Cara ternak dan Merawat Burung Branjangan Untuk Pemula

By On Friday, June 9th, 2017 Categories : Ternak Hewan

Cara ternak dan Merawat Burung Branjangan – Horsfield’s bush lark atau Australasian bushlark (Mirafra javanica) adalah nama lain dari jenis Branjangan ini.

Hewan kecil bersuara merdu ini adalah satu burung kicauan yang pandai sekali menirukan suara burung lain.

Burung ini juga sampai dicap sebagai burung cerdas karena mampu merekam lebih dari tujuh jenis burung lho.

Branjangan juga memiliki ragam dan postur yang berbeda – beda di setiap daerah.

Ada empat jenis branjangan yang ada di Indonesia, yaitu branjangan sawah, branjangan tegalan, branjangan gunung dan branjangan pantai. Ini semua dikelompokkan berdasarkan habitat aslinya.

Pemilihan Induk

Seperti halnya dalam mengembangbiakkan jenis burung lainnya. Faktor utama untuk dapat bibit branjangan yang unggul juga kamu perlu memilih – milih indukan yang bagus.

Baca Artikel Terkait :

Penyakit Yang Sering Menyerang Burung Branjangan

Jenis-jenis Burung Branjangan

Jenis-Jenis Makanan Terbaik Untuk Burung Branjangan

Daftar Harga Burung Branjangan Terbaru

Cara Membedakan Si Burung Branjangan Jantan dan Betina Dengan Mudah

Membeli branjangan dengan kriteria yang tidak sesuai justru akan membuat kamu rugi dan harus mengelus dada. Tidak mau rugi, bukan?

Oleh karenanya kamu harus mencari branjangan yang dapat dijadikan indukan dengan usia yang sudah lebih dari 1,5 tahun (jantan) dan 1 tahun lebih (betina).

Kandang

Tentu saja selain memilih bibit unggul untuk dapat mengembangbiakkan kamu juga perlu memperhatikan soal tempatnya. Usahakan untuk membuat branjangan senyaman mungkin agar terhindar dari orang – orang dan stress. Seperti yang kamu ketahui, jika stress melanda maka bukan tidak mungkin branjangan akan sulit untuk berkembangbiak.

Jadi usahakan untuk menyiapkan kandang penangkaran yang dapat digantung dan beda dari kandang yang digunakan sehari – hari.

Perkenalan

Butuh beberapa waktu agar kedua jenis burung branjangan tersebut dalam mengenal satu sama lain. Pernah dengar istilah tak kenal maka tak sayang, bukan?

Begitu pula dengan hewan satu ini. Perkenalan bisa dilakukan dalam beberapa hari di dalam sebuah sangkar yang digunakan sehari – hari. Biarkan kedua burung tersebut saling berinteraksi agar nantinya proses perkawinan lebih mudah.

Perkawinan

Setelah proses perkenalan itu berlangsung beberapa hari dan keduanya saling cocok, maka proses perkawinan pun bisa dilaksanakan. Pindahkan kedua burung tersebut ke dalam sangkar yang sudah disiapkan.

Tapi ingat, jangan selalu ‘menjenguknya’ secara tiba – tiba karena ini dapat menyebabkan burung – burung itu jatuh stress dan ‘mogok’ berkembangbiak.

Usahakan untuk tidak membuatnya kaget dengan kehadiran kamu yang tiba – tiba ya. Jadi buatlah cara dengan menempatkan kaca dua arah agar kamu bisa memantaunya dengan aman tanpa harus mengagetkannya.

Pemberian Pakan

Berilah pakan 2 atau 3 kali sehari dengan nutrisi yang baik. Kamu dapat memberinya 10 hingga 20 ekor jangkrik per hari, kroto 3 kali seminggu, ulat hongkong 3 ekor setiap hari dan biji – bijian.

Pemberian pakan yang bermacam – macam ini bertujuan agar kedua burung branjangan itu dapat berkembangbiak dengan baik dan terhindar dari stress.

Tapi ingat saat pemberian pakan usahakan untuk tidak membuatnya kaget. Berilah pakan dengan tempat yang sudah disediakan yang agak jauh dari branjang tersebut.

Natural Therapy

Pemberian suara alam untuk branjangan setiap malam selama 1 jam ternyata dapat memancing dan merangsang burung tersebut untuk berkicau lho.

Ini karena suara alam yang dapat memberikan kesan tenang dan nyaman. Oleh karena itu branjangan dapat dengan mudahnya terpancing agar berkicau.

Kamu bisa memulai terapi ini dari sore hari pada jam 5 sore hingga jam 6 sore. Tapi kamu juga bisa memulainya dari jam 7 hingga 8 malam lho.

Ingat, lakukan terapi ini secara rutin beberapa hari. Setelah itu kamu pun mendapatkan hasilnya dalam waktu 1 hingga 2 minggu.

Mengundang  Burung Liar

Ya, memang branjangan adalah jenis burung yang sangat ketat menjaga daerah kekuasaannya. Jika ada burung jenis lain yang berusaha untuk mendekati sarangnya maka secara tidak langsung dia akan berkicau keras atau hoovering (terbang vertikal).

Untuk dapat mengundang burung jenis lain kamu hanya perlu menaburkan biji – bijian di sekitar sangkar setiap hari. Maka burung jenis lain nanti akan segera menghampiri.

Loading...
Loading...
Cara ternak dan Merawat Burung Branjangan Untuk Pemula | ilmuhewan | 4.5