Cara Ternak dan Merawat Burung Kacer Mbagong

By On Monday, July 31st, 2017 Categories : Burung

Cara Ternak dan Merawat Burung Kacer Mbagong – Sebelum kita mengambil keputusan untuk berternak serta merawat burung kacer mbagong adalah dengan cara mengetahui dulu apa penyebabnya, barulah kita bisa menerapkan solusi yang tepat agar kita tidak salah melakukan perawatan.

Banyak penyebabnya burung kacer mbagong diantaranya disebabkan karena kondisi mental dari burung itu sendiri, kemudian karena perawatannya yang tidak benar atau tidak teratur, hingga pemberian pakan yang juga slah atau tiak teratur.

Hal-hal seperti itulah yang menyebabkan maslah ini muncul.

Kondisi mental burung yang tidak stabil ini juga dapat disebabkan karena pemberian pakan serta nutrisi yang tidak teratur, faktor tersebut yang menyebabkan burung menjadi lesu dan malas untuk berkicau.

Baca Juga :

Ciri Dan Karakteristik Burung Kacer

Cara Membedakan Burung Kacer Betina dengan Jantan

Cara Ternak dan Perawatan Burung Kacer

Daftar Harga Burung Kacer  Terbaru

Jenis-jenis burung kacer

Perawatan harian yang tidak teratur juga dapat menjadikan faktor burung mbagong dan tidak bersemangat dalam berbagai hal.

Untuk itu yang harus dilakukan adalah kembalikan siklus perawatan seperti semula sat anda merawat burung. Agar burung anda kembali sehat.

Pemberian pakan yang sebelumnya sudah dijelaskan, jika memberikan secara tidak teratur maka bisa juga berakibat kepada kondisi burung tersebut.

Jika dirasa ada yang salah dengan pola pemberian pakan maka sebaiknya mengatur kembali pola makan seperti semula. Bagimana cara menanganinya?. Berikut penjelasan untuk menangani kacer mbagong.

Berikan Lingkungan yang Baru

Pada kasus ini sama halnya dengan manusia yang saat mereka lesu atau bosan yang dilakukan adalah piknik mencari lingkungan baru atau bahkan tempat wisata baru.

Seperti itu juga burung yang mbagong, mereka hanya membutuhkan suasana lingkungan yang baru seperti sangkar atau tangkringan yang baru tapi dengan syarat jika burung sudah nyaman dengan sangkar dan tangkringannya yang sekarang namun anda ingin menggantinya, siapkan tangkringan baru yang sedikit mirip dengan tangkringan yang lama.

Agar burung tidak merasa aneh dan hanya merasakan nyaman seperti rumahnya.

Kelebihan Makanan Tambahan

Jika selama ini anda merasa telah memberikan pakan tambahan dalam jumlah yang terlalu banyak, maka cobalah untuk menguranginya sedikit-sedikit atau dapat dirandom antara pagi dan siang.

Tidak Mandi Secara Rutin

Jika anda sering memandikan burung secara rutin dan ketika anda sibuk waktu untuk memandikan kemudian menjadi jarang.

Akhirnya dengan perubahan rutinitas seperti itu akan menyebabkan burung mbagong. Solusinya adalah lebih baik dari awal tidak dimandikansecara rutin, jadi jika suatu saat anda sedang sibuk dan tak sempat memandikannya mereka dapat memahami dan mengerti dengan kondisi tersebut. atau dengan kata lain sudah tidak kaget lagi dengan rutinitas yang jarang-jarang.

Kondisi Kesehatan

Kesehatan yang kadang baik kadang burk tak hanya dirasakan oleh manusia saja lho melainkan dari burung juga bisa terjadi.

Misalnya saat anda memberikan pakan yang baru dan tiba-tiba burung mengalami feses yang cair atau berlendir, menandakan pakan yang anda berika tak cocok dengannya.

Kondisi ini juga dapat membuat kesehatan pada burung menurun bisa juga sampai ngedrop. Untuk itu perhatikanlah apa yang cocok dan tidak cocok pada hewan kita.

Jangan asal memberikan pakan karena sangat berbahaya dan mengancam kesehatannya.

Kacer Stress

Tak hanya manusia yang bisa stress, burung juga ngalami yang namanya stress nih. Banyak faktor yang menjadikan burung ini stress diantaranya adalah kebosanan, sering tidak terkena matahari, atau karena perubahan lingkungan sekitar.

Demikianlah cara perawatan untuk burung kacer yang mbagong, pesannya adalah kenali dulu burungnya yang akan dipelihara dan pelajari asupan pakan dan nutrisi. Agar kesehatannya tetap terjga.

Loading...
Loading...
Cara Ternak dan Merawat Burung Kacer Mbagong | ilmuhewan | 4.5