Cara Ternak dan Merawat Ayam Yellow Pheasant

By On Saturday, February 10th, 2018 Categories : Ternak Hewan

Cara Ternak dan Merawat Ayam Yellow Pheasant – Setelah sudah membahas tentang Ciri dan Karakteristik Ayam Yellow Pheasant. Disini saya akan membahas tentang Cara Ternak dan Merawat Ayam Yellow Pheasant.

Bagaimana caranya berternak ayam Yellow Pheasant ini?

Bagaimana cara merawatnya juga? Bagi anda yang sudah beli atau punya ayam ini pasti butuh tentang ini. Maka dari itu saya akan jelaskan secara singkat dan jelas.

Ayam jenis pheasant ini merupakan ayam hias yang memang diperuntukkan bagi para orang yang hobi dengan ayam. Berbagai jenis warna dari ayam ini cukup beragam seperti yang sudah saya bahas di ciri dan karakteristiknya.

Bagi anda yang ingin berternak dan merawat ayam ini, anda tidak perlu bingung hanya karena jenisnya. Ayam ini sama kok cara merawat dan cara ternaknya. Lantas bagaimana cara ternak dan merawatnya. Seperti berikut ini :

  1. Tidak perlu kandang yang luas

Bagi anda yang rumahnya memiliki area terbatas, jangan khawatir karena merawat dan berternak ayam yellow pheasant ini tidak membutuhkan tempat yang besar.

Tapi, jangan terlalu kecil juga karena butuh kebebasan juga untuk bergerak. Cukup ukuran kandang panjang 2 meter, lebar 2 meter, tinggi 2 meter, ukuran segitu bagi ayam pheasant sudah lumayan besar kandangnya.

Bagi anda yang memiliki pekarangan atau halaman besar dan luas bikin saja yang lebih besar supaya ayam lebih bebas dan leluasa.

  1. Makanan mudah di dapat

Bisa dibilang sama seperti ayam pada umumnya. Ayam phaeasant menyukai makanan biji bijian seperti biji matahari, jagung tapi digiling, beras merah giling, dedaunan dan hewan invertebrata.

Jika ternak atau merawatnya bisa diberikan jangkrik, ulat dan serangga. Berikan buah juga seperti papaya matang. Tiap hewan pasti akan akrab dengan anda jika memberikannya secara langsung.

Sehingga ayam akan melihat anda dan akan terbiasa dengan anda. Jadi anda akan lebih mudah merawat dan lebih nyaman jika mau berternak.

  1. Kesabaran

Bagi anda yang tidak sabaran maka anda bisa saja berhenti di tengah jalan karena ayam pheasant cukup lama untuk bisa menjadi dewasa bagi pejantan.

Butuh umur 3 sampai 4 tahun untuk bisa mengkawinkan jantan dan betina ayam yellow pheasant.

Bagi anda yang punya kesabaran teruslah berusaha karena dari susahnya berternak itu yang membuat mahal ayam jenis yellow pheasant.

Ayam yellow pheasant hanya bertelur sebanya 8 sampai 12 butir per tahun.

  1. Bisa di akali dengan cara poligami

Ini bisa saja dilakukan karena ayam pheasant tidak masalah jika di jodohkan dengan 2 atau 3 betina yellow pheasant lainnya. Bisa juga di kawin silangkan dengan jenis pheasant yang lainnya.

Sehingga cukup lumayan meskipun bertelur hanya setahun tapi bisa kawin dengan 3 betina meskipun bertelur setahun sekali. Bisa dijadikan opsi lanjutan jika anda ingin cepat memiliki banyak telur untuk berternak ayam jenis ini.

  1. Saat bertelur tidak bisa merawat

Ini jelas butuh bantuan anda karena ayam yellow pheasant ada yang tidak bisa mengerami telurnya. Jika sudah berjodoh dan bertelur ayam yellow pheasant biasa menaruh di dalam pasir atau di kandangnya.

Jika anda memiliki alatnya untuk membantu menentaskan telurnya. Lebih baik tetaskan sendiri dan rawatlah sehingga anda memiliki ayam pheasant lebih cepat.

  1. Bersihkan kandang

Ini perlu juga untuk kesehatan ayam anda. Berikan pasir baru berikan ranting atau pepohonan untuk bertengger. Berikan tempat yang setengah terbuka untuk saran bermain karena ayam yellow pheasant suka dengan hujan hujanan. Berikan kebersihan jika anda sibuk bisa sebulan sekali tidak masalah asal rutin.

Sebenarnya cukup mudah berternak dan merawat ayam yellow pheasant kalau anda memang niat dan berusaha. Demikian artikel yang saya buat tentang cara ternak dan merawat ayam yellow pheasant. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Baca Juga : Karakteristik, Perkembangbiakkan, Makanan dan Kelebihan Kucing Yellow Pheasant

Loading...
Loading...
Cara Ternak dan Merawat Ayam Yellow Pheasant | ilmuhewan | 4.5