, tempelkan kapas – kapas yang sudah dilumuri kuning telur. Maka burung kolibri jantan akan segera datang dan membuat sarang.

Perawatan

Setelah memberikan sarang yang nyaman kamu tidak bisa langsung lepas tangan begitu saja lho. Pemberian makan juga harus jadi poin utama agar kolibri bisa berkembangbiak secara baik. Berilah pakan seperti air gula, susu, air putih matang dan kroto pada cepuk.

Gantilah air dan pakan pada malam hari agar tidak mengganggu perkawinannya, karena di saat malam hari itu lah kolibri tengah tertidur lelap.

Lalu setelah pemberian pakan secara rutin kamu bisa melihatnya kapan saja? Tentu itu akan membuatnya terganggu dan mudah stress lho.

Usahakan buat tempat khusus agar dapat dengan mudah kamu mengamatinya tanpa harus membuatnya kaget dan membuatnya stress. Kaca satu arah juga bisa jadi cara alternatif lho supaya tidak terlihat secara langsung.

Mudah, bukan?

Cara Ternak dan Merawat Burung Kolibri Untuk Pemula | ilmuhewan | 4.5