Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Ternak dan Merawat Ayam negeri Untuk Pemula

By On Sunday, October 1st, 2017 Categories : Ternak Hewan

Cara Ternak dan Merawat Ayam negeri – Semakin hari permintaan ayam negeri semakin meningkat membuat banyak yang tertarik untuk bertenak ayam ini.

Ayam negeri atau sebutan lainnya ayam broiler hingga ayam potong ini memang memerikan keuntungan yang lumayan ketika panen.

Berikut ini cara ternak ayam negeri untuk pemula :

Pemilihan bibit

Pertama hal yang harus dilakukan adalah memilih bibit ayam broiler yang menjadi penentu utama hasil dari usaha ternak anda. Untuk itu pilihlah bibit yang memiliki kondisi sehat, berkualitas dan tidak memiliki cacat.

Baca Juga : Jenis pakan Alternatif Untuk Ayam negeri

Pembuatan kandang

Hal selanjutnya yang arus anda siapkan adalah kandang yang nantinya menjadi tempat tinggal para ayam negeri.

Kandang ayam yang ideal adalah kandang yang lokasinya terletak jauh dari pemukiman penduduk, memiliki sumber air yang cukup, mudah di capai oleh transportasi, arah kandang membujur dari timur ke barat, ventilasi udara baik hingga suhu kandang yang sesuai.

Berikut ini suhu ideal dari ayam sesuai umurnya :

Umur ayam (Hari) Suhu (Celcius)
01 – 07 34 – 32
08 – 14 29 – 27
15 – 21 26 – 25
21 – 28 24 – 23
29 – 35 23 – 21

 

Ada 2 tipe kandang, yaitu :

  • Tipe kandang panggung adalah jenis tipe kandang yang lantainya tinggi atau panggung. Jenis kandang ini sangat cocok untuk ayam negeri karena kotoran akan bisa langsung ke tanah, selain itu sirkulasi udara juga lebih baik dan kandang akan terlihat lebih bersih. Namun sayangnya untuk membuat kandang jenis ini membutuhkan biaya yang cukup mahal.
  • Tipe kandang bukan panggung adalah jenis tipe kandang yang lantainya langsung tanah atau bukan panggung. Jenis kandang ini sangat cocok untuk ayam Jawa super atau ayam pejantan seperti ayam kampung yang mana mereka lebih suka mencari makan.

Jangan lupa memberi tambahan tempat makan, minum ayam dan penerangan kandang.

Pakan

Pakan yang diberikan kepada ayam negeri harus mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh ayam, seperti karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin. Jika pakan yang diberikan berasal dari pabrik, maka ada 2 jenis tahapan pemberian pakan, yaitu :

  • Tahap pertama, pakan yang diberikan harus mengandung kadar protein minimal 23 % yang merupakan tahap pembesaran dengan usia 1 – 20 hari.
  • Tahap kedua, pakan yang diberikan bisa mengandung kadar protein 20 % yang merupakan tahap pembesaran dengan usia di tas 20 hari.

Anda dapat juga menambahkan POC NASA melalui air minum untuk membantu proses pertumbuhan dan penggemukan dengan dosis 1 – 2 cc per liter.

Vaksinasi

Vaksinasi adalah proses pemasukan bibit – bibit penyakit yang telah di lumpuhkan ke dalam tubuh ayam guna menimbulkan kekebalan alami pada ayam.

Vaksin yang terpenting adalah Vaksinasi ND atau tetelo pada saat ayam berusia 4 hari menggunakan metode tetes mata yang vaksinnya berupa vaksin ND stan B1 dan ketika umur 21 hari menggunakan metode suntikan atau air minum yang vaksinnya berupa Vaksin ND Lasotta.

Vitamin dan nutrisi

Ayam negeri perlu diberi tambahan vitamin agar kondisinya selalu sehat, apalagi ayam negeri ini mudah sekali terserang penyakit.

Sanitasi kandang

Proses sanitasi dilakukan setelah masa panen yang mana dilakukan dengan beberapa tahap :

  • Tahta pertama adalah membersihkan kadang hingga bersih menggunakan air.
  • Tahap kedua adalah proses pengapuran pada lantai dan dinding kandang.
  • Tahap ke tiga adalah membunuh bibit – bibit penyakit menggunakan formalin

Setelah tahap di atas selesai, sebaiknya diamkan kandang selama sekitar 10 hari untuk memutus siklus hidup bakteri.

Baca Juga : Tips dan trik budidaya ayam Pelung

Loading...
Cara Ternak dan Merawat Ayam negeri Untuk Pemula | ilmuhewan | 4.5